Smartphone

Realme 2 vs OPPO A3s. Mana HP Snadpragon 450 Terbaik?

Realme 2 vs OPPO A3s Header

Gadgetren – Realme merupakan sebuah sub-brand yang telah berpisah dengan OPPO sehingga membuat brand buatannya sendiri. Bahkan Realme sendiri akan menghadirkan Realme 2 secara mandiri di Indonesia.

Dikabarkan Realme 2 akan hadir pada 9 Oktober 2018 dengan harga yang di bawah Rp 1 juta. Sementara desain dan spesifikasi hardware yang ditawarkannya hampir mirip dengan OPPO A3s yang juga merupakkan vendor sama berasal dari Tiongkok.

Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan perbandigan Realme 2 vs OPPO A3s maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini.

Realme 2 vs OPPO A3s

Layar

Kedua smartphone ini ternyata sama-sama menggunakan layar 6,2 inci beresolusi HD+ (1520 x 720 piksel) dengan teknologi IPS LCD, dan beraspek rasio 19:9 yang memenuhi bagian depannya. Bahkan bentuk poni atau notch di bagian atasnya pun mirip. Namun justru Realme 2 dilindungi kaca anti gores Corning Gorilla Glass 3.

Spesifikasi Hardware

Baik Realme 2 dan OPPO A3s yang lebih dulu hadir di Indonesia telah dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon Octa-core 1,8 GHz yang favorit, RAM 3 GB, dan storage internal 32 GB yang dapat ditambahkan microSD. Bahkan Realme 2 memiliki varian RAM 4 GB + storage internal 64 GB.

Kamera

Keduanya sama-sama telah dibekali dengan dua kamera belakang 13 MP + 2 MP dan LED Flash yang dapat menghasilkan foto dengan bagus. Sementara kamera depan keduanya pun memiliki resolusi 8 MP yang dapat mengakomodasi foto selfie atau wefie dengan baik.

Baterai

Tak hanya layar, spesifikasi hardware, dan kamera, ternyata baterai berkapasitas 4230 mAh juga telah sama-sama hadir pada Realme 2 dan OPPO A3s. Bahkan keduanya sama-sama diklaim mampu bertahan selama 1 hari dalam pemakaian normal.

Fitur Lainnya

OPPO A3s dan Realme 2 sama – sama telah dilengkapi dengan port microUSB 2.0, FM Radio, GPS, Bluetooth 4.2, WiFi, port jack audio 3,5 mm, dan ColorOS 5.1 berbasiskan Android 8.1 Oreo. Luar basanya, Realme 2 juga dilengkapi dengan sensor fingerprint. Sementara OPPO A3s tidak.

Harga

OPPO A3 sendiri dibanderol dengan harga Rp 2.699.000 dengan varian hanya RAM 3 GB + storage internal 32 GB. Sementara Realme 2 mempunyai harga yang mencapai Rp 1.799.000 untuk varian RAM 3 GB + storage internal 32 GB dan Rp 2.299.000 untuk varian RAM 4 GB + storage internal 64 GB.

Kesimpulan

Bisa dibilang secara garis besar mengenai spesifikasi hardware, baterai, performa, kamera, dan fitur yang dimiliki oleh kedua smartphone ini hampir sama. Namun Realme 2 lebih unggul karena memiliki harga terjangkau, varian RAM + storage internal yang lebih lega, dan sensor fingerprint.

Leave a Comment