Smartphone

OPPO F9 vs Vivo V11. Mana HP Selfie Terbaik?

OPPO F9 vs Vivo V11 Header

Gadgetren – Setelah OPPO meluncurkan F9, beberapa minggu kemudian Vivo juga meluncurkan V11 di Indonesia. Bisa dibilang persaingan kedua vendor ini semakin memanas di Indonesia terlebih keduanya memiliki keunggulan yang hampir sama.

Tentu saja OPPO F9 dan Vivo V11 ini sama-sama memiliki chipset yang sama, namun sangat bersaing dalam hal kamera depannya. Selain itu, desain kedua smartphone ini bisa dibilang hampir sama dengan layer penuh berponi kecil waterdrop.

Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan perbandingan antara OPPO F9 dan Vivo V11 maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini :

OPPO F9 vs Vivo V11

Layar

Desain kedua smartphone ini sama-sama mengusung layar 6,3 inci dengan resolusi Full HD+ yang memenuhi bagian depan lengkap dengan poni atau notch di bagian atasnya yang dinamakan Waterdrop karena mirip tetesan air.

Apabila OPPO F9 menggunakan layar beraspek rasio 19,5:9 dan berteknologi IPS, berbeda dengan Vivo V11 yang memiliki layar beraspek rasio 19:9 dan berteknologi Super AMOLED yang tajam serta cerah.

Spesifikasi Hardware

Keduanya sama-sama telah menggunakan chipset MediaTek Helio P60 Octa-core 2 GHz dengan teknologi proses 12nm sehingga mampu menghasilkan performa tinggi setara dengan Snapdragon 660.

Apabila OPPO F9 memiliki RAM dengan pilihan 4 GB atau 6 GB dan storage internal 64 GB, berbeda dengan Vivo V11 yang hanya mempunyai RAM 6 GB dan storage internal 64 GB. Keduanya sama-sama dapat ditambahkan microSD.

Kamera

OPPO F9 dilengkapi dengan dua kamera belakang 16 MP + 2 MP dan kamera depan 25 MP yang dapat menghasilkan foto dengan bagus. Sementara Vivo V11 dibekali dengan dua kamera belakang 16 MP + 5 MP dan kamera 25 MP yang dapat menghasilkan foto dengan sama bagusnya.

Baterai

OPPO F9 memiliki baterai berkapasitas 3500 mAh dan Vivo V11 mempunyai baterai dengan kapasitas 3400 mAh. Terlihat daya tahan baterai dari OPPO F9 ini sedikit lebih baik dibandingkan dengan Vivo V11.

Fitur Lainnya

Kedua smartphone ini sama-sama menggunakan port microUSB, Bluetooth, WiFi, GPS, sensor fingerprint, Face Unlock, dan sistem operasi Android Oreo. Apabila OPPO F9 menggunakan VOOC Flash Charging, berbeda dengan Vivo V11 dengan Fast Charging.

Harga

OPPO F9 ini dibanderol dengan harga Rp 4,3 juta untuk varian RAM 4 GB. Sedangkan varian RAM 6 GB memiliki harga yang mencapai Rp 5 juta. Sementara Vivo V11 dengan RAM 6 GB mempunyai harga mencapai Rp 4,5 juta.

Kesimpulan

Apabila dilihat dari RAM, kamera belakang, dan layar maka Vivo V11 yang diunggulkan. Sementara jika dilihat dari daya tahan baterai dan harga maka OPPO F9 sedikit lebih unggul. Namun dengan harganya yang hanya terpaut Rp 200 ribu, memilih Vivo V11 merupakan pilihan bijak mengingat RAM yang digunakan mencapai 6 GB.

Leave a Comment