Tips dan Trik

Cara Mudah Mengecek Keaslian Saat Membeli HP Oppo Agar Tidak Tertipu

Cara Mengecek HP Oppo Palsu Atau Asli Header

Gadgetren – Kini, produsen ponsel yang dulu diremehkan sudah mulai menguatkan cakar dan bahkan mulai menguasai pasar.

Oppo adalah salah satunya. Manufaktur ponsel asal Tiongkok yang dulu dipandang sebelah mata ini, sekarang menginvasi pasar tanah air dengan berbagai macam model perangkat seluler. Bahkan pada tahun 2016, produsen perangkat seluler ini mampu menyabet TOP 4 Global merek dagang ponsel pintar berdasarkan laporan IDC.

Selama sepuluh tahun terakhir, Oppo memang memfokuskan pengembangannya pada terobosan teknologi kamera selfie. Dan pada tahun 2017 kemarin, perusahaan yang memiliki banyak smartphone berjuluk Selfie Expert ini berhasil mengembangkan sebuah trend baru di bidang kamera depan melalui kecerdasan buatan untuk memberikan pengalaman selfie yang lebih baik.

Mengantongi teknologi kamera selfie, Oppo mampu melakukan penetrasi ke pasar ponsel, menyasar kalangan anak muda saat ini yang cenderung gemar melakukan pengambilan gambar dengan metode selfie.

Ingin mengambil keuntungan dari popularitas dari Oppo tersebut, beberapa ponsel versi KW atau palsu dari Oppo mulai banyak bermunculan di mana-mana. Sehingga, dapat menyebabkan beberapa pengguna tertipu membeli perangkat palsu.

Lalu bagaimana membedakan mana yang asli mana yang palsu dari perangkat Oppo yang dijual di pasaran?

Melihat IMEI untuk Perangkat Oppo

IMEI atau International Mobile Equipment Identity merupakan indentitas perangkat seluler yang berlaku secara internasional. Kombinasi 15 digit karakter unik ini akan berisi berbagai macam hal seperti garansi, manufakturnya, model, dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan nomor identitas dari perangkat seluler ini, pengguna dapat mengecek berbagai macam hal yang berkaitan dengan perangkat tersebut. Pengguna dapat menggunakannya untuk mengecek ketersediaan garansi dan  melihat status penjualannya (ilegal atau resmi).

Karena bersifat unik, dimana satu perangkat dengan perangkat lain akan berbeda, IMEI juga dapat digunakan untuk melihat keaslian dari perangkat seluler yang dijual di pasaran.

Di semua perangkat Oppo, pengguna dapat mengeceknya dengan beberapa cara, seperti yang dapat dilakukan pada perangkat Oppo F5. Pengguna dapat melihat melalui box pembelian jika perangkat belum dibuka, melihat melalui kode panggilan *#06# jika perangkat sudah menyala, atau pun beberapa cara lainnya.

Cara Cek HP Oppo Palsu Atau Asli Dengan IMEI

Jika sudah memperoleh mengetahui IMEI, pengguna dapat mengecek keaslian dari ponsel Oppo melalui laman Keaslian Informasi Unit. Pada laman tersebut, pengguna dapat memasukan IMEI ke dalam kolom Silahkan mengisi Nomor IMEI, kemudian memilih tombol Submit.

Jika nomor IMEI terdaftar dan teridentifikasi di laman tersebut, maka perangkat Oppo tersebut adalah asli. Pengguna juga dapat mengecek berbagai macam hal melalui laman tersebut, seperti garansi dan lain sebagainya. Selamat mengaplikasikannya!

Tinggalkan Komentar