Review

Review Acer Aspire 5 A515-41G – Desain Premium dengan Performa Tinggi AMD A12 dan Radeon RX540

Acer Aspire 5 A515-41G Header

Gadgetren – Mencari laptop yang cocok dengan segala kebutuhan komputasi kita dan tetap punya harga terjangkau pastinya menjadi keinginan semua pengguna.

Acer sebagai salah satu vendor top dalam pasar laptop di Indonesia mempunyai berbagai jejeran produk yang disesuaikan tujuan penggunaan. Namun sesekali muncul sebuah laptop yang berusaha untuk memenuhi segala aspek kebutuhan penggunanya baik itu dari performa, portabilitas, kualitas pembuatan hingga harga.

Aspire 5 A515-41G yang menggunakan AMD A12 dengan grafis Radeon RX 540 sepertinya merupakan produk yang Acer pilih sebagai laptop serba guna. Apakah laptop ini benar-benar bisa menjadi perangkat utama bagi yang tidak menginginkan computer desktop? Berikut review Acer Aspire 5 A515-41G di Indonesia dari tim Gadgetren.

Desain

Acer Aspire 5 A515-41G merupakan laptop berukuran 15,6 inci yang terbilang cukup besar untuk digunakan dalam ruangan kuliah maupun tempat umum lainnya. Bobotnya mencapai 2,2 Kg sehingga kamu akan selalu membutuhkan ransel untuk membawanya. Namun bodinya yang besar terbilang wajar melihat spesifikasi yang ditawarkannya.

Acer Aspire 5 A515-41G Depan

Acer A515 yang saya gunakan ini didominasi oleh warna hitam dengan sedikit aksen perak di beberapa bagian. Laptop ini terlihat sangat premium terasa kokoh walaupun padahal sebagian besar bodinya terbuat dari plastik. Terdapat garis aluminium melapisi sisi pinggiran maupun area touchpad yang membuatnya terlhat semakin cantik.

Acer Aspire 5 A515-41G Garis

Bagian atas penutupnya terdapat logo Acer serta sentuhan garis bergelombang yang memang bukan selera saya, namun memberikan cengkraman tambahan dan tidak membuat bekas jari menempel. Engsel dari Acer A515 juga memungkinkan layar terbuka hingga 180 derajat agar dapat lebih mudah berbagi layar bersama orang lain.

Acer Aspire 5 A515-41G Logo

Soal konektivitas, Acer A515 punya slot yang lengkap untuk masa kini. Terdapat USB 3.1 Type-C, USB 3.0, USB, 2.0, HDMI, SD Card, RJ45 Ethernet, dan audio jack port. Untuk melakukan upgrade pun terbilang mudah karena area HDD dan RAM dapat diakses melalui panel bawah dengan hanya melepaskan pelindung khusus yang ada.

Acer Aspire 5 A515-41G Samping

Acer sepertinya benar-benar memperhatikan sisi desain dari A515 ini karena saya sangat menyukai segala pilihan desain yang dihadirkan. Acer A515 terlihat premium, cantik, kokoh, dan yang tidak kalah pentingnya modernisasi untuk bisa tetap relevan beberapa tahun mendatang.

Layar dan Audio

Untuk ukurannya yang mencapai 15,6 inci, cukup disayangkan kalau Acer Aspire 5 A515-41G masih menawarkan resolusi HD 1366 x 768 piksel. Memang resolusi tersebut sudah menjadi standar laptop dan tidak akan terlalu mengurangi pengalaman penggunaan, namun ketajaman yang diberikan resolusi Full HD 1080p akan membuatnya lebih sempurna secara keseluruhan.

Untungnya layar laptop ini menghasilkan gambar yang berwarna dan jernih sehingga kamu dapat menikmati konten yang ditampilkan dengan baik. Ditambah lagi lapisan matte pada layar semakin menambah kenyaman saat terdapat banyak sumber cahaya di sekitar. Bezel yang mengelilingi setiap sisi layarnya cukup tebal sehingga Acer masih dapat ruang untuk meningkatkan bentang layar para generasi selanjutnya.

