Berita Feature Phone Smartphone

Cuma Rp 1 Jutaan, Nokia 1 Resmi Jadi Smartphone Android Go Pertama HMD Global

Nokia Header

Android Go merupakan salah satu proyek terbaru dari Google yang diperkenalkan pada tahun 2017 silam dalam Google I/O 2017.

Bisa dibilang Android Go sendiri merupakan sistem operasi versi Lite dari Google yang dapat dijalankan secara optimal pada smartphone dengan spesifikasi rendah yang memiliki RAM 512 MB atau 1 GB.

Bisa dibilang Android Go sendiri akan menggantikan Android One yang menyediakan smartphone murah dengan performa menarik dari Google. Hal ini terjadi karena Android One sendiri sudah naik kelas dari entry-level menjadi mid-level dengan hadirnya Xiaomi Mi A1, Moto X4, dan masih banyak lagi.

Kemarin secara resmi HMD Global meluncurkan smartphone Android Go pertamanya yang diberi nama Nokia 1. Perangkat yang satu ini akan menggunakan sistem operasi Android Oreo (Go Edition) dengan penyesuaian di berbagai aspek agar bisa berjalan ringan.

Nokia 1 Meja[Sumber : GSMArena]

Sebagai catatan, Android Oreo (Go Edition) sendiri telah diperkenalkan oleh Google pada bulan Juni 2017 lengkap dengan aplikasi ringan yang telah dioptimalkan Google seperti YouTube Go, Maps Go, Files Go, Google Go, Gmail Go, dan masih banyak lagi.

Selain membutuhkan RAM yang sedikit, semua aplikasi ini berlabel Go ini juga hanya membutuhkan kapasitas penyimpanan yang sedikit. Misalnya saja YouTube Go ini memungkinkan penggunanya dapat melihat video YouTube dengan ringan, dimana YouTube akan menyarankan penggunanya untuk mengunduh videonya sehingga bisa dijalankan secara offline.

Begitu pun juga dengan Gmail Go yang mengizinkan penggunanya dapat menghemat internet maupun RAM karena mengizinkan untuk membaca email secara offline. Bahkan untuk keyboard bawaan di Nokia 1 pun akan menggunakan Gbaord Go yang ringan karena tidak memiliki GIF search, stiker, maupun mode satu tangan.

Bahkan Google Assistant versi Go dapat digunakan untuk membuat panggilan telepon, mengirim SMS, menjalankan musik, dan mengecek kondisi cuaca. Sayangnya tidak dapat diintegrasikan untuk perangkat smarthome.

Untuk membuat harganya murah, HMD Global telah membekali Nokia 1 dengan layar 4,5 inci beresolusi 854 x 480 piksel, prosesor MediaTek MT6737 Quad-core 1,1 GHz, RAM 1 GB, dan storage internal 8 GB yang dapat ditambahkan microSD hingga 128 GB.

Dari sektor kamera, smartphone yang satu ini telah dibekali dengan kamera belakang beresolusi 5 MP dan LED Flash yang sudah cukup baik menghasilkan foto. Sementara kamera depannya memiliki resolusi 2 MP yang bisa melakukan foto selfie atau video call.

Tak ketinggalan, dukungan jaringan 4G-LTE, baterai berkapasitas 2.150 mAh, port microUSB, dan FM Radio telah hadir di dalamnya. Sayangnya desain smartphone ini bisa dibilang tua, namun masih dapat dimaklumin untuk menekan budget. Nantinya Nokia 1 akan dibanderol dengan harga yang mencapai US$85 atau sekitar Rp 1,16 juta.

[Sumber : GSMArena]

Tinggalkan Komentar