ASUS Zenbook DUO UX8406
Tips dan Trik

Cara Membuat Video Gerak Cepat di Instagram

Cara Membuat Video Gerak Cepat di Instagram Header

Gadgetren – Kini Instagram telah menjelma menjadi jejaring sosial yang banyak diminati oleh orang banyak karena memiliki beragam fitur yang menarik.

Sebenarnya fitur utama dari Instagram sendiri sebagai jejaring sosial berbagi foto antar penggunanya untuk mengabadikan momen tertentu. Fotonya pun dapat ditambah menjadi menarik lagi dengan efek dan filter yang dihadirkan dalam aplikasi ini.

Tidak hanya foto, penggunanya pun dapat mengunggah atau upload video pada timeline di Instagram sehingga terasa lebih hidup. Namun sebagai orang masih penasaran mengenai cara untuk membuat video gerak cepat di Instagram.

Video gerak cepat ini sendiri dikenal dengan istilah Time-Lapse. Bisa dibilang Time-Lapse ini merupakan teknik yang biasanya digunakan untuk mengambil video dari adegan per adegan dan hasilnya dipercepat berkali-kali lipat.

Biasanya teknik Time-Lapse ini digunakan untuk mempercepat gerakan suatu objek yang aslinya lambat, seperti awan, gerakan air di danau, dan masih banyak lagi. Namun efek sampingnya membuat objek yang bergerak normal akan terasa cepat.

Sayangnya di aplikasi Instagram sendiri belum ada fitur untuk membuat video bergerak atau Instagram. Namun Instagram sendiri telah mengembangkan aplikasi yang bernama Hyperlapse baru untuk perangkat iOS.

Nah, bagi Gadgeter yang menggunakan smartphone Android dan ingin merasakan dalam membuat video bergerak cepat di Instagram maka dapat mencoba untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga sebagai berikut ini.

Cara Membuat Video Gerak Cepat di Instagram

  1. Pertama, Gadgeter dapat mengunduh dan menginstal Microsoft Hyperlapse Mobile
  2. Setelah terinstal maka Gadgeter dapat membuka aplikasi
  3. Nantinya Gadgeter akan dihadapkan pada menu utama Record dan Import
  4. Untuk mulai merekam, Gadgeter dapat memilih menu Record
  5. Pada halaman Record, Gadgeter dapat menekan tombol rekam dengan lambang bulat berwarna merah
  6. Setelah mulai merekam maka Gadgeter akan melihat bahwa Hyperlapse atau Time-lapse sudah diatur ke kecepatan 4 kali lipat lebih cepat
    Hyperlapse Rekam
  7. Dengan kata lain apabila Gadgeter mengambil video normal 20 detik maka time-lapse akan membuatnya menjadi 5 detik karena kecepatannya 4 kali lipat
  8. Setelah Gadgeter merasa sudah cukup mengambil video maka dapat menghentikannya dengan menekan tombol berhenti dengan lambang kotak putih di dalam lingkaran merah
  9. Setelah beres maka Gadgeter akan dihadapkan pada Preview video yang sudah diambil. Bahkan Gadgeter dapat mengubah kecepatannya menjadi 1 kali lipat hingga 32 kali lipat
    Hyperlapse 32x
  10. Setelah selesai menentukan kecepatan sesuai selera maka Gadgeter dapat langsung menekan tombol selesai yang berlambang checklist
  11. Setelah video disimpan oleh aplikasi maka Gadgeter akan dihadapakan pada menu Share, New Speed, dan New Video
    Hyperlapse Share
  12. Apabila Gadgeter ingin membagikan langsung ke Instagram maka dapat memilih menu Share dan langsung memiliki Feed Instagram atau bisa juga Stories Instagram

Bisa dibilang dengan menggunakan menggunakan aplikasi Microsoft Hyperlapse Mobile akan memudahkan Gadgeter dapat membuat video gerak cepat atau Time-lapse di Instagram.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar