Tips dan Trik

Gunakan Screenshoot Panjang di Ponsel Oppo Untuk Menyimpan Artikel yang Menarik!

Cara Screenshoot Panjang di Ponsel OPPO F5 header

Gadgetren – Seiring perkembangan teknologi, fitur screenshot seolah menjadi sebuah fitur dasar yang ditanamkan pada setiap pengembangan ponsel.

Oppo merupakan produsen perangkat seluler yang naik daun popularitasnya. Hal ini tentunya tidak terlepas dari beberapa fitur menarik, termasuk fitur screenshot yang dimilikinya. Screenshot merupakan senjata ampuh yang dapat digunakan untuk melakukan beberapa hal, seperti mengabadikan bukti chat, membagikan layar perangkat, atau mengambil gambar yang tidak bisa diunduh.

Namun sayangnya, setiap jenis dan merek ponsel memiliki cara yang berbeda-beda untuk menggunakannya. Pada ponsel Oppo, terutama ponsel dengan sistem ColorOS terbaru, pengguna akan sangat dimudahkan untuk mengambil gambar tangkapan layar.

Cara Screenshot Panjang di HP Oppo

Untuk mengambil screenshot, perangkat Oppo dengan ColorOS tidak memerlukan aplikasi tambahan apapun. Oppo telah memiliki fitur bawaan untuk mengambil tangkapan layar yang bisa dibilang cukup memuaskan.

Baca Juga: Kunci aplikasi pribadiĀ  di HP OPPO kamu agar orang lain tidak bisa buka seenaknya

Dalam hal ini, pengguna hanya perlu mengusap layar dari atas ke bawah menggunakan tiga jari untuk mengambil screenshot layar. Jika belum bisa menggunakannya, pengguna dapat masuk ke Settings, kemudian pilih opsi Gesture and Motion, dan mengaktifkan tombol Gesture Screenshot.

Selain dapat digunakan untuk mengambil gambar satu layar penuh, fitur screenshot Oppo juga telah mampu mengambil tangkapan layar yang panjang, yang melebihi satu ukuran layar. Pengguna dapat melakukannya dengan cara berbeda dengan sebelumnya, yaitu dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka layar yang ingin diambil screenshot panjang-nya, misalnya browser yang menampilkan sebuah artikel yang melebihi satu layar Oppo
  2. Buka menu screenshot dengan menekan tombol fisik power bersamaan dengan tombol fisik volume up beberapa saat
  3. Tunggu sampai menu screenshot di perangkat Oppo muncul, menu ini akan muncul pada bagian kanan layar
  4. Tekan berulang kali tombol Next Page atau ikon berbentuk huruf v sebanyak layar yang ingin ditangkap
  5. Jika sudah selesai, tekan tombol Save

Dengan cara ini, pengguna dapat mengambil gambar dari sebuah artikel di laman web, isi chat, dan lain sebagainya. Hasil dari tangkapan layar di perangkat Oppo ini dapat dilihat melalui aplikasi Gallery yang ada di perangkat. Atau, Anda juga dapat membukanya melalui editor gambar untuk mengeditnya.

Leave a Comment

1 Comment