Berita

Anak Emas ASUS, Zenfone 3 resmi dapatkan Update Android 8.0 Oreo

ASUS Zenfone 3 Header Gan

Zenfone 3 merupakan salah satu smartphone primadona yang pernah diluncurkan oleh ASUS pada tahun 2016 silam.

Bisa dibilang smartphone ini memiliki spesifikasi hardware yang menarik, seperti penggunaan chipset Qualcomm Snapdragon 625 Octa-core yang hemat konsumsi daya baterai, RAM dengan pilihan 3 GB atau 4 GB, dan storage internal dengan pilihan 32 GB atau 64 GB.

Bahkan kamera smartphone Zenfone 3 memiliki resolusi 16 MP dengan aperture f/2.0, Phase Detection & Laser Autofocus, dan dual-tone LED Flash yang dapat menghasilkan foto dengan hasil yang bagus. Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 8 MP dengan aperture f/2.0 yang dapat mengakomodasi foto selfie atau wefie dengan hasil yang baik.

Selain penurunan harganya yang drastis di Indonesia, ASUS mempunyai kabar gembira lainnya bagi Zenfone 3 karena vendor asal Taiwan ini secara resmi mengumumkan bahwa Zenfone 3 seri ZE520KL dan ZE552KL telah resmi mendapatkan update Android 8.0 Oreo.

Nantinya ASUS akan melakukan update OTA (Over-The-Air) ini secara bertahap kepada pengguna Zenfone 3 di berbagai negara sehingga Gadgeter harus menunggu dengan sabar apabila belum mendapatkan update tersebut.

Namun apabila Gadgeter sudah tidak sabar, mungkin dapat sering mengecek update secara manual di menu Settings. Selain itu, Gadgeter juga harus menyediakan kapasitas penyimpanan internal yang cukup besar karena besarnya file update Android 8.0 Oreo mencapai 1,5 GB sebelum melakukan instalasi.

Dengan kata lain file update yang akan terinstal nantinya akan lebih besar lagi sehingga Gadgeter dapat menyediakan sisa kapasitas internal hingga minimal mencapai 4 GB untuk berjaga-jaga agar tidak terjadi error pada sistem.

Untuk melihat update secara manual maka Gadgeter hanya perlu masuk ke menu Settings > selanjutnya memilih menu System. Apabila update sudah hadir maka secara otomatis tulisan seri firmware akan muncul.

Beberapa fitur yang akan hadir dalam Android 8.0 Oreo di Zenfone 3 ini terdiri dari dot notifikasi, picture-in-picutre, tampilan antarmuka yang lebih sederhana, dan masih banyak lagi. Namun ASUS juga menghilangkan beberapa aplikasi bloatware yang dirasa jarang diapakai, seperti Photo Collage, Do It Later, dan MiniMovie. Tentu saja hal ini menarik karena ASUS masih memperhatikan smarthpone buatannya hingga update dua versi mayor Android sekaligus.

[Sumber : Android Authority]

Tinggalkan Komentar