Gadget Smartphone

Pocophone F1 vs Xiaomi Redmi Note 5 Pro. Masih Belum Yakin Buat Beli?

Pocophone F1 vs Redmi Note 5 Pro Header

Gadgetren – Seperti yang pernah kami ulas sebelumnya, Xiaomi telah meluncur produk flagship bertenaga Snapdragon 845 dengan harga yang tentunya bisa merusak harga pasar di kelas tersebut.

Bagi yang belum tahu, meskipun telah mengusung prosesor yang biasanya digunakan pada perangkat seharga belasan juta rupiah, perangkat baru Xiaomi ini hanya dibanderol dengan harga Rp 4.499.000.

Padahal di sekitar rentang harga ini, Xiaomi sendiri memiliki beberapa perangkat kelas menengah, termasuk Xiaomi Redmi Note 5 Pro salah satunya. Lalu, apakah Xiaomi Redmi Note 5 Pro masih layak beli?

Layar

Kedua perangkat buatan Xiaomi ini memiliki ukuran layar yang cukup berbeda, di mana Pocophone F1 memiliki ukuran yang lebih lebar jika dibandingkan dengan Xiaomi Redmi Note 5 Pro.

Secara teknis, Pocophone F1 memiliki layar berukuran  6,18 inci beresolusi FHD+ (2246 x 1080 piksel) dengan aspek rasio 18,7:9, sementara Xiaomi Redmi Note 5 Pro memiliki layar 5,99 inci beresolusi Full HD+ (2.160 x 1.080 piksel) dengan aspek rasio 18:9.

Performa

Menyasar kelas yang berbeda, kedua perangkat ini memiliki spesifikasi teknis yang terpaut sangat jauh, di mana Pocophone F1 dilengkapi dengan prosesor Snapdragon 845 dengan RAM 6 GB.

Pocophone F1 vs Redmi Note 5 Pro - Jeroan

Sementara itu, Xiaomi Redmi Note 5 Pro yang menyasar kelas di bawahnya, hanya dilengkapi dengan prosesor kasta menengah Snapdragon, yakni Snapdragon 636, diduetkan dengan varian RAM 4 GB dan 6 GB.

Kamera

Di segi kameranya, kedua perangkat ini memiliki spesifikasi yang serupa, di mana kamera depannya sama-sama memiliki resolusi 20 MP dan dukungan kecerdasan buatan (AI).

Sementara itu, kamera utamanya juga sama-sama menggunakan kamera ganda beresolusi 12 MP + 5 MP, namun Pocophone F1 dilengkapi dengan sensor Sony IMX363 sementara Note 5 Pro (untuk RAM 6 GB) dilengkapi Sony IMX486 pada lensa primernya.

Baterai

Di segi baterainya pun, baik Pocophone F1 maupun Xiaomi Redmi Note 5 Pro dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4000 mAh yang mendukung fitur pengisian cepat (fast charging).

Sistem Operasi

Meskipun sama-sama hadir sebagai perangkat baru Xiaomi, Xiaomi Redmi Note 5 Pro hadir dengan sistem Android Nougat, sementara Pocophone F1 sudah membawa Android Oreo.

Selain itu, Pocophone F1 memang mengusung sistem MIUI khas Xiaomi, namun antarmukanya menggunakan antarmuka POCO yang terlihat seperti tampilan stock Android dengan beberapa penyesuaian.

Harga

Pocophone F1 hadir dengan harga termurah Rp 4.499.000 (untuk perangkat dengan RAM 6 GB dan Internal 64 GB), sedangkan Xiaomi Redmi Note 5 Pro dibanderol Rp 3,6 Jutaan untuk varian tertingginya.

Kesimpulan

Dari segi spesifikasi, Pocophone F1 tentunya lebih bertenaga dan lebih unggul. Namun, bagi kamu yang punya dana terbatas, Xiaomi Redmi Note 5 Pro juga layak beli, karena prosesor tergolong prosesor top di kelas menengah.

Tinggalkan Komentar