Review Smartphone

Review Nokia 1 – Ponsel Android Go Murah yang Tampil Menarik

Nokia 1 - Featured

Nokia belum lama ini merilis ponsel Android Go pertama mereka di Indonesia yaitu Nokia 1. Sebagai ponsel Android Go, Nokia 1 dijual dengan harga murah yaitu Rp999.000.

Ponsel ini terlihat trendi dengan gaya desain yang menonjolkan kesan anak muda. Desain Nokia 1 sedikit mengingatkan saya dengan seri Nokia Lumia 500 terdahulu.

Varian warna Nokia 1 yang saya gunakan di ulasan ini adalah varian warna biru gelap. Uniknya, ponsel tidak seluruhnya berwarna biru gelap namun ada garis-garis putih di beberapa bagian ponsel seperti pinggir layar dan pinggir kamera belakang yang membuatnya menjadi menarik.

Nokia 1 - Desain

Badan ponsel Nokia 1 dibalut dengan material plastik polikarbonat yang kokoh dengan desain belakang yang melengkung. Kekokohan ponsel ini selalu menjadi ciri khas ponsel Nokia.

Ukuran ponsel dan layarnya bisa dibilang kecil untuk jaman sekarang. Namun ini membuat Nokia 1 menjadi nyaman digenggam oleh tangan apalagi ditambah dengan beratnya yang ringan.

Layar ponsel ini agak reflektif, saya sering kali melihat muka saya terpantul di layar ponsel sehingga agak sedikit menganggu dan menurunkan kualias tampilan layar Nokia 1.

Resolusi layar Nokia 1 juga agak kecil yaitu hanya 480×854 piksel. Namun karena ukuran layarnya yang kecil, tampilan antarmuka masih terlihat halus. Tampilan layar baru terlihat kasar ketika digunakan untuk bermain game atau menonton video.

Nokia 1 - Layar

Speaker di Nokia 1 cukup kencang dan jernih suaranya. Agak mengejutkan sebetulnya melihat harga ponsel yang murah. Kualitas speaker suara percakapan telepon juga ok.

Untuk sensor-sensor di Nokia 1 hanya terdapat beberapa sensor yaitu akselerometer, sensor cahaya, dan sensor kedekatan. Namun, fitur tingkat pencahayaan otomatis di Nokia 1 yang menggunakan sensor cahaya suka kacau, entah salah di sisi software atau hardware. Untuk tingkat pencahayaan layar menjadi lebih baik diset manual.

Performanya Nokia 1 secara kesuluruhan lebih lancar dibandingkan Nokia 2. Mungkin ini efek dari penggunaan sistem operasi Android Go yang lebih hemat daya dan juga data.

Untuk pengoperasian aplikasi lumayan lancar di Nokia 1 namun proses awal menjalankan aplikasi dan berganti ganti aplikasi sering terasa lambat.

Karena ini adalah ponsel Androig Go, Aplikasi Google yang disematkan secara bawaan di Nokia 1 adalah aplikasi versi Go juga seperti Google Go, YouTube Go, Gmail Go, Assistant Go, dan Maps Go. Versi Go ini dipilih untuk meminimalisir penggunaan sumber daya dan data ponsel.

Walaupun Nokia 1 adalah ponsel Android Go bukan berarti harus menggunakan aplikasi Android versi ringan / Go. Saya coba mengunakan aplikasi Facebook dan Twitter standar masih lancar digunakan.

Namun, perlu dicatat bahwa kapasitas penyimpanan internal Nokia 1 hanya 8 GB dengan sistem sudah mengambil 2,3 GB. Jika menginstal banyak aplikasi tentu penyimpanan ponsel akan cepat penuh.

Nokia 1 juga masih bisa digunakan untuk bermain game seperti Mobile Legends terutama di setelan grafis Low. Namun, proses loading game cukup lama dan grafik game tampil buruk dan tidak jelas.

Jika saya ubah setelan grafis ke Medium di Mobile Legends, performanya masih ok dan grafik menjadi lebih jelas walaupun stutter makin sering saya temukan ketika bermain game.

Nokia 1 menggunakan kamera 5 MP untuk kamera belakang dan kamera 2 MP untuk kamera depan. Hasil tangkapan kamera di area dengan cahaya terang cukup bagus untuk ponsel murah meriah. Namun membuka aplikasi kamera dan melihat preview foto hasil kamera agak lambat prosesnya.

Ketika di area foto tidak tersedia cahaya yang mencukupi seperti cahaya natural di ruangan rumah, kualitas foto mengalami penurunan dan hasilnya agak buram.

Untuk hasil kamera dari Nokia 1 bisa disimak di bawah ini (klik pada masing-masing foto untuk resolusi asli):

Nokia 1 - Outdoor 01

Nokia 1 - Outdoor 03

Nokia 1 - Indoor 02

Nokia 1 - Indoor 03

Nokia 1 - Indoor 05

Untuk baterainya, Nokia 1 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 2.150 mAh. Ketika saya tes untuk memainkan video resolusi HD secara nonstop, Nokia 1 menghasilkan screen on time 5 jam 32 menit dari daya baterai 100% ke 15%. Untuk penggunaan sehari-hari saya, Nokia 1 bisa tahan seharian.

Nokia 1 menurut saya lebih cocok digunakan untuk mereka yang baru pertama kali menggunakan smartphone atau terkendala budget atau hanya mementingkan fitur utama ponsel seperti menelpon dan SMS namun tetap ingin menggunakan ponsel jenis smartphone.

Saya pribadi lebih condong untuk menyarankan membeli handphone yang agak lebih mahal sedikit jika ada budget seperti Meizu M6 yang menyajikan performa jauh lebih cepat dibandingkan Nokia 1 padahal beda harganya tidak terlalu jauh.

Kelebihan

Murah
Speaker kencang
Kualitas material ponsel cukup baik

Kekurangan

Performa lambat
Kualitas kamera kurang memuaskan

Leave a Comment