ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Fitur Baru & Kelebihan Samsung Galaxy S9 Dibandingkan S8

Samsung Galaxy S9 Back All

Gadgetren – Samsung baru saja meluncurkan duo smartphone flagship terbarunya yang bernama Galaxy S9 dan Galaxy S9+ dalam ajang Mobile World Congress (MWC) 2018 di Barcelona, Spanyol.

Samsung Galaxy S9 sendiri memiliki chipset Qualcomm Snapdragon 845 Octa-core untuk pasar Amerika Utara dan Tiongkok. Sedangkan varian Exynos 9810 Octa-core akan hadir untuk pasar global yang salah satunya Indonesia dengan harga mencengangkan.

Dalam mengimbangi kemampuan chipset tersebut, Samsung Galaxy S9 juga telah dibekali dengan RAM 4 GB dan storage internal 64 GB yang dapat ditambahkan microSD hingga 400 GB. Sementara iitu, baterainya memiliki kapasitas 3000 mAh.

Untuk layarnya sendiri memiliki lebar 5,8 inci dengan resolusi Quad HD+ (2.960 x 1.440 piksel), berteknologi Super AMOLED, dilindungi kaca anti gores Corning Gorilla Glass 5, dan beraspek rasio 18:9 yang memenuhi bagian depannya. Namun yang membedakannya dengan Galaxy S8 terdapat pada bezel layarnya yang semakin tipis.

Ternyata sebagian bertanya-tanya, sebenarnya fitur baru apa yang menjadi kelebihan dari Samsung Galaxy S9 ini. Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan kelebihan smartphone ini maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini.

1. Kamera Utama 12 MP aperture f/1.5 dan f/2.4

Fokus utama Galaxy S9 terdapat pada kamera belakangnya yang memiliki resolusi 12 MP, Optical Image Stabilization (OIS), Dual-pixel phase detection autofocus, LED Flash, aperture f/1.5, dan aperture f/2.4 yang dapat menghasilkan foto dengan bagus.

Menariknya, kamera utama Galaxy S9 akan menggunakan aperture f/1.5 apabila dalam kondisi minim cahaya sehingga foto akan terlihat terang. Sementara dalam kondisi cahaya normal maupun berlimpah, kamera utamanya akan menggunakan aperture f/2.4 sehingga hasil fotonya tetap bagus.

2. Video Slow Motion 960 fps

Selain hasil fotonya yang bagus, Samsung juga telah memberikan kemampuan kamera utama Galaxy S9 untuk mengambil video slow motion beresolusi HD (720p) dengan kecepatan 960 fps. Pada saat didemonstrasikan oleh Samsung, objek yang bergerak menjadi super lambat dengan dramatis.

3. AR Emoji

Fitur yang satu ini bisa dibilang baru dalam smartphone Galaxy keluarga S, dimana memungkinkan penggunanya untuk dapat menghasilkan emoji bergerak dengan wajahnya yang dapat diambil dengan menggunakan kamera depan.

4. Intelligent Scan

Selain bisa menggunakan sensor fingeprint, pengguna Galaxy S9 juga dapat menggunakan fitur Intelligent Scan yang lebih aman karena memanfaatkan iris scanner dan face unlock sekaligus sehingga lebih sulit ditembus.

5. Terjemahan Bahasa Asing dengan Bixby

Hampir mirip dengan fitur Google Translate, Galaxy S9 memiliki fitur baru untuk menerjemahkan bahwa asing dengan menghadapkan kameranya pada tulisan yang dipilih dan secara otomatis Bixby akan menerjemahkannya dengan cepat.

6. Posisi Fingerprint

Samsung Galaxy S9 memiliki posisi sensor fingerprint yang mudah dijangkau tanpa harus takut tersentuh kamera karena posisinya di bawah kamera utama. Berbeda dengan Galaxy S8 yang menyematkan sensor fingerprint tepat di samping kamera utama sehingga sering terjadi kesalahan dalam menyentuhnya.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar