ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi Tips dan Trik

Mudah! Cara Kirim Pesan Atau Telepon WhatsApp Tanpa Simpan Nomor Dulu

Cara Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Simpan Nomor Header

Gadgetren – Kita sebenarnya dapat membuat lalu mengirim sebuah pesan di platform WhatsApp kepada siapa pun tanpa perlu menyimpan nomor telepon ke dalam perangkat terlebih dahulu.

Melalui sebuah fitur bernama Click to Chat yang dikenal sebagai salah satu senjata bagi para pelaku usaha untuk menjangkau lebih banyak pelanggan, hal tersebut sangat mungkin untuk dilakukan.

Fitur bawaan tersebut bisa dipakai untuk membuat tautan khusus dari sebuah kontak WhatsApp yang memungkinkan seseorang membuka halaman percakapan dengan pengguna lain tanpa perlu menyimpan nomornya.

Menariknya, Click to Chat tak hanya bisa dipakai oleh pemilik nomor saja. Kita juga dapat memanfaatkan fitur tersebut untuk membuat tautan kontak orang lain asalkan mengetahui nomor telepon yang terdaftar aktif sebagai akun WhatsApp-nya.

Dengan memanfaatkan tautan kontak yang telah dibuat, kita selanjutnya bisa mengirim pesan WhatsApp ke orang itu tanpa perlu menyimpan nomor teleponnya ke dalam perangkat. Membuat tautan kontak WhatsApp menggunakan fitur Click to Chat pun mudah dilakukan dengan langkah-langkah berikut.

Cara Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Simpan Nomor Telepon

  1. Siapkan nomor telepon yang akan dihubungi dalam format internasional
  2. Buka peramban yang terpasang di handphone
  3. Ketik url https://wa.me/
  4. Tambahkan di belakangnya nomor telepon yang telah disiapkan tanpa +
    Cara Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Simpan Nomor - 1
  5. Klik Enter atau Centang di aplikasi keyboard seperti untuk membuka situs web di peramban
    Cara Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Simpan Nomor - 2
  6. Di halaman yang terbuka, klik tombol Continue to Chat
    Cara Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Simpan Nomor - 3
  7. Lanjutkan dengan membuat dan mengirim pesan yang diinginkan

Sedikit penjelasan buat kamu yang belum tahu, nomor telepon yang kita miliki sebenarnya juga terbit secara internasional dengan format penulisannya yang memiliki ketentuan sedikit berbeda. Untuk menuliskan nomor telepon dalam format tersebut, kita perlu menambahkan sebuah awalan berupa kode negara yang mana secara khusus untuk Indonesia terdaftar dengan kode +62.

Hanya saja dalam fitur Click to Chat WhatsApp, pemakaian format internasional ini pun memiliki sejumlah ketentuan tambahan meliputi tidak boleh menggunakan tanda kurung, tanda hubung, maupun angka 0 sebagai ganti kode wilayahnya.

Jadi semisal nomor telepon yang dimiliki biasanya dituliskan sebagai 0811-2345-6789 atau 081123456789, maka penulisan format internasionalnya adalah +6262811-2345-6789 dan pada tautan Click to Chat bisa dituliskan https://wa.me/6281123456789.

Dengan menggunakan tautan Click to Chat WhatsApp, menghubungi seseorang yang mungkin jarang atau sekali saja menjadi dapat dilakukan lebih mudah tanpa perlu menyimpan nomor teleponnya. Tautan tersebut pun dapat dimanfaatkan sebagai kontak di berbagai macam media seperti Instagram, Facebook, maupun Twitter sehingga orang-orang dapat lebih mudah saat ingin menghubungi kamu.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar