Berita

Nokia 9 akan Bawa 3 Kamera Utama dan Sensor Fingerprint Bawah Layar

Nokia 7 Plus Header

Sejak Android muncul di dunia, Nokia mulai mengalami keterpurukan di dalam bidang smartphone yang bersistem operasi Symbian.

Setelah terpuruk, divisi smartphone dari Nokia terpaksa diakusisi oleh Microsoft. Nama Nokia Lumia pun akhirnya digantikan menjadi Microsoft Lumia dengan sistem operasi Windows 10 Mobile yang merupakan pengembangan dari Windows Phone 8.1.

Meskipun Microsoft telah gencar dalam membangun ekosistem smartphone Microsoft Lumia, namun pamornya tetap kalah dengan iPhone maupun smartphone dengan sistem operasi Android. Akhirnya Microsoft pun harus merelakan kerugian dari Microsoft Lumia ini dan melepas Nokia secara resmi.

Namun ternyata HMD Global menyelamatkan muka Nokia dalam bidang smartphone dengan meluncurkan perangkat yang bersistem operasi Android. Bisa dibilang Nokia 2, Nokia 3, Nokia 5, Nokia 6, Nokia 7, Nokia 7 Plus, Nokia 8, dan Nokia 8 Sirocco pun laris dijual di pasaran.

Berkas kesuksesan ini, dikabarkan HMD Global sedang mengembangkan smartphone Android terbarunya yang bernama Nokia 9. Menariknya baru-baru ini telah muncul bocoran mengenai smartphone flagship ini di internet.

Nantinya Nokia 9 akan menggunakan layar 6,01 inci berteknologi AMOLED, beresolusi Quad HD+, dilindungi kaca anti gores Corning Gorilla Glass 5, dan beraspek rasio 18:9 yang memenuhi bagian depannya. Menariknya dikabarkan sensor fingerprint smartphone ini akan berada di bawah layarnya.

Tentu saja hal ini membuat Nokia 9 akan lebih futuristik layaknya Huawei Porsche Design MateRS, Vivo X20 Plus UD, hingga Vivo X21 UD. Sertifikat IP68 juga akan hadir dalam smartphone ini yang membuktikan bahwa tahan terhadap debu dan air hingga kedalaman 1,5 meter dengan waktu maksimal mencapai 30 menit.

Dapur pacu Nokia 9 akan dipercayakan pada Qualcomm Snapdragon 845 Octa-core. Dalam mengimbangi kemampuan chipset tersebut, HMD Global juga akan menyematkan RAM 8 GB berteknologi LPRDDR4X dan storage internal 256 GB berteknologi UFS 2.1.

Baterai berkapasitas 3.900 mAh dengan dukungan Quick Charge 4.0 dan fast Qi wireless charging juga akan hadir di dalamnya. Selain itu, sistem operasi Android 8.1 Oreo juga akan hadir dalam smartphone ini dengan edisi Android One.

Soal urusan fotografi, smartphone yang satu ini akan menggunakan 3 kamera utama yang terdiri dari 41 MP berlensa wide-angle, 20 MP berlensa telephoto, dan 9,7 berlensa monokrom yang dapat menghasilkan foto dengan bagus.

Sistem 3 kamera utama ini akan diasangkang dengan Xenon dan LED Flash. Selain itu, lensa utamanya juga akan memiliki aperture dari f/1.5 hingga f/2.4, OIS, dan ukuran piksel mencapai 1,4 mikron sehingga hasilnya bagus.

Sementara kamera depannya memiliki kamera depan beresolusi 21 MP dengan optik ZEISS yang mampu nenghasilkan foto selfie dengan kualitas yang bagus, meskipun di dalam keadaan mini cahaya sekalipun.

Tak ketinggalan, dukungan WiFi, Bluetooth, USB Type-C, NFC, GPS, dan GLONASS akan hadir di dalamnya. Sayangnya belum muncul bocoran mengenai harga dan waktu peluncurannya sehingga Gadgeter dapat menunggunya dalam beberapa hari ke depan.

[Sumber : Gizmochina]

Leave a Comment