Smartphone

Xiaomi Redmi 6 Pro vs Redmi 6. Manakah Smartphone RAM 4 GB Terbaik?

Xiaomi Redmi 6 Pro vs Redmi 6 Header

Gadgetren – Dalam kategori smartphone murah, bisa dibilang Xiaomi merupakan rajanya karena mampu menawarkan smartphone dengan harga yang murah, namun memiliki spesifikasi hardware yang menarik.

Baru-baru ini Xiaomi secara resmi telah meluncurkan dua smartphone Redmi generasi terbaru atau keenamnya yang terdiri dari Redmi 6 dan Redmi 6 Pro. Di antara keduanya, Xiaomi Redmi 6 Pro memiliki spesifikasi hardware yang lebih tinggi.

Bahkan Xiaomi pun tidak menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon pada Xiaomi Redmi 6, melainkan MediaTek Helio P22 Octa-core. Nah, bagi Gadgeter yang penasaran dengan perbandingan antara Redmi 6 dan Redmi 6 Pro maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini.

Xiaomi Redmi 6 Pro vs Redmi 6

Layar

Xiaomi Redmi 6 Pro telah dibekali dengan layar 5,84 inci yang beresolusi Full HD+ (2.280 x 1.080 piksel), berteknologi IPS, dan beraspek rasio 19:9 yang memenuhi bagian depan. Sementara Xiaomi Redmi 6 telah dilengkapi dengan layar 5,45 inci yang beresolusi HD+ (1.440 x 720 piksel), berteknologi IPS, dan beraspek rasio 18:9 yang memenuhi bagian depan.

Selain itu, Xiaomi Redmi 6 Pro memiliki poni atau notch di bagian atasnya untuk menyimpan kamera depan, lubang suara, dan sensor. Dalam hal resolusi dan ketipisan bezel, bisa dibilang Redmi 6 Pro memenangkan pertandingan ini.

Spesifikasi Hardware

Xiaomi Redmi 6 Pro dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 625 Octa-core berkecepatan 2 GHz, RAM dengan pilihan 3 GB atau 4 GB, dan storage internal dengan pilihan 32 GB atau 64 GB. Sementara Xiaomi Redmi 6 dibekali dengan chipset MediaTek Helio P22 Octa-core 2 GHz, RAM dengan pilihan 3 GB atau 4 GB, dan storage internal dengan pilihan 32 GB atau 64 GB.

Keduanya sama – sama telah dapat ditambahkan microSD. Namun dalam hal performa, Xiaomi Redmi 6 Pro lebih unggul dibandingkan dengan Redmi 6 yang menggunakan chipset entry-level dari MediaTek.

Kamera

Kedua smartphone ini sama-sama telah dibekali dengan dua kamera belakang 12 MP + 5 MP dan LED Flash yang dapat menghasilkan foto bokeh (background blur) dengan cepat dan instan. Sementara kamera depannya memiliki resolusi 5 MP yang sudah dapat mengakomodasi foto selfie atau wefie dengan baik.

Baterai

Xiaomi Redmi 6 Pro telah dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4000 mAh yang dapat diklaim oleh pihak Xiaomi dapat bertahan lama berkat kombinasinya dengan Snapdragon 625. Sementara Redmi 6 dibekali dengan baterai 3000 mAh yang daya tahan baterainya cukup baik. Namun dalam urusan daya tahan baterai maka Xiaomi Redmi 6 Pro merupakan juaranya.

Fitur Lainnya

Xiaomi Redmi 6 Pro dan Redmi 6 sama-sama telah dilengkapi dengan port microUSB 2.0, sensor fingerprint di bagian belakang, Bluetooth, GPS, dan MIUI 9 berbasiskan Android Oreo telah hadir di dalamnya.

Harga

Xiaomi Redmi 6 Pro dijual dengan harga yang mencapai 999 Yuan atau sekitar Rp 2,1 juta untuk varian RAM 3 GB + ROM 32 GB, 1199 Yuan atau sekitar Rp 2,5 juta untuk varian RAM 4 GB + ROM 32 GB, dan 1299 Yuan atau sekitar Rp 2,8 juta untuk varian RAM 4 GB + ROM 64 GB.

Xiaomi Redmi 6 sendiri dibanderol dengan harga yang mencapai 799 Yuan atau sekitar Rp 1,7 juta untuk varian RAM 3 GB + ROM 32 GB dan 999 Yuan atau sekitar Rp 2,1 juta untuk varian RAM 4 GB + ROM 64 GB.

Kesimpulan

Apabila dilihat dari desain, layar, spesifikasi hardware, performa, dan daya tahan baterai maka Xiaomi Redmi 6 Pro juaranya. Namun apabila dari harga yang ditawarkan maka Xiaomi Redmi 6 bisa menjadi pilihan.

Leave a Comment