Acer Aspire 5 A515-41G Layar

Meski sejauh ini saya sangat menyukai apa yang ditawarkan oleh Acer A515-41G, namun hal yang sama tidak bisa saya katakan terhadap kualitas audio yang dihasilkan dari dua buah speakernya yang terletak di sisi samping kanan dan kiri bawah.

Mendengarkan musik dari Spotify, suara yang dihasilkan terbilang hampa dan setiap instrumen terdengar menumpuk. Saat volume berada pada tingkat maksimal, permukaan area keyboard juga menjadi bergetar yang mungkin akan terasa menggangu sebagian orang. Kualitas audio dari Acer A515-41G mengingatkan saya pada speaker smartphone beberapa tahun lalu.

Walaupun begitu permasalahan ini bisa sangat mudah diatasi dengan menggunakan perangkat audio eksternal. Saya sendiri lebih suka menggunakan headphone dibandingkan speaker saat menggunakan laptop sehingga bukan lah hal yang membuat saya terlalu kecewa. Layar jernih dan berwarna lebih mempengaruhi kenyamanan saat menikmati konten hiburan.

Performa dan Benchmark

Acer Aspire 5 A515-41G mempercayakan APU AMD A12-9720P berasitektur Bristol Ridge berkecepatan hingga 2,7GHz sebagai otaknya. APU ini memiliki total 12 inti dengan 4 Core untuk CPU dan 8 Core untuk GPU integrated Radeon R7 untuk pengolahan grafis ringan. Penggunaan APU ini serta RAM 8GB DDR4 menjamin kinerja mulus untuk digunakan sehari-hari bekerja atau sejenisinya.

Acer A515-41G Speccy

Buat kamu para gamer, Acer A515-41G juga dipersenjatai dengan dedicated GPU Radeon RX 540 2GB GDDR5 untuk memenuhi kebutuhan yang lebih berat. GPU generasi Polaris ini punya performa yang jauh lebih optimal dan cepat dibandingkan generasi sebelumnya. Kombinasi AMD A12 dengan Radeon RX 540 ini terbilang sangat ideal karena punya performa yang mumpuni untuk menjalankan apliaksi masa kini.

Berbicara soal spesifikasi, maka kurang afdol rasanya kalau tidak melakukan benchmark untuk melihat sebesar apa performa yang bisa diharapkan. Untuk itu saya melakukan benchmark menggunakan berbagai aplikasi untuk melihat performa yang diberikan oleh Acer A515-41G dalam kebutuhan yang berbeda-beda.

Acer A515-41G Cine 3DMark

Seperti biasa saya selalu menjalankan aplikasi Cinebench R15 pertama kali untuk mengukur kemampuan prosesor yang dimiliki karena akan berpengaruh ke dalam performa keseharian. Pada tes CPU, AMD A12-9720P dari Acer A515-41G mendapatkan skor 242 mengalahkan Core i5-3317U.

Selanjutnya saya coba melakukan benchmark dengan 3DMark untuk tahu kemampuannya dalam mengelolah grafis maupun komputasi fisik layaknya dalam sebuah game. Pada modus Sky Diver yang menurut saya sesuai dengan kemampuan laptop ini, skor yang diraih cukup tinggi sekitar 8321 dengan rata-rata 32 FPS dalam adegan kombinasi.

Kemudian saya menggunakan PCMark untuk menguji laptop ini dalam benchmark Office yang menjalankan macam-macam aplikasi serta kegiatan yang sering kali dilakukan bekerja. Alhasil Acer A515-41G mampu meraih nilai 3697 dalam PCMark 8 dan 2209 dalam PCMark 10.

Acer Aspire 5 A515-41G Benchmarkss

Skor yang didapatkan oleh Acer A515-41G terbilang cukup lumayan sehingga seharusnya bisa menjalankan aplikasi 3D maupun kantoran dengan secara nyaman.

Gaming

Semakin penasaran dengan kemampuan laptop ini untuk gaming, saya langsung mencoba memainkan beberapa game ternama, yakni Grand Theft Auto V, Pro Evolution Soccer 2018, dan Rise of Tomb Raider. Ketiga game ini memiliki kebutuhan performa yang berbeda beda baik itu lebih mementingkan CPU atau GPU.

