Gadget Smartphone

Realme C1 vs Realme 2. Serupa Tapi Tak Sama, Lalu Apa Bedanya?

Realme C1 VS Realme 2 Header

Gadgetren – Setelah lepas dari genggaman perusahaan OPPO, Realme menghadirkan beberapa tipe ponsel baru untuk menyasar kelas menengah ke bawah. Beberapa di antaranya adalah Realme C1 dan Realme 2.

Kedua perangkat buatan Realme hadir dengan cukup mengejutkan, karena membawa spesifikasi yang cukup menggiurkan dengan banderol harga yang cukup murah, meskipun diungkapkan tidak ingin menjadi Xiaomi Killer.

Namun, meskipun sama-sama menyasar kelas menengah ke bawah, dua perangkat ini tentu saja memiliki beberapa hal yang cukup berbeda. Nah, bagi kamu yang penasaran dengan perbedaannya, berikut ulasan mengenai perbandingan Realme C1 vs Realme 2.

Realme C1 vs Realme 2

Layar

Di segi layar, kedua perangkat ini cukup setara. Keduanya memiliki layar 6,2 inci beresolusi HD+ (1520 x 720 piksel) dan teknologi IPS, lengkap dengan desain berponi alias notch dan aspek rasio 19:9  yang kekinian.

Performa

Kedua perangkat ini pun didukung oleh dapur pacu yang setara, karena sama-sama menggunakan Snapdragon 450 Octa-core berkecepatan 1,8 GHz. Bedanya, Realme C1 hanya memiliki kombinasi RAM 2 GB untuk internal 16 GB.

Sementara itu, perangkat Realme 2 memiliki kombinasi RAM dan internal dalam dua varian, yakni varian dengan RAM 3 GB untuk memori internal 32 GB dan RAM 4 GB untuk memori internal sebesar 64 GB.

Kamera

Sektor kamera utama pun kedua perangkat ini cukup imbang, karena telah sama-sama mengusung teknologi kamera ganda yang memiliki kombinasi resolusi 13 MP + 2 MP, lengkap dengan LED Flash untuk menunjang kemampuannya.

Namun, di sektor kamera depan, Realme C1 harus mengakui kekalahannya, karena perangkat ini hanya dilengkapi dengan kamera beresolusi 5 MP, sedangkan saudaranya telah dilengkapi dengan kamera beresolusi 8 MP.

Baterai dan Fitur

Di segi baterai dan fitur, kedua perangkat buatan Realme ini cukup setara, di mana keduanya sama-sama membawa baterai berukuran 4230 mAh, dukungan Face Unlock, sistem Color OS 5.1 berbasis Android 8.1 Oreo, 4G-LTE, WiFi, Bluetooth, dan dua kartu SIM.

Yang cukup membedakan dari kedua perangkat ini, hanya pada ketersediaan sensor pemindai sidik jari, di mana Realme C1 belum mendukung sensor ini, sementara Realme 2 telah dilengkapi dengan sensor ini.

Harga

Harga resmi Realme C1 di Indonesia adalah Rp 1.499.000, yang akan berubah menjadi Rp 1.399.000 pada masa flash sale-nya di Lazada pada tanggal 30 Oktober mendatang. Sementara itu, harga Realme 2 adalah Rp 1.999.000 untuk varian RAM 3 GB dan Rp 2.399.000 untuk varian RAM 4 GB.

Kesimpulan

Untuk kamu yang memiliki dana yang terbatas, Realme C1 sangat layak untuk dibeli karena telah membawa kelebihan Realme 2 meskipun tidak semua. Namun, bagi kamu yang punya dana berlebih, akan lebih baik membeli Realme 2 karena menawarkan beberapa kelebihan, termasuk di sektor RAM, kamera depan, dan sensor sidik jari.

Leave a Comment