ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

Cara Mudah Menonaktifkan Aplikasi Bawaan Xiaomi Tanpa Root

Cara Hapus Aplikasi Bawaan Xiaomi Header

Gadgetren – Setiap perangkat Android yang hadir ke pasaran biasanya dilengkapi dengan sejumlah aplikasi bawaan dari pengembangnya.

Dengan tujuan memberikan utilitas lebih kepada para pengguna, banyak manufaktur ponsel Android mengembangkan ponsel dilengkapi sejumlah aplikasi khas miliknya. Aplikasi-aplikasi ini diharapkan dapat memberikan kemudahan dan juga fungsionalitas lebih bagi semua penggunanya.

Aplikasi-aplikasi tambahan dari manufaktur ini biasa disebut dengan aplikasi bloatware. Cukup berbeda dengan aplikasi bawaan sistem operasi Android, bloatware merupakan aplikasi yang ditanamkan oleh pihak manufaktur pengembang hardware. Oleh karena itu, aplikasi bloatware manufaktur satu dengan lainnya tentu akan berbeda-beda.

Berbicara tentang bloatware, tak luput juga pengembang ponsel murah berspesifikasi mantab asal Tiongkok, Xiaomi. Besar di sisi pengembangan software, perusahaan Xiaomi menawarkan utilitas yang lebih banyak dalam setiap ponsel buatannya dengan memasukan banyak bloatware di ponsel yang dirilisnya.

Bahkan, bagi beberapa orang, aplikasi bawaan Xiaomi terkesan berlebihan karena ada beberapa aplikasi yang sebenarnya tidak begitu diperlukan dalam aktivitas harian MiFans.

Baca Juga: Play Store sering mengalami Waiting for WiFi? Ini cara mengatasinya

Sependapat dengan hal tersebut, beberapa MiFans pun mulai mencari cara menghapus aplikasi bawaan dari ponsel-ponsel Xiaomi yang dimilikinya.

Sebenarnya, terdapat beberapa tipe ponsel yang dijual tanpa menawarkan bloatware di dalamnya. Selain ponsel buatan Google sendiri, terdapat ponsel yang mengusung kemurnian sistem Android yang disebut dengan AndroidOne, salah satunya adalah ponsel Xiaomi Mi A1.

Proyek AndroidOne merupakan proyek kerja sama Google dengan vendor ponsel lain, dalam menghadirkan ponsel murah namun memiliki kinerja yang cukup dapat diandalkan untuk menyasar negara-negara berkembang,

Namun, bagaimana dengan ponsel-ponsel di luar AndroidOne? Apakah aplikasi bloatware dapat dihapus?

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi

Cara Hapus Aplikasi Bawaan Xiaomi dengan Activity Launcher

Kebanyakan aplikasi bloatware tidak dapat dihapus oleh pengguna Android, termasuk aplikasi bloatware yang dimiliki oleh ponsel Xiaomi. Pengguna hanya dapat menyembunyikannya atau mendisable aplikasi-aplikasi tersebut.

Baca Juga: Tambahkan lirik lagu di pemutar musik Xiaomi biar makin asik

Untuk menyembunyikan aplikasi-aplikasi tersebut, MiFans dapat memasang aplikasi Launcher tambahan, seperti Nova Launcher. Namun, untuk mendisable aplikasi bloatware, MiFans dapat mengikuti cara berikut ini:

  1. Download aplikasi Activity Launcher dari Google Play Store
  2. Buka aplikasi setelah terpasang, dan klik pada Recent activities yang berada di bagian atas layar
  3. Ubah ke opsi All activities
  4. Setelah itu, cari opsi Settings (pilih yang warnanya abu-abu jika ada dua opsi)
  5. Kemudian cari pilihan Installed apps dengan keterangan “com.android.settings.Settings$ManageApplicationsActivity”
  6. Setelah itu, pilih aplikasi yang akan dinonaktifkan
  7. Klik tombol Disable untuk menonaktifkannya

Jika berhasil, ikon aplikasi yang dinonaktifkan tidak akan muncul di layar daftar aplikasi. Sebenarnya, MiFans dapat menghapus aplikasi bawaan Xiaomi dengan proses Rooting. Namun, mengingat bahayanya, kami tidak menyarankan cara ini.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar