ASUS Zenbook DUO UX8406
Smartphone

Realme 2 vs OPPO A3s. Mana HP Snadpragon 450 Terbaik?

Realme 2 vs OPPO A3s Header

Gadgetren – Realme merupakan sebuah sub-brand yang telah berpisah dengan OPPO sehingga membuat brand buatannya sendiri. Bahkan Realme sendiri akan menghadirkan Realme 2 secara mandiri di Indonesia.

Dikabarkan Realme 2 akan hadir pada 9 Oktober 2018 dengan harga yang di bawah Rp 1 juta. Sementara desain dan spesifikasi hardware yang ditawarkannya hampir mirip dengan OPPO A3s yang juga merupakkan vendor sama berasal dari Tiongkok.

Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan perbandigan Realme 2 vs OPPO A3s maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini.

Realme 2 vs OPPO A3s

Layar

Kedua smartphone ini ternyata sama-sama menggunakan layar 6,2 inci beresolusi HD+ (1520 x 720 piksel) dengan teknologi IPS LCD, dan beraspek rasio 19:9 yang memenuhi bagian depannya. Bahkan bentuk poni atau notch di bagian atasnya pun mirip. Namun justru Realme 2 dilindungi kaca anti gores Corning Gorilla Glass 3.

Spesifikasi Hardware

Baik Realme 2 dan OPPO A3s yang lebih dulu hadir di Indonesia telah dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon Octa-core 1,8 GHz yang favorit, RAM 3 GB, dan storage internal 32 GB yang dapat ditambahkan microSD. Bahkan Realme 2 memiliki varian RAM 4 GB + storage internal 64 GB.

Kamera

Keduanya sama-sama telah dibekali dengan dua kamera belakang 13 MP + 2 MP dan LED Flash yang dapat menghasilkan foto dengan bagus. Sementara kamera depan keduanya pun memiliki resolusi 8 MP yang dapat mengakomodasi foto selfie atau wefie dengan baik.

Baterai

Tak hanya layar, spesifikasi hardware, dan kamera, ternyata baterai berkapasitas 4230 mAh juga telah sama-sama hadir pada Realme 2 dan OPPO A3s. Bahkan keduanya sama-sama diklaim mampu bertahan selama 1 hari dalam pemakaian normal.

Fitur Lainnya

OPPO A3s dan Realme 2 sama – sama telah dilengkapi dengan port microUSB 2.0, FM Radio, GPS, Bluetooth 4.2, WiFi, port jack audio 3,5 mm, dan ColorOS 5.1 berbasiskan Android 8.1 Oreo. Luar basanya, Realme 2 juga dilengkapi dengan sensor fingerprint. Sementara OPPO A3s tidak.

Harga

OPPO A3 sendiri dibanderol dengan harga Rp 2.699.000 dengan varian hanya RAM 3 GB + storage internal 32 GB. Sementara Realme 2 mempunyai harga yang mencapai Rp 1.799.000 untuk varian RAM 3 GB + storage internal 32 GB dan Rp 2.299.000 untuk varian RAM 4 GB + storage internal 64 GB.

Kesimpulan

Bisa dibilang secara garis besar mengenai spesifikasi hardware, baterai, performa, kamera, dan fitur yang dimiliki oleh kedua smartphone ini hampir sama. Namun Realme 2 lebih unggul karena memiliki harga terjangkau, varian RAM + storage internal yang lebih lega, dan sensor fingerprint.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar