Berita

Murah! Nokia X5 Resmi Bawa RAM 4 GB dan MediaTek Helio P60

Nokia X5 Header

Hari ini, HMD Global secar resmi meluncurkan smartphone Android terbarunya yang bernama Nokia X5 (Nokia 5.1 Plus). Perangkat yang satu ini membawa notch atau poni pada bagian atas layarnya.

Mengikuti tren saat ini, Nokia X5 dibekali dengan layar 5,86 inci yang beresolusi HD+ (1.520 x 720 piksel), dilindungi kaca lengkung 2.5D, dan beraspek rasio 19:9 yang memenuhi bagian depannya. Bahkan bezel layarnya semakin tipis berkat rasio screen-to-body yang mencapai 84%.

Sensor fingerprint disematkan pada bagian belakang karena layarnya memenuhi bagian depan. Selain itu, bodi bagian belakangnya juga dilindungi oleh kaca sehingga terlihat mewah secara kasat mata apabila terkena pantulan cahaya.

Sebagai smartphone kelas menengah, HMD Global mempercayakan dapur pacu smartphone ini pada MediaTek Helio P60 Octa-core dengan teknologi proses 12nm yang hemat dalam mengonsumsi daya baterai, namun memiliki performa yang bertenaga.

Untuk mengimbangi kemampuan chipset tersebut, Nokia X5 memiliki dua varian yang terdiri dari RAM 3 GB + storage internal 32 GB dan RAM 4 GB + storage internal 64 GB. Keduanya juga dapat ditambahkan microSD.

Bisa dibilang kombinasi hardware ini mampu membuat Nokia X5 memainkan game dengan grafis yang tinggi. Saya sendiri pernah mencoba memainkan game dengan grafis tinggi pada OPPO F7 yang menggunakan Helio P60 dan hasilnya game dapat berjalan dengan lancar.

Soal urusan fotografi, perangkat yang satu ini telah dibekali dengan dua kamera belakang 13 MP + 5MP yang dapat menghasilkan foto bokeh (background blur) dengan instan dan rapi. Sementara kamera depannya memiliki resolusi 8 MP dengan aperture f/2.2 dan sudut pandang hingga 80 derajat yang dapat menghasilkan foto selfie atau wefie dengan area yang luas.

Baterai berkapasitas 3060 mAh juga telah dibenamkan dalam smartphone yang satu ini. Nokia X5 sendiri telah menggunakan sistem operasi Android 8.1 Oreo yang diklaim oleh HMD Global akan langsung mendapatkan Android P apabila versi stabilnya telah rilis di dunia.

Tak ketinggalan, dukungan jaringan 4G-LTE, WiFi, Bluetooth, dan GPS telah hadir di dalamnya. Untuk harga Nokia X5 mencapai 999 Yuan atau sekitar Rp 2,1 juta pada varian RAM 3 GB + ROM 32 GB dan 1.399 Yuan atau sekitar Rp 3 juta pada varian RAM 4 GB + ROM 64 GB.

Dengan harga terjangkau seperti ini, kemungkinan besar Nokia X5 akan laku di Indonesia mengingat spesifikasi hardware yang ditawarkan sangat menarik. Sayangnya pihak HMD Global belum mengumumkan apakah akan hadir di Indonesia atu tidak.

[Sumber : Gizmochina]

Tinggalkan Komentar