Berita

Saingi Xiaomi! Nokia 7.1 Plus Bakal Pakai Snapdragon 710 & RAM 6 GB

Nokia X6 Header

Kini merek Xiaomi sudah menjadi sebuah benchmark untuk sebuah smartphone berspesifikasi hardware tinggi, namun harganya terjangkau. Hal inilah yang membuat beragam vendor menyesuaikan harga dan spesifikasi hardware yang pas untuk dijual di pasaran.

Tak mau kalah dengan Xiaomi, ternyata HMD Global pun sedang mengembangkan dua smartphone perangkat dengan chipset Qualcomm Snapdragon 710 yang bernama Nokia 7.1 dan Nokia 7.1 Plus.

Dengan penggunaan chipset Snapdragon 710 Octa-core ini membuat kedua perangkat Nokia ini menantang Xiaomi Mi 8 SE. Sepertinya harga kedua smartphone Nokia ini pun tidak akan jauh-jauh dari produk kelas menengah Xiaomi tersebut.

Nantinya Nokia 7.1 akan memiliki kombinasi RAM 4 GB + storage internal 64 GB. Sementara Nokia 7.1 Plus akan mempunyai kombinasi RAM 6 GB + storage internal 128 GB. Keduanya sama-sama kana memiliki slot microSD.

Hampir sama dengan smartphone Android Nokia generasi sebelumnya, kedua perangkat ini akan sama-sama masuk ke dalam proyek Android One yang merupakan hasil kolaborasi dari HMD Global dan Google.

Sekilas, Android One merupakan proyek dari Google yang bekerja sama dengan beragam vendor smartphone untuk menghadirkan smartphone dengan harga terjangkau yang memiliki spesifikasi hardware menarik dan kualitasnya diawasi oleh Google langsung.

Bahkan smartphone yang masuk dalam proyek Android One maka akan mendapatkan update tercepat dan terdepan layaknya smartphone buatan Google, seperti Pixel. Bahkan Google pun menjanjikan dukungannya selama 2 tahun terhadap smartphone Nokia yang mengikuti Android One.

Dengan kata lain, apabila Nokia 7.1 dan Nokia 7.1 Plus hadir secara resmi dengan sistem operasi Android 9.0 Pie maka secara otomatis akan mendapatkan update terdepan pada Android 10 Q dan Android 11 R.

Nokia 7.1 dikabarkan akan memiliki layar 6 inci dengan aspek rasio 18:9 memenuhi bagian depan. Sementara Nokia 7.1 Plus akan mempunyai ukuran layar yang lebih lebar dengan poni atau notch di bagian atasnya.

Meskipun spesifikasi hardware lainnya belum terungkap sama sekali, nampaknya HMD Global akan memberikan kejutan pada kedua smartphone karena akan menjadi rival yang berat bagi Xiaomi Mi 8 SE.

[Sumber : Gizmochina]

Leave a Comment