Gadget Smartphone

Vivo V11 Pro vs Vivo V9. Jeroannya Hampir Sama, Lalu Apa Bedanya?

Vivo V11 Pro vs Vivo V9 Header

Gadgetren – Meskipun belum lama mengenalkan Vivo V9 versi 6 GB-nya, Vivo mengenalkan Vivo V11 Pro yang membawa spesifikasi yang cukup mirip beberapa waktu lalu, dengan beberapa peningkatan tentunya.

Salah satu peningkatan yang cukup signifikan terletak pada penggunaan teknologi fingerprint di dalam layar yang juga belum biasa digunakan oleh perangkat-perangkat smartphone terbaru lainnya.

Namun, apakah hanya fitur fingerprint ini yang membedakan Vivo V11 Pro dengan Vivo 9? Bagi yang penasaran, kamu dapat membaca ulasan perbandingan Vivo V11 Pro vs Vivo V9 berikut ini.

Layar

Vivo V11 Pro vs Vivo V9 - Layar

Vivo V11 Pro membawa layar dengan ukuran yang lebih besar dan kualitas yang bisa dibilang lebih baik jika dibandingkan dengan layar yang dimiliki oleh pendahulunya, yakni Vivo V9.

Perangkat baru ini telah mengusung layar berukuran 6,41 inci, berteknologi Super AMOLED, dan beresolusi Full HD+ (2340 x 1080 piksel), dengan aspek rasio sebesar 19,5:9.

Sementara pendahulunya Vivo V9 memiliki layar yang hanya berukuran 6,3 inci, masih berteknologi IPS, dan resolusi Full HD+ (2.280 x 1.080 piksel), dengan aspek rasio sebesar 19:9.

Ukuran poni atau notch yang diusung oleh Vivo V11 Pro pun sangat kecil, seperti tetesan air berkat teknologi Waterdrop Display, sementara Vivo V9  mengusung poni yang relatif cukup lebar seperti kebanyakan perangkat berponi lainnya.

Performa

Kedua perangkat ini memiliki kemampuan pengolahan yang hampir setara, mengingat keduanya sama-sama mengandalkan prosesor Qualcomm Snapdragon 660, lengkap dengan AIE (Artificial Intelligence Engine), RAM berkapasitas 6GB dan memori internal sebesar 64GB.

Kamera

Vivo V11 Pro vs Vivo V9 - Kamera

Di sektor fotografi, Vivo V11 Pro juga memiliki kamera yang membawa beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan kamera yang dimiliki oleh perangkat Vivo V9 varian 6GB.

Meskipun sama-sama membawa teknologi kecerdasan buatan, sektor kamera depan Vivo V11 Pro telah menggunakan resolusi 25MP sedangkan Vivo V9 versi 6 GB hanya memiliki kamera 12MP (turun dari versi standar yang sudah 24MP).

Vivo V11 Pro pun telah didukung kamera ganda beresolusi 12 MP + 5MP, sementara Vivo V9 didukung kamera beresolusi 13 MP + 2 MP, lengkap dengan teknologi dual pixel, AI Backlight HDR, dan LED Flash.

Baterai

Perangkat Vivo V11 Pro telah dilengkapi baterai berkapasitas 3.400 mAh, yang notabene lebih besar dari perangkat Vivo V9 yang hanya mengandalkan baterai kapasitas 3.260 mAh.

Menariknya, meskipun memiliki kapasitas yang lebih besar, perangkat V11 Pro telah membawa sistem Dual Engine Fast Charging yang tidak dimiliki oleh Vivo V9, lengkap dengan sistem perlindungan 9 lapis.

Fitur dan Kelengkapan

Vivo V11 Pro vs Vivo V9 - Screen Touch ID

Di beberapa fitur dan kelengkapannya, kedua perangkat lini V dari Vivo ini memiliki dukungan yang serupa. Perbedaan yang cukup mencolok hanya pada teknologi fingerprint dan sistem default yang diusungnya.

Dalam hal ini, Vivo V11 Pro telah menggunakan sensor fingerprint yang ditanam dalam layar (Screen Touch ID) , sementara Vivo V9 masih menggunakan teknologi fingerprint yang masih umum digunakan.

Selain itu, secara default, perangkat Vivo V11 Pro juga telah dilengkapi dengan sistem FunTouch OS 4.5, sedangkan perangkat Vivo V9 versi 6 GB masih mengusung FunTouch OS 4.0.

Harga

Perangkat Vivo V11 Pro dibanderol dengan harga Rp 4.999.000 di Indonesia, sedangkan perangkat Vivo V9 versi 6 GB dibanderol lebih murah, yakni hanya Rp 4.299.000.

Kesimpulan

Terpaut harga yang cukup jauh, Vivo V11 Pro memang membawa beberapa kelebihan. Namun, jika kamu hanya mengejar performa, Vivo V9 versi 6 GB pun sudah cukup mumpuni, mengingat prosesor dan RAM-nya hampir setara.

Leave a Comment