Berita Smartphone

Kalahkan iPhone X! Xiaomi Mi 8 Masuk 5 Besar Smartphone dengan Kamera Terbaik di Dunia

iPhone X Header

Pada tanggal 31 Mei 2018 silam, Xiaomi secara resmi meluncurkan smartphone flagship terbarunya yang bernama Mi 8.

Selain performanya yang mumpuni, Xiaomi Mi 8 ini berhasil masuk ke peringkat kelima sebagai smartphone dengan kamera terbaik di dunia. Dengan kata lain, Mi 8 juga menjadi smartphone dengan kamera terbaik yang paling murah saat ini.

Sekilas, Xiaomi Mi 8 dilengkapi dengan dua kamera belakang yang memiliki kombinasi kamera primer 12 MP dengan aperture f/1.8, 4-axis OIS, dual-pixel PDAF, lensa wide-angle + 12 MP dengan aperture f/2.4, lensa telephoto, 2x optical zoom, dual-pixel PDAF, dan dual-LED Flash yang dapat menghasilkan foto dengan bagus.

Bahkan kamera belakang Mi 8 sendiri mampu menghasilkan foto bokeh (background blur) dengan instan dan rapi. Sementara kamera depannya memiliki resolusi 20 MP dengan aperture f/2.0 yang dapat memanjakan pencinta selfie.

Skor DXOmark Xiaomi Mi 8

Berkat hadirnya kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) pada Mi 8 sehingga dapat membantuk kamera belakang dan depannya menghasilkan foto dengan kualitas yang maksimal berkat penyesuaian lingkungan secara pintar.

Untuk membuktikan kemampuan kameranya, DxOMark pun mencoba melakukan uji coba dengan menghasilkan 1500 foto yang akan dianalisis hasilnya. Bisa dibilang pengujiannya sendiri dilakukan di lab khusus buat DxOMark dengan protokol dan parameter yang ketat agar hasilnya objektif.

Setelah dilakukan serangkaian tes kamera yang panjang, akhirnya Xiaomi Mi 8 secara resmi mendapatkan skor total DxOMark yang mencapai 99 poin dengan skor foto yang mencapai 105 poin dan skor video yang mencapai 88 poin.

Dengan kata lain, kamera yang dimiliki oleh DxOMark ini mampu bersaing dengan smartphone flagship buatan vendor lainnya yang bisa dibilang mahal. Beberapa parameter yang diambil untuk skor foto dan video ini terdiri dari Exposure & Contrast, Color, Autofocus, Texture, Noise Artifacts, Flash, Zoom, Stabilization, dan Bokeh.

Mengejutkanya, Xiaomi Mi 8 yang berada di peringkat 5 smartphone dengan kamera terbaik dunia ini mampu mengungguli Apple iPhone X yang memiliki skor total DxOMark 97 poin dan Google Pixel 2 yang mempunyai skor total 97 poin.

Bahkan skor hasil foto Xiaomi Mi 8 mampu mengalahkan Apple iPhone X dengan 101 poin dan Google Pixel 2 dengan 96 poin. Namun, skor hasil video dari Mi 8 ini masih kalah dibandingkan dengan iPhone X yang memiliki 88 poin dan Google Pixel 2 yang mempunyai 96 poin.

Dengan kata lain, Xiaomi berhasil menciptakan smartphone flagship dengan harga terjangkau yang memiliki spesifikasi hardware dan kamera mumpuni. Nah, kira-kira apakah ada yang mampu menandingi kamera Mi 8 apabila dilihat dari harga yang ditawarkan.

[Sumber : Gizmochina]

Leave a Comment