Berita Laptop Tablet Unik

Surface Book, Perangkat Hybrid 2-in-1 Microsoft Dengan Kemampuan Mumpuni

Surface Book

Dalam kesempatan acara Windows 10 Devices kemarin malam, Microsoft juga memperkenalkan produk terbaru dari keluarga Surface yakni Surface Pro 4 dan Surface Book. Yang menjadi perhatian saya adalah Microsoft Surface Book karena pasalnya ini merupakan perangkat hybrid 2-in-1 yang dikembangkan Microsoft dengan spesifikasi yang mumpuni.

Menurut saya, Surface Book memiliki desain yang ciamik dibalut dengan warna putih dan engsel (Dynamic Fulcrum Hinge) mirip Lenovo Yoga. Awalnya saya pikir Surface Book ini merupakan versi laptop dari Surface namun ketika layarnya dilepas dari keyboard akhirnya terlihat bahwa ini perangkat hybrid 2-in-1.

Spesifikasi yang ditawarkan bisa dibilang layaknya sebuah laptop dengan mengusung prosesor Intel Core i5 atau Core i7 generasi keenam. Sementara itu, untuk RAM dan penyimpanan internalnya belum dijelaskan secara rinci, namun terlihat bahwa RAM dapat ditingkatkan hingga maksimum 16 GB dan penyimpanan internal hingga 1 TB.

Dari sisi layar, perangkat hybrid 2-in-1 ini menggunakan layar sentuh PixelSense dengan lebar 13,5 inci yang memiliki kerapatan pixel hingga 267 dpi (dot per inch). Untuk grafisnya, Microsoft mempercayakan NVIDIA GeForce GPU GDDR 5 pada Surface Book ini.

Untuk keyboard yang diusungnya memiliki Backlight sehingga penggunanya dapat melihat tombol-tombol keyboard pada keadaan gelap sekalipun. Tak ketinggalan, tersedia 2 port USB 3.0 dan slot SD Card pada bagian keyboard dock dari Surface Book ini. Selain itu, Badan yang diusung pada Surface Book ini menggunakan Magnesium.

Menurut pihak Microsoft, tablet ini mampu bertahan hingga 12 jam dengan pemakaian biasa. Selain itu, dijelaskan juga bahwa Surface Book ini 2 kali lipat lebih bertenaga dibandingkan Macbook Pro.

Nantinya Microsoft Surface Book ini akan mulai dijual pada tanggal 26 Oktober 2015 di Amerika Serikat dengan harga yang dimulai dari $1.499 atau sekitar 21,1 juta Rupiah. Untuk pre-order dari Microsoft Surface Book ini dapat dipesan mulai tanggal 7 Oktober 2015 di Amerika Serikat.

Sedangkan untuk kehadirannya di Indonesia sendiri, Microsoft belum mengumumkannya secara resmi. Namun dari yang sebelumnya, semua produk Surface tidak ada yang berlabuh di Indonesia dikarenakan tidak adanya toko retail resmi Microsoft store di Indonesia.

Mari kita berharap Microsoft Surface Book ini dapat hadir di Indonesia.


Mau belanja online lebih murah? Cek aja kode diskon toko online di sini

About the author

Adhitya Wibawa Putra

Adhitya Wibawa Putra

Lead Editor di Gadgetren