Bengkel

Mengapa Suara Speaker Smartphone Android Menjadi Kecil?

Samsung Galaxy A8 2018 Main Header

Rabu merupakan salah satu hari yang paling ditunggu oleh kita semua karena tim Gadgetren akan membahas seputar masalah yang sering menjadi kendala bagi gadget yang dimiliki oleh Gadgeter sehari – hari.

Kali ini tim Gadgetren telah mendapatkan pertanyaan mengenai masalah speaker yang memiliki suara kecil pada smartphone. Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran mengenai alasan dan solusi dari masalah tersebut maka dapat melihat artikel berikut ini :

Pertanyaan :

Kak, mengapa suara speaker smartphone saya menjadi kecil?

Jawaban :

Speaker merupakan salah satu komponen yang cukup penting dalam smartphone. Dengan hadirnya komponen ini memungkinkan penggunanya dapat mendengarkan suara dari film, video, ringtone, telepon, musik, dan masih banyak lagi

Namun terkadang ketika smartphone sudah dipakai lama akan timbul masalah baru mengenai speaker yang akan mengeluarkan suara kecil meskipun volume siara daro smartphone sudah diatur hingga maksimal.

Biasanya hal ini disebabikan oleh debu yang menempel dalam speaker sehingga debu yang terakumulasi ini menyebabkan getaran speaker terhambat sehingga membuat suara yang keluar menjadi kecil.

Terkadang kulit speaker yang robek dapat membuat nada dering atau suara dari smartphone akan mejadi pelan. Selain itu, kabel volume + dan – kadang tidak menempel tidak kuat sehingga kadang tersambung dan kadang tidak sehingga suara speaker menjadi tidak jelas dan suaranya kecil.

Solusi

Bersihkan Cache yang Tidak Penting di Smartphone

Bagi Gadgeter yang menggunakan smartphone Android maka dapat mencoba aplikasi pembersh, seperti Clean Master untuk membersihkan cache yang terdapat dalam sistem operasi Android secara penuh. Hal ini memiliki tujuan agar file cache terhapus dan bersih sehingga tidak menghambat aplikasi yang berjalan.

Unroot smartphone yang sebelumnya pernah di-root

Root merupakan salah satu proses yang biasanya dilakukan oleh pengguna Android agar bisaa mendapatkan akses penuh terhadap sistem hardware dari smartphone. Meskipun memiliki keuntungan, namun kerugiannya terdapat pada beberapa fitur yang terkadang error maupun tidak berfungsi. Untuk itulah, Gadgeter dapat melakukan unroot pada smartphone tersebut.

Bersihkan speaker kotor

Apabila kita menggunakan terlalu sering smartphone tentunya akan menyebabkan speaker menjadi kotor. Untuk itulah, kita dapat membersihkan smartphone secara berkala agar menjadi bersih dan dapat menghasilkan suara dengan baik.

Restart smartphone

Biasanya speaker mengeluarkan suara dengan kecil karena terjadi kerusakan atau error pada sistem operasi maupun aplikasi. Untuk membuat sistem smartphone menjadi segar kembali maka Gadgeter dapat melakukan restart smartphone.

Perbaiki Kualitas suara dengan aplikasi

Bagi Gadgeter yang tidak ingin membongkar smartphone hanya demi membersihkan speaker, mungkin ada baiknya menggunakan aplikasi khusus untuk menyembuhkan suara smartphone., seperti Ultimate Volume Booster yang dapat diunduh di Google Play Store.

Factory reset

Biasanya apabila sistem operasi smartphone menjadi error atau kerusakan maka akan berimbas pada komponen lainnya, termasuk suara speaker menjadi kecil. Untuk itu, Gadgeter dapat mencoba untuk melakukan Factory Reset. Namun jangan lupa untuk melakukan backup data terlebih dulu.

Pergi ke service center

Biasanya apabila langkah-langkah di atas sudah tidak berhasil dilakukan maka kemungkinan besar speaker sedang mengalami kerusakan. Untuk itu, Gadgeter dapat dengan bijak membawanya ke service center resmi agar diperbaiki teknisi yang berpengalaman.



* Jika kamu ingin mengirimkan pertanyaan, bisa dikirimkan via email ke tanya@gadgetren.com. Pertanyaan terpilih akan dijawab di artikel Bengkel setiap hari Rabu.

Tinggalkan Komentar