ASUS TUF Gaming FX507
Berita

Acer Spin 3 dan 5 Menjadi Laptop Pertama Dengan Alexa Di Dalamnya

Acer Spin 5 Header
Gadgetren – Kehadiran asisten virtual di perangkat pintar kita semakin lama semakin tidak bisa dihindarkan lagi.

Jika mendengar kata Virtual Assistant mungkin kamu akan langsung terbayang dengan Google Assistant atau Siri karena sudah sangat besar dan bisa ditemukan pada perangkat smartphone masa kini. Namun tahukah kamu ada satu asisten virtual yang tidak kalah canggihnya, bahkan punya dukungan layanan pihak ketiga lebih banyak dari keduanya?

Alexa merupakan asisten virtual besutan perusahaan ecommerce terbesar saat ini, Amazon, yang dapat terhubung dengan ribuan layanan baik itu makanan hingga transportasi. Untuk saat ini Alexa masih terfokus pada wilayah Amerika Serikat layaknya Siri sehingga untuk pengguna Indonesia akan memiliki fungsi terbatas.

Awalnya Amazon Alexa hanya bisa digunakan pada smart speaker Echo saja, namun belakangan ini sudah mulai merambah ke perangkat pintar lainnya termasuk smartphone. Amazon sepertinya tidak ingin berhenti di situ saja karena pada waktu berdekatan ini Alexa akan hadir pada perangkat laptop sekalipun.

Acer digadang sebagai vendor laptop pertama yang memboyong Alexa ke produk mereka. Melalui Acer Spin 3 dan Spin 5, kamu nantinya dapat menggunakan segala fitur Alexa layaknya saat menggunakan smart speaker Echo. Seluruh perintah tersebut dapat dilakukan langsung dari Windows 10.

Munculnya Alexa di laptop bisa  dibilang tidak mengejutkan karena belakangan ini Amazon dengan Microsoft telah mengumumkan kerja sama antara kedua virtual assistant mereka, yakni Cortana dan Amazon. Nantinya kamu dapat berganti asisten sesuai dengan perintah apa yang dibutuhkan.

Kedua laptop Acer sendiri juga mengalami peningkatan spesifikasi. Acer Spin 3 akan menggunakan prosesor Intel Core i3 atau Core i5 generasi ke-8 sedangkan Spin 5 dilengkapi Core i5 atau Core i7. Untuk yang Spin 5 akan tersedia varian tambahan dengan kartu grafis NVIDIA GeForce GTX 1050.

Soal mikrofon, keduanya akan menggunakan teknologi Intel Smart Sound yang mampu menangani audio, suara, dan interaksi percakapan. Spin 3 akan disemati dua buah mikrofon jarak dekat, namun Spin 5 akan dilengkapi empat buah mikrofon jarak jauh sehingga kamu dapat menggunakannya seperti smart speaker.

Dengan begitu kamu akan mendapatkan pengalaman yang sama saat menggunakan Amazon Alexa melalui perangkat laptop maupun smart speaker. Seluruh fitur maupun layanan dipastikan akan berfungsi serupa tanpa perbedaan satu pun.

[Sumber: Techradar]

Tentang penulis

Fauzi Rasyad

Editor Gadgetren yang telah berkecimpung sebagai penulis seputar teknologi sejak tahun 2015. Dunia komputer hingga smartphone sudah cukup lama ia geluti karena memang tertarik melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun.

Tinggalkan Komentar