ASUS TUF Gaming FX507
Berita Smartphone

Cuma Rp 1 Jutaan, Smartphone Android Go ini Punya Layar Penuh dan Kamera 8 MP

Pada ajang Mobile World Congress 2018 lalu, Alcatel secara resmi telah memperkenalkan smartphone Android Go pertamanya yang bernama Alcatel 1.

Menariknya, baru-baru ini Alcatel secara resmi mengumumkan bahwa smartphone tersebut akan dijual mulai bulan Juli 2018. Sebagai smartphone Android Go, Alcatel 1 sendiri telah dilengkapi dengan layar 5 inci yang mempunyai resolusi qHD+ (960 x 480 piksel) dan beraspek rasio 18:9 yang memenuhi bagian depannya.

Untuk menekan harganya menjadi murah, Alcatel tidak menyematkan sensor fingerprint pada perangkat tersebut. Namun tetap saja menarik ketika Alcatel mencoba menghadirkan smartphone Android Go dengan layar penuh.

Dari sektor hardware, Alcatel 1 telah dilengkapi dengan chipset MediaTek MT6739 Quad-core berkecepatan 1,28 GHz, RAM 1 GB, dan storage internal 8 GB yang dapat ditambahkan microSD hingga kapasitas 32 GB.

Bisa dibilang pemilihan sistem operasi Android 8.1 Oreo (Go Edition) ini sudah tepat karena dapat mengoptimalkan kinerja dari kombinasi hardware yang diberikan oleh Alcatel. Selain itu, sistem operasi ini juga hemat dalam mengonsumsi RAM maupun storage internal.

Untuk itu, Google pun meluncurkan aplikasi Go (versi Lite) yang terdiri dari Google Go, YouTube Go, Google Maps Go, Gmail Go, Files Go, dan masih banyak lagi. Bisa dibilang semua aplikasi Go ini tidak banyak memakan kapasitas penyimpanan internal maupun RAM sehingga dapat menjalankan Alcatel 1 dengan lancar.

Dari sektor kamera, Alcatel 1 telah dibekali dengan kamera belakang 8 MP dan LED Flash yang dapat menghasilkan foto cukup baik. Sementara kamera depannya memiliki resolusi 5 MP yang sudah lumayan untuk video call atau foto selfie.

Baterai berkapasitas 2000 mAh juga dipercaya menjadi pusat energi kehidupan dari smartphone ini yang dikaim pihak Alcatel dapat bertahan selama 8 jam dalam pemakaian normal menggunakan jaringan 4G.

Sementara pengisian daya baterainya bisa dibilang cukup lama memakan waktu mencapai 3 jam 24 menit. Beberapa fitur menarik yang dihadirkan pada Alcatel 1 terdiri dari Social Square, Instan Collage, One-Handed Mode, dan Photo Booth.

Tak ketinggalan, dukungan Bluetooth 4.2, port microUSB, GPS, Wi-Fi, dan jaringan 4G-LTE telah hadir di dalamnya. Untuk harganya sendiri mencapai US$89 atau sekitar Rp 1,2 juta. Sementara pilihan warnanya terdiri dari Metallic Gold, Metallic Black, dan Metallic Blue.

[Sumber : Gizmochina]

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar