Smartphone

OPPO F9 vs OPPO Find X. Mana HP Kamera Selfie 25 MP Terbaik?

OPPO F9 vs OPPO Find X Header

Gadgetren – Meskipun OPPO F9 akan diluncurkan di Indonesia pada tanggal 23 Agustus 2018 mendatang, namun pihak OPPO sendiri telah merilisnya secara resmi di Vietnam pada tanggal 15 Agustus 2018.

Dengan kata lain spesifikasi hardware dan desain yang dibawa OPPO F9 telah terungkap ke publik. Terlihat smartphone buatan OPPO satu ini menggunakan layar penuh dengan bezel tipis dan poni atau notch lebih kecil dibandingkan generasi sebelumnya.

Selain itu, ternyata banyak orang yang penasaran mengenai perbandingan antara OPPO F9 vs Find X. Untuk itu, bagi kamu yang ingin mengetahui informasi lebih lengkap mengenai kedua smartphone ini maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini.

OPPO F9 vs OPPO Find X

Layar

Sebagai smartphone terbaru, F9 ini telah dibekali dengan layar IPS 6,3 inci yang beresolusi Full HD+ (2.340 x 1.080 piksel), dilindungi kaca anti gores Corning Gorilla Glass 6, dan beraspek rasio 19,5:9 yang memenuhi bagian depan.

Poni atau notch dari smartphone ini menjadi lebih kecil dibandingkan generasi berikutnya. Poninya sendiri dinamakan dengan Waterdrop screen oleh pihak OPPO karena memiliki bentuk seperti tetesan air.

Selanjutnya OPPO Find X sama sekali tidak memiliki poni atau notch sehingga memiliki layar 6,42 inci dengan resolusi Full HD+ (2.340 x 1.080 piksel), lengkungan di kiri maupun kanan, dilindungi kaca anti gores Corning Gorilla Glass 5, berteknologi AMOLED, dan beraspek rasio 19,5:9 yang memenuhi bagian depannya. Terlihat layar Find X lebih unggul dari F9.

Spesifikasi Hardware

Sebagai smartphone kelas atas, OPPO Find X telah diotaki oleh chipset Qualcomm Snapdragon 845 Octa-core yang memiliki performa sangat kencang berkat teknologi proses 10nm. RAM 8 GB dan storage internal dengan pilihan 128 GB atau 256 GB pun menemani chipset tersebut.

Dengan kata lain chipset Find X ini mampu mengalahkan F9 yang menggunakan MediaTek Helio P60 dengan sangat telak. Bahkan F9 sendiri hanya hadir dengan RAM yang memiliki pilihan 4 GB atau 6 GB dan storage internal 64 GB.

Kamera

Dari sektor kamera pun, OPPO Find X memenangkan pertarungannya dengan F9. Hal ini terbukti dari penggunaan dua kamera belakang 16 MP + 20 MP dan kamera depan 25 MP pada Find X yang bisa keluar masuk.

Sementara F9 menggunakan dua kamera belakang 16 MP + 2 MP dan kamera depan 25 MP. Memang sudah terlihat jelas bahwa kamera dari smartphone kelas menengah ini tidak akan mampu mengalahkan kelas atas.

Baterai

OPPO F9 dibekali dengan baterai berkapasitas 3400 mAh berfitur VOOC Flash Charge yang diklaim mampu melakukan pengisi daya baterai 5 menit dapat digunakan telepon 2 jam. Namun Find X dengan baterai 3730 mAh lebih canggih lagi karena dilengkapi dengan fitur SuperVOOC Flash Charge sehingga dapat mengisi baterai 100% hanya dalam waktu 35 menit saja.

Fitur Lainnya

Keduanya sama-sama dibekali dengan Face Unlock, Bluetooth, GPS, dan ColorOS berbasiskan Android 8.1 Oreo. OPPO Find X menggunakan port USB Type-C, namun tidak memilik port jack audio 3,5mm maupun sensor fingerprint. Sementara OPPO F9 dilengkapi dengan port microUSB, sensor fingerprint, dan port jack audio 3,5mm.

Harga

OPPO Find X sendiri dibanderol dengan harga yang mencapai Rp 13 juta di Indonesia. Sementara OPPO F9 belum hadir di Indonesia, namun harganya sendiri mencapai Rp 4,8 juta ketika dirilis di Vietnam.

Kesimpulan

Apabila dilihat dari spesifikasi hardware, performa, kamera, daya tahan baterai, kecepatan pengisian daya baterai, desain, hingga fitur maka OPPO Find X juaranya. Namun jika dilirik dari sensor fingerprint dan harganya maka OPPO F9 yang memenangkannya.

Tinggalkan Komentar