ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Xiaomi Redmi 6 vs Redmi S2. Mana HP RAM 3GB Terbaik?

Xiaomi Redmi 6 vs Redmi S2 Header

Gadgetren – Sebagai salah satu vendor asal Tiongkok, Xiaomi telah berhasil melakukan ekspansinya ke Indonesia dengan membawa smartphone 4G yang telah lolos TKDN dengan spesifikasi hardware menggiurkan, namun harganya menggiurkan.

Baru-baru ini Xiaomi secara resmi telah meluncurkan Redmi 6 di Indonesia dengan spesifikasi hardware dan fitur yang lebih baru dibandingkan generas sebelumnya. Sementara itu, banyak orang yang bertanya bagaimana perbandingannya dengan Redmi S2.

Tentu saja perbandingan dari Redmi 6 vs Redmi S2 ini sangat menarik mengingat harganya hampir mirip. Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan harga dari Redmi S2 maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini.

Xiaomi Redmi 6 vs Redmi S2

Layar

Xiaomi Redmi 6 mempunyai layar dengan lebar 5,45 inci dan Redmi S2 memiliki lebar 5,99 inci. Keduanya sama-sama mempunyai layar dengna teknolog IPS LCD, HD+ (1440 x 720 piksel), dan beraspek rasio 18:9 yang memenuhibagian depannya.

Spesifikasi Hardware

Xiaomi telah mempercayakan dapur pacu Redmi 6 pada MediaTek Helio P22 Octa-core 2 GHz yang bertenaga berkat teknologi proses 12nm. Untuk mengimbanginya, smartphone ini pun memiliki varian RAM 3 GB + ROM 32 GB dan RAM 4 GB + ROM 64 GB.

Sementara Redmi S2 memiliki chipset Qualcomm Snapdragon 625 Octa-core berkecepatan 2 GHz berteknologi proses 14nm yang memiliki performa bertenaga, namun hemat dalam mengonsumsi daya baterai.

Untuk mengimbanginya, smartphone selfie Xiaomi ini dilengkapi juga dengan RAM 3 GB dan ROM 32 GB. Baik Redmi 6 dan Redmi S2 ini sama-sama dapat ditambahkan microSD. Bahkan Xiaomi mengklaim bahwa MediaTek Helio P22 setara dengan Snapdragon 625.

Kamera

Kedua smartphone ini sama-sama telah dibekali dengan dua kamera belakang yang beresolusi 12 MP + 5 MP dan LED Flash yang dapat menghasilkan foto bokeh dengan instan. Sementara kamera depan Redmi S2 mempunyai resolusi 16 MP yang lebih tangguh dibandingkan dengan Redmi 6 yang mempunyai resolusi 5 MP.

Baterai

Xiaomi Redmi 6 ini hanya dilengkapi dengan baterai berkapasitas 3000 mAh yang sedikit lebih kecil dibandingkan dengan Redmi S2 dengan baterai 3080 mAh. Sementara itu, Redmi S2 ini mempunyai daya tahan baterai yang lebih lama karena dibekali dengan Snapdragon 625 yang sangat hemat energi.

Fitur Lainnya

Keduanya sama-sama telah dibekali dengan sensor fingerprint di bagian belakang, FM Radio, Bluetooth, WiFi, port microUSB 2.0, port jack audio 3,5mm, dan MIUI berbasiskan Android Oreo. Sementara itu, Xiaomi Redmi S2 ini dilengkapi dengan sensor Inframerah yang tidak dimiliki oleh Redmi 6.

Harga

Xiaomi Redmi 6 sendiri dijual dengan harga yang mencapai Rp 2 juta untuk varian RAM 3 GB + storage internal 32 GB dan Rp 3,4 juta untuk RAM 4 GB + storage internal 64 GB. Sementara Redmi S2 dibanderol dengan harga yang mencapai Rp 2 juta untuk RAM 3 GB + storage internal 32 GB.

Kesimpulan

Apabila dilihat dari performa, daya tahan baterai, kamera depan, dan fiturnya maka Xiaomi Redmi S2 juaranya. Namun jika dilihat dari varian yang ditawarkan maka Xiaomi Redmi 6 masih bisa menjadi pilihan.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar