Berita Smartphone

Nokia 7.1 Resmi Dirilis dengan RAM 4 GB dan Snapdragon 636. Apakah Murah?

Nokia 71 Header

Setelah sukses dengan Nokia 6.1 Plus, ternyata hari ini HMD Global baru saja meluncurkan smartphone terbarunya yang yang bernama Nokia 7.1. Seperti biasanya, perangkat yang satu ini telah mengikuti program Android One dari Google.

Bagi yang belum mengetahuinya, Android One merupakan sebuah program dari Google yang bekerja sama dengan beragam perusahaan untuk mengembangkan smartphone dengan harga terjangkau yang memiliki spesifikasi hardware dan kualitas yang baik.

Selain itu, Google puin telah menjanjikan bahwa smartphone yang mengikuti program Android One akan mendapatkan update terdepan dan tercepat sistem operasi Android dibandingkan smartphone dari vendor selain Google.

Nokia 7.1 ini telah menggunakan sistem operasi Android 8.1 Oreo yang dijamin Google akan mendapatkan update 2 tahun ke depan sehingga smartphone ini akan mendapatkan Android 9.0 Pie dan Android 10 Q.

Nokia 71 Back

Untuk layarnya sendiri memiliki lebar 5,84 inci dengan resolusi Full HD+, teknologi PureDisplay, dan beraspek rasio 19:9 yang memenuhi bagian depannya. Seperti smartphone masa kini lainnya, Nokia 7.1 ini dilengkapi dengan Poni atau notch telah hadir pada bagian atas layarnya.

Sensor fingerprint pun telah disematkan pada bagian belakangnya yang memungkinkan penggunanya dapat membuka kunci smartphone hanya dengan menggunakan sidik jari. Bahkan fitur Face Unlock juga telah hadir di dalamnya yang memungkinkan pembukaan kunci hanya menggunakan wajah.

Dapur pacu smartphone yang satu ini telah dipercayakan pada chipset Qualcomm Snapdragon 636 Octa-core 1,8 GHz. Untuk mengimbangi kemampuan chipset tersebut, HMD Global pun menyematkan juga RAM dengan pilihan 3 GB atau 4 GB dan storage internal dengan pilihan 32 GB atau 64 GB yang dapat ditambahkan microSD pada Nokia 7.1

Soal urusan fotografi, perangkat yang satu ini telah dilengkapi dengan dua kamera 12 MP + 5 MP, lensa Zeiss, dan LED Flash yang dapat menghasilkan foto bokeh (background blur) dengan instan dan rapi.

Sementara kamera depannya memiliki resolusi 8 MP dengan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) sehingga dapat menghasilkan foto selfe atau wefie dengan wajah yang mulus. Seperti biasanya, fitur Bothie pun telah hadir pada aplikasi kamera bawaannya sehingga memungkinkan penggunanya dapat mengambil foto atau merekam video menggunakan kamera depan dan kamera belakang sekaligus.

Baterai berkapasitas 3060 mAh telah dipercaya menjadi sumber energinya. Bahkan dukungan fast charging pun telah disematkan pada smartphone ini sehingga memungkinkan pengisian daya baterai 50% hanya dalam waktu 30 menit.

Tak ketinggalan, dukungan jaringan 4G-LTE, WiFi, Bluetooth, GPS, NFC, dan bodi aluminium telah hadir di dalamnya. Untuk harganya sendir mencapai 319 Euro atau sekitar Rp 5,56 juta untuk varian RAM 3 GB + ROM 32 GB dan 349 Euro atau sekitar Rp 6,08 juta untuk varian RAM 4 GB + ROM 64 GB.

[Sumber : GSMArena]

Leave a Comment