Berita

Lolos TKDN, Xiaomi Redmi 5 Segera Dijual di Indonesia

Xiaomi Redmi 5 Plus Header

Minggu lalu, Xiaomi secara resmi meluncurkan dua smartphone terbarunya dengan layar penuh, yakni Redmi 5 dan Redmi 5 Plus.

Bisa dibilang keduanya akan menjadi salah satu smartphone dengan layar penuh yang memiliki harga murah. Namun ada kabar menarik lagi mengenai Xiaomi Redmi 5 yang akan hadir di Indonesia dalam waktu dekat ini.

Hal ini sendiri terungkap dari pantauan tim Gadgetren di situs P3DN (Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri) Kementerian Perindustrian yang merujuk pada sertifikasi TKDN smartphone dengan kode MI MCG3B.

Bahkan nilai TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) dari smartphone ini pun telah mencapai 30,03% yang artinya sudah lolos TKDN Indonesia yang memiliki standar 30%. Berdasarkan informasi yang beredar mengatakan bahwa smartphone dengan kode MI MCG3B sendiri diyakini merupakan Xiaomi Redmi 5.

Xiaomi Redmi 5 TKDN

Tentu saja, hal ini menarik karena apabila Xiaomi Redmi 5 hadir secara resmi di Indonesia maka akan menjadi smartphone layar penuh 18:9 dengan harga yang paling murah. Tentu saja persaingan dengan vendor lainnya akan semakin seru di tanah air mengingat berbagai vendor telah menghadirkan smartphone layar penuh yang memiliki berbagai fitur menarik dengan perang harga.

Sekilas, Xiaomi Redmi 5 telah dibekali dengan layar 5,7 inci yang beresolusi HD+ (1.440 x 720 piksel), berteknologi IPS, dilindungi kaca anti gores Corning Gorilla Glass, dan beraspek rasio 18:9 yang memenuhi bagian depannya.

Dari sektor hardware, smartphone yang satu ini telah dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 450 Octa-core berkecepatan 1,8 GHz, RAM dengan pilihan 2 GB atau 3 GB, dan storage internal dengan pilihan 16 GB atau 32 GB yang dapat ditambahkan microSD.

Untuk kamera utamanya memiliki resolusi 12 MP dengan aperture f/2.2, Phase Detection Autofocus, dan dual-LED Flash yang dapat menghasilkan foto dengan baik. Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 5 MP yang dapat mengakomodasi foto selfie atau wefie dengan baik.

Tak ketinggalan, dukungan dua kartu SIM dengan jaringan 4G-LTE, bodi logam, sensor fingerprint di bagian belakang, WiFi, Bluetooth, dan MIUI 9 berbasiskan sistem operasi Android 7.1.2 Nougat telah hadir di dalamnya. Sayangnya bocoran mengenai harganya di Indonesia belum terungkap, namun kemungkinan besar Redmi 5 varian RAM 3 GB + ROM 32 GB akan dibanderol di kisaran Rp 1,8 juta hingga Rp 2 juta.

Tinggalkan Komentar