Smartphone

11 Kelebihan dan Kekurangan Dari Realme 2 Pro Yang Baru Saja Rilis

Kelebihan dan Kekurangan Realme 2 Pro Header

Gadgetren – Beberapa hari lalu, Realme mengejutkan dunia karena meluncurkan smartphone Snapdragon 660 termurah di dunia yang bernama Realme 2 Pro. Dengan harga semurah itu, membuatnya mampu mengalahkan Xiaomi Mi A2 maupun Vivo V9 RAM 6 GB.

Bahkan Realme 2 Pro ini memiliki desain kekinian yang hampir mirip dengan OPPO F9. Kita ketahui bersama bahwa Realme ini merupakan mantan sub-brand OPPO sehingga merupakan hal yang wajar kalau desainnya mirip.

Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan kelebihan dan kekurangan dari Realme 2 Pro maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini.

Kelebihan

Spesifikasi Hardware

Realme 2 Pro ini telah menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 660 AIE (Artificial Intelligence Engine) yang memiliki performa bertenaga dan cepat. Sementara itu, RAM dengan pilihan 4 GB, 6 GB atau 8 GB dan storage internal dengan pilihan 64 GB atau 128 GB sudah mendampingi chipset tersebut. Dengan kombinasi hardware ini mampu melahap game atau aplikasi berat sekalipun.

Layar

Realme 2 Pro ini memiliki poni atau notch Dewdrop yang desainnya mirip dengan OPPO F9. Sementara layar IPS miliknya mempunyai lebar 6,3 inci dengan resolusi Full HD+ yang dilindungi kaca Corning Gorilla Glass, dan beraspek rasio 19.5:9 yang memenuhi bagian depannya.

Dua kamera utama

Mengikuti tren saat ini, Realme 2 Pro mempunyai dua kamera utama dengan kombinasi kamera primer 16 MP + kamera sekunder 2 MP, EIS, dan LED Flash yang dapat menghasilkan foto dengan baik. Sementara efek bokeh (background blur) mampu dihasilkan pada foto berkat hadirnya mode Portrait yang memanfaatkan dua kamera utama secara bersamaan.

Kamera selfie 16 MP

Hampir mirip dengan OPPO, Realme 2 Pro ini pun memiliki kamera depan 16 MP ditambah AI Beauty Recognition yang mampu menghasilkan foto selfie atau wefie dengan wajah yang sesuai dengan suasana lingkungan ketika pemotretan dilakukan.

Fingerpint

Realme pun tidak lupa menyematkan sensor fingerprint pada bagian belakangnya yang memungkinkan pengguna Realme 2 dapat membuka kunci dengan cepat hanya menggunakan sidik jarinya saja.

Face Unlock

Apabila penggunanya malas menyematkan sidik jari pada smartphone, mungkin dapat menghadapkan wajahnya ke bagian depan Realme 2 agar secara cepat fitur Face Unlock memindainya agar bisa membuka kunci dengan cepat.

ColorOS 5.2

ColorOS 5.2 berbasiskan Android Oreo telah hadir di dalamnya yang mempunyai fitur menarik, seperti dual-split multitasking, Easy screenshot, Clone Phone, Smart Play, dan masih banyak lagi yang memberikan kemudahan pada penggunanya.

Baterai 3500 mAh

Bisa dibilang Realme 2 Pro mempunyai baterai 3500 mAh yang diklaim pihak Realme dapat bertahan hingga 1 hari dalam pemakaian normal. Sementara ketika bermain game berat akan mempunyai daya tahan sekitar 5 – 6 jam.

Harga terjangkau

Dibandingkan OPPO dan Xiaomi, Realme 2 Pro ini memiliki harga yang terjangkau. Hal ini terlihat dengan harga yang mencapai Rp 2,7 juta untuk RAM 4 GB + ROM 64 GB, Rp 3,3 juta untuk RAM 6 GB + ROM 64 GB, dan Rp 3,7 juta RAM 8 GB + ROM 128 GB.

Kekurangan

Tidak ada fast charging

Realme 2 Pro ini memiiliki kapasitas baterai yang besar, sayangnya tidak dilengkapi dengan fitur Fast Charging sehingga akan membuat penggunanya lama dalam menunggu pengisian daya baterai.

Tidak ada NFC

Smartphone ini sama sekali tidak memiliki NFC padahal seharusnya Realme menyematkan NFC pada Realme 2 Pro varian tertinggi. Bisa dibilang NFC ini memiliki fungsi yang banyak mulai dari transfer data hingga pembayaran digital.

Leave a Comment