ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Smartphone

Xiaomi Redmi 6 Pro vs Redmi 6. Manakah Smartphone RAM 4 GB Terbaik?

Xiaomi Redmi 6 Pro vs Redmi 6 Header

Gadgetren – Dalam kategori smartphone murah, bisa dibilang Xiaomi merupakan rajanya karena mampu menawarkan smartphone dengan harga yang murah, namun memiliki spesifikasi hardware yang menarik.

Baru-baru ini Xiaomi secara resmi telah meluncurkan dua smartphone Redmi generasi terbaru atau keenamnya yang terdiri dari Redmi 6 dan Redmi 6 Pro. Di antara keduanya, Xiaomi Redmi 6 Pro memiliki spesifikasi hardware yang lebih tinggi.

Bahkan Xiaomi pun tidak menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon pada Xiaomi Redmi 6, melainkan MediaTek Helio P22 Octa-core. Nah, bagi Gadgeter yang penasaran dengan perbandingan antara Redmi 6 dan Redmi 6 Pro maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini.

Xiaomi Redmi 6 Pro vs Redmi 6

Layar

Xiaomi Redmi 6 Pro telah dibekali dengan layar 5,84 inci yang beresolusi Full HD+ (2.280 x 1.080 piksel), berteknologi IPS, dan beraspek rasio 19:9 yang memenuhi bagian depan. Sementara Xiaomi Redmi 6 telah dilengkapi dengan layar 5,45 inci yang beresolusi HD+ (1.440 x 720 piksel), berteknologi IPS, dan beraspek rasio 18:9 yang memenuhi bagian depan.

Selain itu, Xiaomi Redmi 6 Pro memiliki poni atau notch di bagian atasnya untuk menyimpan kamera depan, lubang suara, dan sensor. Dalam hal resolusi dan ketipisan bezel, bisa dibilang Redmi 6 Pro memenangkan pertandingan ini.

Spesifikasi Hardware

Xiaomi Redmi 6 Pro dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 625 Octa-core berkecepatan 2 GHz, RAM dengan pilihan 3 GB atau 4 GB, dan storage internal dengan pilihan 32 GB atau 64 GB. Sementara Xiaomi Redmi 6 dibekali dengan chipset MediaTek Helio P22 Octa-core 2 GHz, RAM dengan pilihan 3 GB atau 4 GB, dan storage internal dengan pilihan 32 GB atau 64 GB.

Keduanya sama – sama telah dapat ditambahkan microSD. Namun dalam hal performa, Xiaomi Redmi 6 Pro lebih unggul dibandingkan dengan Redmi 6 yang menggunakan chipset entry-level dari MediaTek.

Kamera

Kedua smartphone ini sama-sama telah dibekali dengan dua kamera belakang 12 MP + 5 MP dan LED Flash yang dapat menghasilkan foto bokeh (background blur) dengan cepat dan instan. Sementara kamera depannya memiliki resolusi 5 MP yang sudah dapat mengakomodasi foto selfie atau wefie dengan baik.

Baterai

Xiaomi Redmi 6 Pro telah dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4000 mAh yang dapat diklaim oleh pihak Xiaomi dapat bertahan lama berkat kombinasinya dengan Snapdragon 625. Sementara Redmi 6 dibekali dengan baterai 3000 mAh yang daya tahan baterainya cukup baik. Namun dalam urusan daya tahan baterai maka Xiaomi Redmi 6 Pro merupakan juaranya.

Fitur Lainnya

Xiaomi Redmi 6 Pro dan Redmi 6 sama-sama telah dilengkapi dengan port microUSB 2.0, sensor fingerprint di bagian belakang, Bluetooth, GPS, dan MIUI 9 berbasiskan Android Oreo telah hadir di dalamnya.

Harga

Xiaomi Redmi 6 Pro dijual dengan harga yang mencapai 999 Yuan atau sekitar Rp 2,1 juta untuk varian RAM 3 GB + ROM 32 GB, 1199 Yuan atau sekitar Rp 2,5 juta untuk varian RAM 4 GB + ROM 32 GB, dan 1299 Yuan atau sekitar Rp 2,8 juta untuk varian RAM 4 GB + ROM 64 GB.

Xiaomi Redmi 6 sendiri dibanderol dengan harga yang mencapai 799 Yuan atau sekitar Rp 1,7 juta untuk varian RAM 3 GB + ROM 32 GB dan 999 Yuan atau sekitar Rp 2,1 juta untuk varian RAM 4 GB + ROM 64 GB.

Kesimpulan

Apabila dilihat dari desain, layar, spesifikasi hardware, performa, dan daya tahan baterai maka Xiaomi Redmi 6 Pro juaranya. Namun apabila dari harga yang ditawarkan maka Xiaomi Redmi 6 bisa menjadi pilihan.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar