Berita Smartphone

Lolos TKDN, Xiaomi Redmi 5 dan Redmi 5 Plus Segera Dijual di Indonesia Bulan Ini

Xiaomi Redmi 5 dan 5 Plus Leak Header

Memasuki bulan Februari 2018, kita kedatangan kabar gembira karena Xiaomi Redmi 5 dan Redmi 5 Plus telah lolos TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) di Indonesia.

Berdasarkan pantauan tim Gadgetren, baru saja muncul pengumuman di situs Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) Kementerian Perindustrian yang memperlihatkan dua smartphone Xiaomi dengan kode MI MDG1 dan MI MEG7 telah berhasil lolos TKDN sebesar 30,03%..

Seperti biasanya, Erajaya yang mengajukan TKDN untuk smartphone 4G Xiaomi resmi di Indonesia. Berdasarkan informasi yang beredar mengatakan bahwa smartphone dengan kode MI MDG1 akan menjadi Redmi 5 dan Mi MEG7 akan menjadi Redmi 5 Plus.

Sekilas, Redmi 5 telah dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 450 Octa-core berkecepatan 1,8 GHz, RAM dengan pilihan 2 GB, 3 GB, atau 4 GB, dan storage internal dengan pilihan 16 GB atau 32 GB yang dapat ditambahkan microSD.

Sedangkan Xiaomi Redmi 5 Plus telah dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 625 Octa-core berkecpeatan 2 GHz, RAM dengan pilihan 3 GB atau 4 GB, dan storage internal dengan pilihan 32 GB atau 64 GB yang dapat ditambahkan microSD.

Menariknya, Xiaomi Redmi 5 dan Redmi 5 Plus merupakan smartphone layar penuh beraspek rasip 18:9 dan berteknologi IPS yang memiliki harga murah. Perbedaannya terdapat pada ukuran layar, dimana Redmi 5 memilikii lebar 5,7 inci dan Redmi 5 Plus mempunyai lebar 5,99 inci.

Untuk kameranya, Redmi 5 dan Redmi 5 Plus sama-sma memiliki kamera belakang 12 MP dengan aperture f/2.2, Phasee Detection Autofocus, dan dual-tone LED Flash yang dapat menghasilkan foto dengan bagus. Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 5 MP yang dapat menghasilkan foto selfie atau wefie dengan cukup baik.

Baterai Redmi 5 Plus memiliki kapasitas 4.000 mAh yang lebih tinggi dibandingkan Redmi 5 yang hanya berkapasitas 3.300 mAh. Sementara itu, kedua smartphone ini sama-sama dibekali dengan sensor fingerprint, GPS, sensor inframerah, gyroscpe, Bluetooth, WiFi, dan MIUI 9 berbasiskan sistem operasi Android Nougat.

Dalam peluncurannya di luar negeri, Redmi 5 memiliki harga Rp 1,6 juta untuk varian RAM 2 GB dan Rp 1,8 juta untuk varian RAM 3 GB. Sedangkan Redmi 5 Plus memiliki harga Rp 2 juta untuk varian RAM 3 GB dan Rp 2,6 juta untuk varian RAM 4 GB.

Setelah melihat hasil TKDN ini, Xiaomi Redmi 5 dan Redmi 5 Plus akan diluncurkan secara resmi di Indonesia pada bulan Februari 2018 ini. Kemungkinan harga keduanya di Indonesia akan murah dan tidak jauh dengan harga di luar negeri.

Tinggalkan Komentar