Smartphone

9 Kelebihan dan Kekurangan iPhone XS yang Menantang

iPhone XS Header

Gadgetren – iPhone XS merupakan smartphone primadona yang diluncurkan oleh Apple di tahun 2018. Dibandingkan generasi sebelumnya, smartphone yang satu ini memiliki performa yang lebih kencang.

Selain itu, dukungan dua kamera yang disematkan dalam smartphone ini lebih bagus dibandingkan dengan iPhone X. Sayangnya iPhone XS ini sama sekali tidak memiliki sensor fingerprint untuk membuka kunci.

Untuk ini, bagi Gadgeter yang penasaran dengan kelebihan dan kekurangan dari iPhone XS maka dapat melihatnya langsung informasi sebagai berikut ini :

Kelebihan

Performa cepat

Apple A12 Bionic Hexa-core yang hadir pada iPhone XS ini memiliki kemampuan yang tangguh dan sangat cepat berkat menggunakan teknologi proses 7nm yang sangat efisien. Tak ketinggalan, Apple GPU Quad-core dan Neural Engine Octa-core telah hadir di dalam chipset ini.

iPhone XS juga dibekali dengan storage internal yang terdiri dari 64 GB, 256 GB, atau 512 GB. Seperti biasanya, Apple tidak menyebutkan sama sekali kapasitas RAM maupun baterai dari smartphone yang satu ini.

Dua kamera utama 12 MP

iPhone XS ini dibekali dengan dua kamera utama yang mempunyai kombinasi 12 MP + 12 MP, OIS, PDAF, 2x Optical Zoom, dan Quad-LED Flash yang mampu menghasilkan foto lebih bagus dibandingkan iPhone X.

Meskipun sudah ada di smartphone Android beberapa tahun lalu, namun Apple baru saja menyematkan fitur pengaturan tingkat blur (apertur) ketika penggunanya ingin mengambil foto bokeh (background blur).

Face ID

Akibat tidak memiliki sensor fingerprint, iPhone XS ini menggunakan fitur Face ID yang memungkinkan penggunanya dapat membuka kunci dengan cepat hanya menggunakan wajah. Bahkan smartphone ini pun mampu mengenali wajah penggunanya, meskipun dalam kondisi redup sekalipun karena terdapat sensor yang lengkap pada bagian depannya.

Dual SIM

Dalam peluncuran di Steve Jobs Theater, Apple mengejutkan pesertanya dengan mengumumkan bahwa iPhone XS memiliki fitur dual SIM yang sangat cocok bagi penggunanya di negara berkembang, seperti India maupun Indonesia, dimana 1 orang memiliki banyak kartu SIM.

Layar OLED Super Retina

Meskipun menggunakan layar berteknologi OLED, namun pihak Apple menamakan teknologi layar dari iPhone XS ini dengan nama Super Retina karena terdapat beberapa pengembangan. Hasilnya pun layar terlihat lebih tajam dan cerah. Untuk ukuran layar penuhnya sendiri hanya mencapai 5,8 inci sehingga nyaman digenggam karena dimensinya setara dengan smartphone yang mempunyai layar 5,5 inci.

iOS 12

Sebagai smartphone tahun 2018, iPhone XS ini pun telah dibekali dengan sistem operasi terbaru buatan Apple yang bernama iOS 12. Selain terjadi peningkatan performa dan tampilan antarmuka, iOS pun hadir dengan fitur yang menarik.

Kekurangan

Tidak hadir fingerprint

Bagi sebagian orang, sensor fingerprint merupakan salah satu fitur yang menarik hadir pada smartphone karena dapat memudahkan penggunanya dalam membuka kunci smartphone hanya menggunakan sidik jari. Sayangnya iPhone XS ini tidak dibekali sensor fingerprint sama sekali.

Kamera depan 7 MP

Kini smartphone sudah banyak yang menggunakan kamera depan dengan resolusi besar, bahkan hingga 25 MP. Namun iPhone XS tidak mengalami pengembangan resolusi sama sekali dan masih 7 MP.

Harga Mahal

Sebagai smartphone generasi baru buatan Apple, iPhone XS ini dimulai dari Rp 14,3 juta. Tentu saja harga ini lebih mahal dibandingkan dengan iPhone X yang telah hadir tahun 2017 silam.

Leave a Comment