ASUS TUF Gaming FX507
Berita Smartphone

ASUS Zenfone Max Pro M1 Resmi Dapatkan Android 9 Pie

ASUS Zenfone Max Pro M1 Feature 1280

Gadgetren – Baru-baru ini ASUS secara resmi telah mengumumkan bahwa sudah merilis update Android 9 Pie untuk Zenfone Max Pro M1 secara global, termasuk Indonesia.

Selain pengumuman di forum ZenTalk, ASUS juga telah menyediakan file firmware update untuk ASUS Zenfone Max Pro M1 ZB602KL yang secara resmi dijual di Indonesia. Namun apabila tidak ingin update manual maka Gadgeter yang menggunakan smartphone ini dapat langsung menggunakan update OTA.

Sekilas, OTA (Over-The-Air) merupakan jenis update yang dapat langsung diunduh di smartphone. Setelah update OTA berhasil diunduh maka smartphone secara otomatis akan memberikan notifikasi untuk melakukan proses update.

Bisa dibilang update via OTA ini sangat mudah dilakukan oleh pengguna pemula sekalipun karena biasanya proses update ini jarang gagal dibandingkan dengan menggunakan file firmware yang diatur secara manual.

Untuk update sistem operasi Android 9 Pie yang hadir pada ASUS Zenfone Max Pro M1 ZB602KL ini memiliki nomor versi 16.2017.1905.053 dengan ukuran file yang mencapai 1,53 GB. Hal ini wajar mengingat terjadi upgrade sistem operasi dari Android Oreo ke Android Pie sehingga

Dengan kata lain, Gadgeter yang menggunakan smartphone ini sebaiknya menyisakan sisa kapasitas penyimpanan internal antara 3 GB atau 5 GB untuk menghindari kegagalan dalam proses update.

Selain mendapatkan update keamanan (security patch) bulan Mei 2019, sistem operasi Android 9 Pie ini juga meningkatkan pengaturan grafis hingga HD untuk game PUBG Mobile. Selain itu, update ini juga memperbaiki panggilan telepon yang bermasalah.

Langkah untuk melakukan update via OTA ini sangat mudah, dimana Gadgeter hanya cukup masuk ke menu Settings > System > System updates. Nantinya notifikasi update akan muncul lengkap dengan fitur tambahan atau perbaikan, tanggal update, dan besarnya ukuran file.

Selanjutnya, Gadgeter dapat langsung menekan tombol Download dan biarkan proses berjalan. Setelah file update berhasil diunduh semua maka smartphone akan menanyakan untuk melakukan update dan Gadgeter dapat langsung menekan tombol Yes atau Ya.

Namun apabila notifikasi update tidak muncul maka Gadgeter dapat menunggunya karena update ini dirilis secara global sehingga tidak semua pengguna langsung mendapatkannya dan akan diberikan secara bergiliran. Selamat mencoba.

[Sumber : Forum ZenTalk]

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar