ASUS TUF Gaming F15
Berita

Asik! realme C1 Resmi Dapatkan Update Android 9 Pie

Realme C1 Fitur

Gadgetren – Realme C1 merupakan salah satu smartphone buatan realme yang laris di Indonesia karena mempunyai baterai berkapasitas besar, namun harganya murah.

Menariknya, realme baru saja memberikan kabar gembira kepada pengguna realme C1 dengan meluncurkan update sistem operasi terbarunya, yakni ColorOS 6 berbasikan Android 9 Pie.

Nantinya update ColorOS 6 ini akan dilakukan bertahap kepada pengguna realme C1 sehingga apabila Gadgeter belum mendapatkannya maka harus bersabar untuk beberapa hari ke depan.

ColorOS 6 ini akan mempunyai firmware dengan nomor versi RMX1811EX_11_A.54. Sementara itu, Gadgeter yang menggunakan realme C1 harus menyediakan kapasitas penyimpanan internalnya minimal 4 GB karena ukuran file update ColorOS 6 ini mencapai 2 GB.

Ukuran file update sangat besar ini dikarenakan adanya peningkatan dari ColorOS 5.2 berbasiskan Android 8.1 Oreo ke ColorOS 6 berbasiskan Android 9 Pie sehingga memiliki banyak perubahan mayor, baik dari tampilan antarmuka, fungsi, maupun ikon-ikonnya.

Selain mendapat peningkatan level keamanan Android sampai 5 Juni 2019, ColorOS 6 pada realme C1 ini membawa beberapa fitur tambahan yang menarik, seperti:

  • Fitur Baru Navigation Gesture
  • App Drawer pada launcher bawaan ColorOS 6
  • Tampilan Antarmuka (User Interface) yang berbeda dibandingkan ColorOS 6
  • Update tema bawaan
  • Update tampilan antarmuka dari AI Board
  • Fitur Baru Riding Mode
  • Ikon Pemberitahuan ditambahkan di bagian atas
  • Theme Store yang menjadi lebih lengkap

Bisa dibilang berbagai fitur yang hadir pada ColorOS 6 ini lebih menarik dibandingkan ColorOS 5.2 terdahulu. Untuk bisa mendapatkan update ini, pengguna realme C1 dapat melakukannya melalui OTA (Over-The-Air), dimana hanya cukup ke Software Updates yang berada di menu Settings.

Selain itu, biasanya realme C1 akan menampilkan notifikasi di home screen apabila update sistem operasi akan dilakukan. Namun apabila informasi mengenai update ColorOS 6 belum muncul maka Gadgeter harus bersabar hingga beberapa hari ke depan.

Dengan meluncurkan ColorOS 6 versi stabil yang berbasiskan Android 9 Pie pada realme C1, maka realme telah memenuhi janjinya untuk memberikan sistem operasi terbaru pada perangkat realme yang lahir di tahun 2018. Apakah Gadgeter yang menggunakan realme C1 menyukai update sistem operasi ini?

[Sumber : GSMArena]

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar

2 Komentar

  • Adakah di sediakan versi sistem standard Realme C1 agar saya tidk perlu mendownload versi sistem yg terus di update. Apa lagi sistem yang baru itu kapasitasnya sangat besar.
    Jadi para pemakai tidk perlu mendownload sistem yang baru(cukup pertahankan sistem bawaan saja)
    Saran saja, lebih baik di sediakan menu tentang sistem2 yang baru dan terserah pemakai mau mendownload versi mana yang mereka inginkan.
    Pertanyaan : bagai mana cara nya menon aktifkan pembaruan perangkat lunak agar tidk tampil pesan yg selalu menawarkan versi.sistem yg baru pada Realmi C1…?