Tips dan Trik

Cara Memotong Foto Untuk Diunggah Dalam Bentuk Grid di Instagram

Cara Memotong Foto di Instagram Header[Ilustrasi Oleh Flickr]

Gadgetren – Instagram merupakan salah satu platform media sosial berbasis gambar yang cukup rajin menghadirkan fitur-fitur baru, dari mulai fitur-fitur untuk feed maupun untuk stories-nya.

Namun sayangnya, meskipun demikian, Instagram belum menghadirkan fitur untuk membuat grid, alias fitur untuk memotong-motong gambar menjadi beberapa bagian di editornya.

Oleh karena itu, kamu membutuhkan aplikasi editor foto tambahan untuk melakukan hal tersebut. Secara detail, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut di bawah ini untuk memotong-motong gambar dan membuatnya ke dalam format grid.

Cara Memotong-motong Foto Untuk Diunggah di Instagram Dalam Format Grid Melalui Perangkat Android

  1. Pertama-tama, kamu perlu mengunduh aplikasi editor foto yang mendukung format grid dari Google Play Store
  2. Dalam hal ini, saya menggunakan 9square for Instagram yang secara khusus dibangun untuk membuat tampilan grid
  3. Setelah terinstal, buka aplikasi tersebut
  4. Di halaman utama, kamu dapat mengetuk ikon foto (tombol yang berada di tengah halaman)
  5. Pilih sumber gambar yang akan digunakan, misalnya Gallery seperti yang saya gunakan
  6. Cari gambar yang ingin kamu buat grid atau ambil foto jika kamu memilih sumber gambar dari kamera
  7. Pilih format grid sesuai dengan seleramu, saya menggunakan format 3×3 yang biasa digunakan oleh pengguna Instagram
  8. Jika sudah, atur ukuran gambar yang akan digunakan
  9. Pilih tombol Crop pada pojok kanan atas jika sudah selesai mengaturnya
  10. Selanjutnya kamu bisa memilih opsi Save All untuk menyimpan gambar ke dalam memori internal atau Instagram untuk mengunggahnya secara langsung

Cara Memotong Foto di Instagram

Sebagai informasi tambahan, 9square for Instagram merupakan salah satu aplikasi yang cukup powerful untuk mengubah foto ke dalam format grid. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa membuat grid 3×1, 3×2, 3×3, 3×4, dan 3×5 sesuai selera.

Bagi yang bingung, angka 3 di depan dalam format tersebut menunjukkan grid mendatar (baris) yang ingin dibuat, sementara angka yang selanjutnya (di belakang x) merupakan grid vertikal (kolom) yang ingin dibuat.

Misalnya, dalam hal ini tadi saya menggunakan grid 3×3. Artinya, gambar yang saya pilih akan dipotong-potong menjadi 3 bagian mendatar dan 3 bagian vertikal, sehingga totalnya akan menjadi 9 bagian potongan¬† foto.

Menariknya, selain bisa mengambil gambar dari Galeri atau Kamera, kamu juga bisa memilih gambar yang telah kamu unggah ke sistem cloud. Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan foto dari Google Drive maupun Microsoft OneDrive.

Selain itu, kamu bisa menyimpan hasil edit gambar ke dalam perangkat ataupun mengunggahnya secara langsung ke Instagram, baik untuk feed maupun untuk stories. Untuk yang memilih langsung, kamu harus mengunggah bagiannya satu persatu, tidak bisa semuanya secara langsung.

Leave a Comment