Tips dan Trik

Cara Menonaktifkan Aplikasi Bawaan di Ponsel Android Biar Memorimu Sedikit Lega

Cara Menonaktifkan Aplikasi di Android Header[Ilustrasi Oleh Pexels]

Gadgetren – Berbeda dengan aplikasi yang kita instal secara mandiri, aplikasi bawaan atau bloatware biasanya tidak bisa kita uninstall, tapi memakan cukup ruang memori penyimpan internal dan RAM.

Padahal, tak jarang dari aplikasi-aplikasi bawaan ini merupakan aplikasi yang jarang kita pakai atau bahkan aplikasi yang sama sekali tidak kita butuhkan dalam menunjang kegiatan harian.

Sebagai solusinya, sebenarnya kamu dapat menonaktifkan aplikasi-aplikasi ini, agar dapat mengurangi pemakaian ruang memori internal dengan menghilang data update dari aplikasi-aplikasi tersebut.

Selain itu, dengan menonaktifkan aplikasi-aplikasi ini, kamu juga dapat memangkas sistem yang berjalan di belakang layar, sehingga membuat kerja RAM dari perangkat menjadi lebih lega.

Bagi kamu yang belum tahu bagaimana cara menonaktifkan aplikasi-aplikasi bawaan alias bloatware dari perangkat Android, kamu dapat menyimak ulasannya berikut di bawah ini.

Cara Menonaktifkan Aplikasi Bawaan (Bloatware) dari Ponsel Android

  1. Pada beberapa ponsel, seperti Asus Zenfone 3 dengan Sistem Android 8.0 Oreo, kamu bisa melakukannya seperti akan menghapus aplikasi dari daftar aplikasi.
  2. Kamu hanya perlu menekan ikon aplikasi yang ingin dinonaktifkan beberapa saat dan menggesernya sampai muncul opsi Disable app di bagian atas layar.
  3. Setelah muncul opsi tersebut, kamu hanya perlu menggeser ikon ke tulisan tersebut.

Namun bagi kamu yang tidak menemukan opsi ini, kamu dapat melakukannya dengan cara yang lebih kompleks. Kamu dapat masuk ke Apps Management yang ada di Settings (ini pun hanya untuk sistem Android versi lama).

Untuk pengguna sistem Android 8.0 Oreo, kamu dapat masuk ke Apps & notifications yang ada di Settings, kemudian memilih opsi App Info dari pilihan menu yang ditampilkan.

Cara Menonaktifkan Aplikasi di Android

Bagi pengguna beberapa sistem kustom, seperti MIUI atau sistem lainnya, letak App Info ini juga akan berbeda-beda, oleh karena itu kami tidak dapat menjelaskan secara lebih mendetail.

Setelah masuk ke menu tersebut, kamu dapat mencari aplikasi bawaan yang akan dinonaktifkan, dan memilih aplikasi tersebut. Kemudian setelah itu, kamu bisa memilih tombol Disable untuk menonaktifkannya.

Secara otomatis, ikon aplikasi yang kamu nonaktifkan akan hilang dari daftar aplikasi. Sementara itu, kamu dapat mengaktifkannya kembali dengan masuk ke menu yang sama kemudian menekan tombol Enable.

Tinggalkan Komentar