Berita Feature Phone

Cuma Rp 600 Ribuan, Xiaomi Rilis HP 4G Qin 1s yang Dukung VoLTE

Xiaomi Qin 1s Header

Pada Q2 tahun 2018 ini Xiaomi berhasil menduduki peringkat keempat dunia berkat smartphone berspesifikasi hardware menarik, namun harganya terjangkau. Tidak hanya smartphone, ternyata Xiaomi juga baru saja meluncurkan feature phone terbarunya yang bernama Qin 1 dan Qin 1s.

Menurut pihak Xiaomi, Qin merupakan salah satu dinasti kerajaan di Tiongkok yang sangat terkenal. Sebagai sebuah feature phone, Qin 1 dan Qin 1s telah memiliki dimensi yang mencapai 132 mm x 53,8 mm x 8,5 mm.

Kedua feature phone ini sama-sama memiliki layar 2,8 inci dengan resolusi 240 x 320 piksel. Tepat di bawah layarnya terdapat keypad berbentuk candy bar lengkap dengan tombol telepon, arah, angka, huruf, hingga karakter penting.

Xiaomi Qin 1s All

Dukungan dua kartu SIM juga telah hadir pada kedua feature phone buatan Xiaomi ini. Sayangnya Qin 1 tidak dibekali dengan dengan fitur GPS maupun LTE, namun telah mendukung jaringan Wi-Fi dan Bluetooth 4.2.

Sementara Qin 1s telah dilengkapi dengan GPS, WiFi, jaringan 4G-LTE, Bluetooth 4.2, port USB Type-C, dan teknologi VoLTE. Sekilas VoLTE (Voice over LTE) merupakan teknologi yang memungkinkan penggunanya dapat melakukan panggilan telepon menggunakan jaringan 4G-LTE.

Selain itu, kedua feature phone ini telah dilengkapi dengan sistem operasi Nucleus dan baterai berkapasitas 1.480 mAh yang diklaim pihak Xiaomi mampu bertahan selama 15 hari dalam pemakaian normal dalam aktivitas sehari-hari.

Dari sektor hardware, Xiaomi Qin 1 telah dibekali dengan MediaTek MT6269A, RAM 8 MB, dan storage internal 16 MB. Sedangkan Qin 1s memiliki spesifikasi hardware yang lebih tinggi dengan dilengkapi chipset Spreadtrum SC9820 Dual-core berkecepatan 1,2 GHz, RAM 256 MB, dan storage internal 512 MB.

Sayangnya kedua HP Xiaomi ini tidak dibeklai sama sekali dengan kamera di bagian belakang maupun depan. Bahkan port jack audio pun sama sekali tidak hadir sehingga penggunanya tidak bisa mendengarkan musik menggunakan earphone atau headphone.

Meskipun begitu, Qin 1 dan Qin 1s terlihat sangat menarik sebagai sebuah feature phone dari Xiaomi. Apalagi Qin 1s ini telah mendukung jaringan 4G-LTE. Untuk harga Qin 1 mencapai 199 Yuan atau sekitar Rp 420 ribu. Sementara Qin 1s mencapai 299 Yuan atau sekitar Rp 632 ribu.

[Sumber : GSMArena]

Leave a Comment