Berita Smartphone

Sudah 10 Tahun, Inilah Smartphone Android Pertama di Dunia. Bentuknya Unik!

HTC Dream Header

Pada masa kejayaan Nokia dan BlackBerry, memang smartphone bersistem operasi Android belum dikenal oleh orang banyak. Namun seiring berjalannya waktu, justru sistem operasi Android ini banyak digunakan oleh banyak vendor di dunia.

Bahkan perkembangan sistem operasi Android yang semakin pesat, membuat smartphone buatan Nokia yang menggunakan Symbian OS dan BlackBerry dengan sistem operasi BlackBerry OS harus rela mengalami keruntuhan.

Bahkan faktanya, smartphone Nokia pun kini menggunakan sistem operasi Android dan ternyata mendapatkan sambutan yang baik di berbagai negara, termasuk Indonesia. Tak hanya itu, smartphone BlackBerry pun sudah menggunakan sistem operasi Android.

Kini dengan dominasi market share yang mencapai 88% di dunia membuat banyak perusahaan dari berbagai negara berlomba untuk menciptakan smartphone. Namun tahukah kalian mengenai smartphone Android pertama yang lahir di dunia?

Nah, ternyatanya smartphone yang sudah menjadi legendaris tersebut adalah T-Mobile G1 atau dikenal juga dengan nama HTC Dream. Menariknya, perangkat yang satu ini dikembangkan oleh HTC yang bekerja sama dengan T-Mobile.

Sekilas, T-Mobile G1 atau HTC Dream memiliki bentuk yang menarik, dimana memiliki layar sentuh 3,2 inci beresolusi 480 x 320 piksel dengan teknologi TFT dan dilindungi kaca anti gores Corning Gorilla Glass.

Tepat di bawah layar, terdapat beberapa tombol yang terdiri dari Call, Home, Menu, Back, hinngga Reject sehingga dapat memudahkan penggunanya dalam melakukan navigasi di smartphone maupun melakukan panggilan telepon.

Uniknya lagi, layar dari T-Mobile G1 atau HTC Dream ini dapat digeser atau slide ke samping sehingga akan memunculkan keyboard QWERTY fisik. Nantinya hal ini akan memudahkan penggunanya untuk mengetik dalam posisi lanskap.

Dapur pacunya sendiri dipercayakan pada chipset Qualcomm MSM7201A berkecepatan 528 MHz lengkap dengan GPU Adreno 130. Dalam mengimbangi chipset tersebut, smartphone ini pun telah dibekali dengan RAM 192 MB dan storage internal 256 MB yang dapat ditambahkan microSD.

Bisa dibilang kombinasi hardware ini salah satu yang terbaik pada saat diluncurkan di September 2018 silam. Sementara itu, sistem operasi yang digunakannya pun telah mencapai Android 1.6 Donut.

Tak ketinggalan, dukungan mini SIM, jaringan 3G, WiFi, Bluetooth, dan GPS telah hadir di dalamnya. Bahkan baterai berkapasitas 1150 mAh yang dimiliki oleh T-Mobile G1 ini mampu bertahan 5 jam 20 menit ketika digunakan untuk telepon loh.

[Sumber : GSMArena]

Leave a Comment