Selain itu game tersebut juga punya kualitas grafis yang sangat bagus dan detil sehingga cocok sebagai acuan performa yang dibutuhkan untuk game berat masa kini. Dengan begitu dapat terlihat jenis game seperti apa saja yang mampu dijalankan oleh Acer A515-41G.

Rise of Tomb Raider

Nah dalam percobaan pertama, yakni Rise of Tomb Raider, saya menggunakan pengaturan grafis High dalam resolusi 1280 x 720 piksel.

Acer A515-41G RoTR(klik untuk gambar perbesar)

Hasilnya Acer A515-41G mampu meraih rata-rata 30-40 FPS bahkan tidak jarang bisa mendapatkan 60 FPS untuk adegan tertentu. Terkadang terjadi masalah pop-in maupun tekstur yang telat dimuat saat banyak sekali objek yang harus ditampilkan sehingga membuat FPS mendadak turun sejenak. Namun secara keseluruhan Rise of Tomb Raider dapat berjalan dengan lancar di grafis High sekalipun.

Grand Theft Auto V

Grand Theft Auto V merupakan game yang terkenal akan beban diberikan terhadap prosesor lebih berat dibandingkan pada game umumnya. Sama seperti sebelumnya, pengaturan grafis saya set pada High dengan resolusi 1280 x 720 piksel.

Acer A515-41G GTAV(klik gambar untuk perbesar)

Dalam game ini dapat terlihat kalau AMD A12 sedikit kesulitan untuk menangani beban yang terfokus pada prosesor. Rata-rata FPS yang didapatkan berada pada kisaran 25-30 dan terbilang tidak stabil karena sering naik turun. Maka dari itu untuk bisa menjalankan GTA V dengan lebih lancar maka grafis Medium lebih optimal untuk dipilih.

Pro Evolution Soccer 2018

Untuk game sepak bola yang satu ini, saya menggunakan pengaturan grafis Maksimal dengan resolusi 1280 x 720 piksel karena seharusnya tidak lebih berat dari Rise of Tomb Raider.

Acer A515-41G PES2018(klik gambar untuk perbesar)

Alhasil dengan pengaturan grafis tersebut saya dapat memainkan PES 2018 dengan FPS kisaran 40-50 dari awal pertandingan hingga akhir. Dengan nilai setinggi itu, permainan dapat dinikmati dengan nyaman karena berjalan dengan cukup lancar dan tampilan grafisnya tidak akan membuat kamu kecewa.

Baterai

Daya tahan baterai dalam perangkat laptop sangat lah penting apalagi untuk kelas serba guna seperti Acer Aspire 5 A515-41G ini. Dengan segala spesifikasi yang dimilikinya saya tidak akan mengharapkan daya tahan baterai kelas ultrabook, namun setidaknya dapat tahan melewati kelas perkuliahan atau sebuah acara tertentu.

Dalam keseharian selama menggunakan laptop ini, saya lebih sering melakukan aktivitas seperti browsing dan mengetik sambil mendengarkan musik maupun streaming Youtube. Dengan tingkat kecerahan 50%, Acer A515-41G mampu bertahan sekitar 3 jam 23 menit sebelum mendapatkan peringatan untuk mengisi ulang daya.

Acer A515-41G PCMark8 Batt

Selain itu juga saya mencoba untuk melakukan tes baterai melalui benchmark office di PCMark 8. Hasilnya dapat terlihat kalau laptop dengan AMD A12 dapat menyala selama 3 jam 58 menit. Tidak jauh berbeda dengan perikaraan saya saat menggunakan laptop ini dikeseharian.

Dibandingkan dengan laptop lain di kelasnya, daya tahan yang dimiliki oleh Acer A515-41G berada di atas rata-rata karena biasanya hanya bertahan sekitar 2 hingga 2,5 jam saja. Ini tentu menjadi nilai tambah buat kamu yang berencana untuk sering menggunakan laptop di luar ruangan. Soal pengisian daya, saya harus menunggu sekitar 2 jam 35 menit agar baterai terisi dari kapasitas 11% hingga 100%.

