Gadget Smartphone

Oppo A3s vs Samsung Galaxy J6. Ponsel Kekinian Mana yang Layak Beli?

Oppo A3s vs Samsung Galaxy J6 Header

Gadgetren – Sudah bukan rahasia lagi, Samsung saat ini sedang gencar-gencarnya memperbarui lini Samsung Galaxy J untuk menyasar kelas menengah ke bawah, salah satunya dengan Samsung Galaxy J6.

Kelas ini memang menjadi salah satu medan pertempuran yang cukup berat, mengingat banyak ponsel baru yang dirilis di kelas ini, termasuk juga Oppo A3s yang hadir belum lama ini.

Hal ini pun membuat banyak orang kebingungan untuk menentukan ponsel mana yang tepat untuk dibeli. Nah, bagi kamu yang melihat Samsung Galaxy J6 atau Oppo A3s sebagai pilihan, kamu bisa melihat perbandingannya di bawah ini.

Oppo A3s vs Samsung Galaxy J6

Layar

Oppo A3s vs Samsung Galaxy J6 - Layar

Kedua perangkat memang mengusung desain layar kekinian, namun Oppo A3s memiliki ukuran dan resolusi yang relatif cukup besar jika dibandingkan dengan layar yang dimiliki oleh Samsung Galaxy J6.

Oppo A3s memiliki 6,2 inci layar beresolusi Full HD+ (1.520 x 720 piksel) dan beraspek rasio 19:9, sementara Samsung Galaxy J6 hanya memiliki 5,6 inci layar dengan resolusi HD+ (1.480 x 720 piksel) dan beraspek rasio 18,5:9.

Namun untuk teknologi yang digunakannya, Samsung Galaxy J6 telah mengusung teknologi Super AMOLED, sedangkan Oppo A3s masih menggunakan teknologi IPS, yang tentunya keduanya memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing.

Performa

Oppo A3s vs Samsung Galaxy J6 - Performa

Samsung Galaxy J6 memiliki spesifikasi hardware yang cukup tinggi dengan menggunakan chipset Exynos 7870 Octa-core berkecepatan 1,6 GHz lengkap dengan Mali-T830 M1.

Smartphone yang satu ini juga telah dibekali dengan RAM sebesar 3 GB dan memori internal dengan kapasitas total 32 GB, yang dapat diperluas dengan microSD hingga 256 GB.

Tidak kalah tinggi, perangkat Oppo A3s pun telah mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 450 Octa-core berkecepatan 1,8 GHz disokong Adreno 506 sebagai pengolah grafisnya.

Dan untuk mengimbangi kinerja dari chipset tersebut, Oppo A3s pun juga menggunakan konfigurasi RAM sebesar 3 GB dan memori internal sebesar 32 GB, yang juga dapat diperluas dengan microSD hingga 256 GB.

Kamera

Oppo A3s vs Samsung Galaxy J6 - kamera

Oppo A3s telah mengusung kamera utama ganda dengan resolusi 13 MP + 2 MP lengkap dengan Autofocus dan LED Flash. Sedangkan Samsung Galaxy J6 masih menggunakan kamera tunggal, dengan resolusi 13 MP dengan kelengkapan serupa.

Untuk kamera depannya, kedua perangkat ini memiliki spesifikasi yang tidak jauh berbeda, karena sama-sama mengusung kamera beresolusi 8 MP. Namun sementara itu, Oppo telah melengkapi kameranya dengan AI (kecerdasan buatan).

Baterai

Oppo A3s vs Samsung Galaxy J6 - Baterai

Baterai menjadi fitur yang paling diunggulkan dalam perangkat Oppo A3s, dengan 4230 mAh kapasitasnya. Sementara Samsung Galaxy J6 hanya mempercayakan kinerjanya untuk disokong oleh baterai berkapasitas 3000 mAh.

Harga

Oppo A3s dijual dengan harga Rp 2.699.000, sementara Samsung Galaxy J6 dibanderol Rp 2,5 jutaan di beberapa toko online padahal semula dibanderol dengan harga Rp 3.299.000.

Kesimpulan

Kedua perangkat ini, baik Oppo A3s maupun Samsung Galaxy J6, cukup layak dibeli bagi kamu yang punya budget yang terbatas meskipun masing-masing menawarkan kelebihan dan kekurangannya.

Leave a Comment