Berita

Android 8.0 Oreo Resmi Dirilis, Inilah Kelebihannya yang Perlu Diketahui

Kelebihan Android 8 Oreo Header

Pada tanggal 21 Agustus 2017 silam, Google secara resmi meluncurkan sistem operasi perangkat mobile terbaru yang bernama Android 8.0 Oreo.

Sesuai dengan urutan abjad hurufnya yang memasuki O, kini Google secara resmi menamai Android 8.0 dengan Oreo. Selain itu, Google pun secara resmi bekerja sama dengan perusahaan Oreo.

Sementara itu, sistem operasi ini hanya baru bisa dinikmati beberapa smartphone Google, seperti Nexus dan Pixel. Meskipun begitu, tentunya sebagaian orang penasaran dengan fitur dan kelebihan Android Oreo 8.0 ini.

Nah, bagi Gadgeter yang penasaran dengan kelebihan yang dimiliki oleh Android 8.0 Oreo ini maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini :

Notification Dots

Android 8 Oreo Notification Dots

Fitur yang satu ini membantu penggunanya untuk mengetahui sesuatu yang baru pada aplikasi dengan memberikan tanda titik dan akan muncul notifikasi melayang di dekat aplikasi tersebut layaknya seperti yang hadir di iOS. Bisa dibilang Notification Dots merupakan fitur yang baru ada di Android 8.0 Oreo.

Picture-in-Picture

Android 8 Oreo Picture in Picture

Ini merupakan salah satu fitur juga yang baru hadir di Android 8.0 Oreo yang memungkinkan penggunanya dapat menjalankan dua aplikasi sekaligus, dimana satu aplikasi akan berada di atas aplikasi lain. S

epertinya fitur ini baru hadir pada saat penggunanya menonton video dan selanjutnya melihat aplikasi maka secara otomatis video tersebut akan menjadi kecil dan masih bisa dilihat, meskipun sedang menjalankan aplikasi lain.

Baterai yang Lebih Hemat

Dalam Android 8.0 Oreo ini sistem dapat mengatur aplikasi di-background dengan sangat baik sehingga memungkinkan dayat baterai dapat digunakan secara efisien dan tentunya menyebabkan baterai menjadi lebih hemat.

Google Play Protect

Dalam hal keamanan, Android 8.0 Oreo telah hadir dengan Google Play Protect yang merupakan sistem keamaan untuk melindungi dari hal yang mencurigakan ketika memasang aplikasi. Apabila ada hal yang kurang baik maka secara otomatis sistem akan memberikan notifikasi langkah keamanan yang harus dilakukan penggunanya.

Pengaturan Notifikasi Lebih Rinci

Notifikasi kadang menjadi suatu hal baik maupun buruk. Untuk itu, Google memberikan fitur lebih rinci terhadap notifikasi di Android 8.0 Oreo. Penggunanya dapat dengan bebas menghidupkan atau mematikan notifikasi. Bahkan penggunanya juga dapat melakukan pengaturan notifikasi di berbagai level, mulai dari Urgent (suara dan pop up di layar), High (hanya suara), Medium (tanpa suara), dan Low (tanpa suara maupun interupsi visual).

Emoji Baru

Android 8 Oreo Emoticon

Google telah mendesain ulang emoji agar lebih segar pada Android 8.0 Oreo. Bahkan tedapat emoji baru lainnya yang dapat dipilih penggunanya untuk dimasukkan ke dalam chat jejaring sosial, email, maupun SMS.

Autofill

Fitur yang memungkinkan pengguna Android 8.0 Oreo dapat mengisi langsung area login untuk akun dan password secara otomatis (Android meminta izin kepada penggunanya) untuk kemudahan masuk ke dalam berbagai aplikasi.

Android Instant Apps

Dengan hadirnya fitur ini memungkinkan penggunanya dapat menggunakan aplikasi terlebih dahulu tanpa perlu memasangnya di smartphone. Tentu saja hal ini sangat praktis dan cepat.

Shortcut Cepat

Pada Android 8.0 Oreo telah hadir fitur shortcut yang akan mempercepat penggunanya dalam melakukan aktivitas, seperti apabila penggunanya memilih tulisan berisikan alamat maka secara otomatis akan muncul ikon GMaps untuk langsung terintegrasi dengan peta, memilih tulisan berisi nomor telepon maka akan muncul ikon Contact, dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa fitur dan kelebihan Android 8.0 Oreo dibandingkan Android generasi sebelumnya. Tentunya memang sistem operasi ini sangat menarik untuk dicoba. Untuk itu, mari kita tunggu saja pengumuman selanjutnya dari Google mengenai ketersediaan Android 8.0 Oreo di smartphone vendor selain Google.

Tinggalkan Komentar

2 Komentar