Smartphone

Samsung Galaxy Note FE vs Galaxy Note 8. Manakah Smartphone Flagship Terbaik?

Samsung Galaxy Note FE vs Galaxy Note 8 Header

Gadgetren – Sebagai vendor nomor satu dunia, Samsung memiliki smartphone flagship mutlfungsi dan serbaguna yang hadir dalam keluarga Galaxy Note.

Biasanya keluarga ini dari generasi ke generasi memiliki penambahan fitur yang semakin menarik dan membawa S-Pen yang multifungsi. Sementara itu, Samsung sendiri telah meluncurkan smartphone flagship terbarunya dengan nama Galaxy Note 8.

Selain memiliki S-Pen dengan fungsi yang lebih lengkap dan mengalami peningkatan, desain layar penuh Infinity Display dan dua kamera utama yang dapat menghasilkan bokeh (background blur) dengan instan menjadi nilai tambah utamanya.

Sementara itu, pada tahun 2017 sendiri muncul smartphone Galaxy Note lainnya dengan nama Galaxy Note FE (Fan Edition). Bisa dibilang smartphone yang satu ini merupakan perbaikan dari Galaxy Note 7 yang mengalami musibah ledakan di berbagai negara karena baterainya yang labil.

Untuk itulah, Galaxy Note FE menjadi perbaikan dari Galaxy Note 7 dengan baterai yang memiliki kapasitas sedikit lebih kecil dan memiliki keamanan pada sistem panasnya sehingga tidak akan mudah meledak.

Menariknya, banyak orang yang bertanya-tanya mengenai perbandingan antara Samsung Galaxy Note FE vs Galaxy Note 8. Untuk itu, Gadgeter dapat melihat informasinya sebagai berikut ini yang wajib diketahui.

Samsung Galaxy Note FE vs Galaxy Note 8

Layar

Samsung Galaxy Note FE masih menggunakan layar standar 5,7 inci dengan resolusi Quad HD (2.560 x 1.440 piksel), berteknologi Super AMOLED, dan dilindungi kaca anti gores Corning Gorilla Glass 5. Sedangkan Galaxy Note 8 hadir dengan layar penuh Infinity Display 6,3 inci dengan resolusi Quad HD+ (2.960 x 1.440 piksel), berteknologi Super AMOLED, melengkung di kedua sisinya, dilindungi Corning Gorilla Glass 5, dan beraspek rasio 18:9 yang memenuhi bagian depannya.

Layar merupakan satu hal yang menjadi jagoan dari Galaxy Note 8 sehingga sangat jelas sekali siapa juaranya. Walaupun Note FE sendiri memiliki layar yang tidak boleh diremehkan karena juga sudah menawarkan resolusi QHD yang belum tentu ditemukan pada smartphone lain.

Baca Juga: Adu jago antara iPhone X dengan Samsung Galaxy Note 8

Spesifikasi Hardware

Galaxy Note FE menggunakan chipset Exynos 8890 Octa-core berkecepatan 2,3 GHz, RAM 4 GB, dan storage internal 64 GB yang dapat ditambahkan microSD. Sedangkan Galaxy Note 8 memiliki chipset Exynos 8895 Octa-core berkecepatan 2,3 GHz atau Qualcomm SNapdragon 835 Octa-core berkecepatan 2,35 GHz, RAM 6 GB, dan storage internal dengan pilihan 64 GB, 128 GB, atau 256 GB yang dapat ditambahkan microSD.

Kamera

Galaxy Note FE hanya dibekali satu kamera utama beresolusi 12 MP dual-pixel dan kamera depan beresolusi 5 MP yang dapat menghasilkan foto dengan bagus. Sedangkan Galaxy Note 8 dilengkapi dengan dua kamera utama 12 MP + 12 MP dan kamera depan 8 MP yang dapat menghasilkan foto lebih bagus lagi. Galaxy Note 8 merupakan salah satu smartphone dengan kamera terbaik di tahun 2017.

Baterai

Untuk Galaxy Note FE telah dibekali dengan baterai berkapasitas 3.200 mAh yang berteknologi Lithium Ion. Sementara Galaxy Note 8 telah dilengkapi denganbaterai berkapasitas 3.300 mAh yang berteknologi Lithium Ion. Keduanya memiliki baterai dengan daya tahan yang hampir sama, namun yang pastinya akan tahan cukup lama digunakan seharian.

Fitur Lainnya

Kedua smartphone ini sama-sama dibekali dengan NFC, dukungan dua kartu SIM dengan jaringan 4G-LTE, GPS, BLuetooth, WiFi, port USB Typ-C, port jack audio 3,5 mm, fast charging, iris scanner, sensor fingerprint, tahan air, tahan debu, Samsung Pay, dan Android 7.1.1 Nougat. Namun Galaxy Note 8 memiliki asisten virtual Bixby dan Samsung DeX.

Baca Juga: Manakah yang jadi juara di antara Samsung Galaxy S8 dengan OPPO F5?

Harga

Galaxy Note FE sendiri dijual resmi di Indonesia dengan harga yang mencapai Rp 8,5 juta. Sedangkan Galaxy Note 8 mempunyai harga resmi di Indonesia yang mencapai Rp 13 juta untuk varian dengan storage internal 64 GB. Perbedaan harga yang terpaut cukup jauh sehingga ini bisa menjadi pertimbangan utama.

Kesimpulan

Apabila dilihat dari layar, spesifikasi hardware, performa, daya tahan baterai, kamera utama, kamera belakang, dan fitur maka jelas sekali Galaxy Note 8 jauh lebih unggul. Namun jika dibandingkan dengan harganya tentu saja Galaxy Note FE bisa menjadi pilihan karena spesifikasi hardware yang dibawanya juga menarik.

Satu hal yang perlu diperhatikan, Note 7 yang merupakan saudara dari Note FE memiliki masalah yang sangat fatal di baterai. Jadi ini tentu saja perlu diperhatikan juga dan menjadi pertimbangan kalau kamu ingin membelinya.

Tinggalkan Komentar