Tips dan Trik

4 Aplikasi Kamera Yang Layak Menggantikan Kamera Bawaan Android

aplikasi kamera terbaik android Header[Sumber: Pixabay]

Gadgetren – Fotografi sudah menjadi tren dengan adanya berbagai macam media sosial yang memudahkan untuk saling berbagi.

Fotografi, yang secara harfiah dapat diartikan sebagai proses melukis dengan cahaya, merupakan fitur penting dalam sebuah perangkat seluler untuk menunjang berbagai macam aktivitas penggunanya.

Melihat hal tersebut, berbagai macam manufaktur berlomba-lomba untuk mengembangkan teknologi kamera, baik dari segi perangkat keras maupun dari segi perangkat lunaknya.

Beberapa bahkan telah melengkapi kamera pada perangkat seluler yang dikembangkannya, dengan aplikasi kamera bawaan yang lebih mumpuni untuk mengambil gambar, dibandingkan pada perkembangan awal perangkat seluler.

Di sisi lain, pengembangan aplikasi kamera pihak ketiga juga mewarnai pasar di toko aplikasi Google Play Store. Sehingga pengguna yang memiliki kamera bawaan yang tidak terlalu bagus, masih dapat membuat hasil pengambilan gambar menjadi lebih baik.

Beberapa aplikasi kamera yang cukup mumpuni untuk menggantikan aplikasi bawaan dari kamera Android tersebut, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

Camera MX

Aplikasi Kamera Android - Camera MX

Datang sebagai alternatif kamera bawaan Android, Camera MX memberikan dukungan pengambilan gambar dalam berbagai macam opsi. Pengguna akan dimanjakan oleh beberapa hal seperti dukungan pengambilan gambar berkualitas tinggi dan optimasi HDR yang lebih baik.

Aplikasi buatan MAGIX ini juga memberikan keleluasaan kepada penggunanya untuk menggunakan beberapa mode pengambilan gambar, termasuk di dalamnya dukungan Live Photos seperti fitur kamera iPhone, Brust Mode, dan beberapa efek atau filter kamera yang beragam.

Camera FV-5

Aplikasi Kamera Android - Camera FV-5

Tersedia dalam dua versi, versi Lite atau gratis dan versi Pro, FGAE menghadirkan kamera professional ke dalam perangkat Android. Selayaknya menggunakan kamera DLSR atau Digital Single Lens Reflex, yaitu kamera digital yang menggunakan sistem cermin otomatis, pengguna dapat menggunakan Camera FV-5 pada mode manual.

Pengguna dapat mengatur sendiri berapa ISO yang akan digunakan, focus mode yang dipilih, pengaturan light metering, dan juga format gambar yang ingin dihasilkan.

Camera Zoom FX

Aplikasi Kamera Android - Camera Zoom FX

Membawa cita rasa manual kontrol selayaknya kamera DLSR, aplikasi Camera Zoom FX juga dapat menjadi alternatif pengganti aplikasi kamera bawaan. Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna dapat melakukan banyak hal, seperti melakukan pengambilan gambar yang lebih stabil, action shot, pengambilan gambar dengan filter, dan berbagai macam hal lainnya.

Pada versi keenamnya, pembaruan besar-besaran bahkan dilakukan oleh pengembangnya, dengan menghadirkan kontrol DLSR yang lebih lengkap, dukungan format RAW, pengaturan ISO manual, dan lain sebagainya.

Open Camera

Aplikasi Kamera Android - Open Camera

Jika Anda mencari kamera pengganti yang sangat ringan untuk digunakan, maka Open Camera dapat menjadi alternatif yang tepat. Aplikasi buatan Mark Harman ini dapat digunakan dengan fitur penuh tanpa harus membayar dan terganggu dengan adanya iklan.

Meskipun demikian, aplikasi Open Camera memiliki banyak fitur yang akan dapat membantu memberikan hasil pengolahan gambar yang menakjubkan, seperti auto-stabilizer, perekaman video berkualitas HD, dan berbagai macam dukungan mode pengambilan gambar.

Tinggalkan Komentar