Smartphone

Vivo V7 vs Xiaomi Mi A1. Manakah Smartphone RAM 4 GB Terbaik?

Vivo V7 vs Xiaomi Mi A1 Header

Gadgetren – Meskipun iklan dan bocoran mengenai Vivo V9 mulai terdengar di berbagai media di Indonesia, baik online maupun televisi, namun nama V7 masih terdengar hingga sekarang.

Hal yang paling membuat Vivo V7 masih dikenang di Indonesia karena peluncuran V7+ yang dibuat megah dengan disiarkan oleh 9 stasiun televisi sekaligus. Selain itu, Vivo V7 juga memiliki layar penuh 18:9 dan kamera depan 24 MP yang menjadi nilai tambahnya.

Untuk spesifikasi hardware yang ditawarkan pun bisa dibilang kelas menengah mengingat harga yang ditawarkan pun lebih dari Rp 3,5 jutaan. Sementara itu, banyak Gadgeter yang penasaran bagaimana hasilnya apabila dibandingkan dengan Xiaomi Mi A1 yang menggandalkan dua kamera belakang.

Mi A1 sendiri memiliki keunggulan dalam menghasilkan foto bokeh (background blur). Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan perbandingan antara Vivo V7 vs Xiaomi Mi A1 maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini.

Spesifikasi Hardware

Vivo V7 mempunyai prosesor Qualcomm Snapdragon 450 Octa-core berkecepatan 1,8 GHz, RAM 4 GB, dan storage internal 32 GB yang dapat ditambahkan microSD. Sementara Xiaomi Mi A1 telah memiliki prosesor Qualcomm Snapdragon 625 Octa-core berkecepatan 2 GHz, RAM dengan pilihan 3 GB atau 4 GB, dan storage internal 64 GB. Terlihat spesifikasi hardware Mi A1 lebih unggul.

Layar

Vivo V7 mempunyai layar 5,7 inci dengan resolusi HD+ (1.440 x 720 piksel), berteknologi IPS, aspect ratio 18:9, dan memenuhi bagian depan dengan julukan FullView. Sedangkan Xiaomi Mi A1 mempunyai layar dengan lebar 5,5 inci yang beresolusi Full HD (1.920 x 1.080 piksel), berteknologi IPS, dan dilindungi kaca anti gores Corning Gorilla Glass 3. Terlihat desain layar Vivo V7 lebih menarik.

Kamera

Vivo V7 dilengkapi dengan kamera depan 24 MP dan kamera belakang beresolusi 16 MP. Sementara Xiaomi Mi A1 memiliki kamera depan dengan resolusi 5 MP dan dual-camera utama yang memiliki kombinasi 12 MP lensa wide-angle dan 12 MP lensa telephoto. Terlihat kamera depan V7 lebih unggul, sedangkan Mi A1 lebih unggul dalam hal kamera utama.

Baterai

Vivo V7 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 3.200 mAh. Sedangkan Xiaomi Mi A1 memiliki baterai dengan kapasitas 3.080 mAh. Meskipun kapasitas baterai Vivo V7 lebih besar, namun efisiensi chipset yang dimiliki oleh Mi A1 membuatnya menjadi lebih tahan lama.

Fitur Lainnya

Kedua smartphone ini sama-sama telah dibekali dengan port jack audio 3,5 mm, sensor fingerprint di bagian belakang, Wi-Fi, Bluetooth, dan sistem operasi Android Nougat. Sementara itu, Vivo V7 memiliki port microUSB 2.0 dan face unlock. Sedangkan Mi A1 mempunyai port USB Type-C dan sensor Inframerah.

Harga

Vivo V7 diperkirakan akan memiliki harga yang mencapai Rp 3,8 juta. Bisa dibilang harga ini bisa berbeda sedikit karena persaingan OPPO dan Vivo yang gencar. Xiaomi Mi A1 dijual dengan harga yang mencapai Rp 2,7 juta untuk varian RAM 3 GB dan Rp 3,1 juta untuk varian RAM 4 GB

Kesimpulan

Dari sektor layar, kamera depan, dan desain maka Vivo V7 dapat menjadi juaranya. Namun apabila dilihat dari kamera utama, spesifikasi hardware, performa, fitur, daya tahan baterai, dan harga maka Mi A1 yang menjadi pemenangnya.

Tinggalkan Komentar