Tips dan Trik

Nomor Telkomsel simPATI Kamu Diblokir? Ini yang Harus Dilakukan

Telkomsel Logo Red Header
Gadgeren – Alangkah baiknya kamu melakukan pendaftaran ulang kartu SIM sebelum nomor Telkomsel simPATI kamu terblokir.

Dengan berlakunya peraturan yang mewajibkan pengguna untuk mendaftarkan ulang kembali kartu SIM yang dimiliki secara benar dan akurat, tentu akan ada akibat yang timbul kalau kamu tidak mengikuti aturan tersebut. Pada akhirnya kartu kamu akan terblokir tidak bisa digunakan lagi sama sekali dalam layanan apapun itu.

Pendaftaran ulang ini digadang untuk meminimalisir penipuan SMS yang marak terjadi maupun memiliki data pengguna seluler di Indonesia lebih akurat. Jadi kalau sesuatu terjadi pemilik nomor tersebut dapat dilacak dan dimintai pertanggun jawaban. Untuk saat ini setiap pengguna hanya boleh memiliki maksimal 3 nomor seluler saja.

Pemerintah mengatakan kalau kartu tidak akan langsung terblokir secara menyeluruh melainkan perlahan – lahan seperti mulai hilangnya layanan telepon atau SMS hingga hanya bisa menerima komunikasi saja. Hal ini dilakukan sebagai peringatan kalau kartu SIM yang digunakan belum terdaftar ulang menggunakan data yang benar.

Sayangnya beberapa pengguna tidak bisa mendaftar ulang karena memang ada kesalahan data yang tersimpan di Dukcapil sehingga lambat laun membuat kartu simPATI maupun lainnya terblokir. Lalu apa yang harus dilakukan kalau hal tersebut terjadi?

Segera Kunjungi GraPARI terdekat

Satu-satunya cara untuk bisa kembali mengaktifkan kembali nomor tersebut adalah langsung mendatangi gerai Telkomsel terdekat. Jangan lupa untuk membawa KTP dan kartu keluarga untuk dilakukan pendaftaran dan aktivasi ulang. Nantinya kamu akan mendapatkan kartu baru, namun dengan nomor yang sama seperti sebelumnya.

Perlu diingat kalau seluruh data yang ada pada kartu kamu seperti kontak, kuota, maupun pulsa akan ikut hilang. Hal ini disebabkan karena operator hanya menukarkan nomor dari kartu SIM yang ada menjadi nomor milik kamu sedangkan chip dari kartu SIM lama tidak bisa digunakan kembali.

Oleh karena itu sebaiknya kamu bergegas untuk melakukan daftar ulang sebelum kartu Telkomsel yang kamu gunakan diblokir secara total. Kalau kartu kamu masih dalam tahap pemblokiran layanan telepon maupun SMS, maka besar kemungkinan data di dalamnya masih bisa kamu gunakan tanpa harusa mengganti kartu SIM baru.

Leave a Comment