Keyboard dan Touchpad

Acer Aspire 5 A515-41G memiliki desain keyboard penuh termasuk area numpad di samping kanan. Setiap tombol memiliki jarak yang cukup dan tidak memiliki kelenturan tinggi sehingga keyboard tidak menurun saat ditekan. Walaupun bukan pengalaman terbaik, namun keyboard dari laptop ini membuat saya cukup betah mengetik dalam waktu lama.

Satu hal yang saya tidak sukai dari susunan keyboard ini adalah letak tombol power yang berada pada pojok kanan atas berdekatan dengan tombol lainnya. Hal ini membuat saya harus berhati-hati karena terkadang tidak sengaja terpencet yang malah menyebabkan laptop mati. Entah kenapa beberapa vendor sering kali meletakan tombol power di sana untuk beberapa produk mereka.

Acer Aspire 5 A515-41G Keyboard

Beralih dari keyboard, touchpad Acer A515-41G sebagai pengendali cursor utama mempunyai area yang besar sehingga kamu dapat leluasa menggerakan jari tanpa khawatir kehabisan tempat saat menggerakan cursor dari ujung keujung. Permukaan halus juga membuat jari dapat menyelusur dengan mudah.

Hanya saja area touchpad yang besar tersebut sering kali tersentuh saat tengah mengetik yang menyebabkan kursor bergerak sehingga saya harus mematikan fitur touchpad sementara. Namun ini mungkin dikarenakan saya kurang terbiasa mengetik pada laptop dengan ukuran seperti ini.

Kesimpulan

Acer Aspire 5 A515-41G merupakan sebuah laptop seharga Rp7.799.000 yang sangat seimbang dari segala sisi. Desain premium nan kokoh disertai dukungan berbagai konektivitas masa kini akan membuat para pengguna nyaman memiliki laptop satu ini.

Performa yang dimiliki sangat mumpuni baik untuk digunakan sehari-hari maupun bermain game keluaran terbaru dengan cukup lancar. Berkat kombinasi APU AMD A12 dan grafis Radeon RX 540 yang tersemat di dalamnya, kamu bisa saja bermain game berat seperti Rise of Tomb Raider dengan pengaturan grafis High secara cukup lancar.

Memang resolusi layarnya masih HD dan suara yang dihasilkan dari speaker kurang memuaskan. Selain itu juga kipas pendingin terkadang mengeluarkan suara cukup kencang saat tengah bekerja keras sambal dicas. Namun hal tersebut itu tidak akan mengurangi kenikmatan kamu dalam bermain game maupun menonton film. Apalagi laptop ini juga punya daya tahan baterai di atas rata-rata untuk laptop sekelasnya.

Pastinya Acer Aspire 5 A515-41G pantas disebut sebagai laptop serba guna. Keseimbangan antara harga dengan performa yang ditawarkan menjadi daya tarik utamanya. Kalau masih merasa kurang cukup, kamu dapat dengan mudah melakukan upgrade dengan membuka bagian bawahnya.

Secara keseluruhan, kalau kamu tidak masalah memiliki laptop berukuran 15.6 inci maka Acer Aspire 5 A515-415 sangat saya rekomendasikan untuk kamu yang ingin menggunakan laptop untuk kuliah atau kerja dengan harga terjangkau dan punya performa tinggi untuk diajak bermain game dengan grafis High secara cukup lancar.

Kelebihan

Performa tinggi dari AMD A12-9720P dan Radeon RX 540
Desain premium dan kokoh
Konektivitas lengkap
Daya tahan baterai di atas rata-rata
Layar jernih dan berwarna

Kekurangan

Audio yang kurang memuaskan
Resolusi layar masih HD

Aspire 5 A515-41G
  • Editor Rating
  • Rated 4.5 stars
  • 80%

  • Aspire 5 A515-41G
  • Diulas oleh:
  • Dirilis pada:
  • Terakhir diperbarui: Juni 4, 2018
  • Layar & Audio
    Editor: 80%
  • Performa Gaming
    Editor: 90%
  • Performa Office
    Editor: 100%
  • Baterai
    Editor: 80%
  • Desain & Fitur
    Editor: 100%

Tinggalkan Komentar