Tips dan Trik

Kuota DPI Telkomsel – Untuk Apa Itu dan Cara Menggunakan

Kuota DPI Telkomsel Untuk Apa Itu dan Cara Menggunakan Header

Gadgetren – Terdapat beberapa jenis kuota dari Telkomsel yang sering membuat pengguna bingung dalam menggunakannya.

Telkomsel memang salah satu operator seluler terbesar di Indonesia dengan banyak sekali jenis layanan dan juga paket di dalamnya. Dengan banyaknya jenis paket dan layanan tersebut, tidak menutup kemungkinan banyak pengguna yang kebingungan dalam menggunakannya.

Ada banyak jenis paket Telkomsel yang menawarkan pembagian kuota yang berbeda-beda, dari kuota MDS, kuota lokal, kuota nasional dan kuota DPI. Dengan adanya pembagian kuota ini, tak jarang banyak pengguna yang mengeluhkan tentang bagaimana cara kerja dari masing-masing kuota.

Salah satu yang cukup banyak membuat pengguna bingung adalah kuota DPI yang biasanya terakumulasi menjadi sangat banyak karena tidak tahu cara menggunakannya, bahkan mungkin belum tahu apa itu yang dimaksud dengan kuota DPI Telkomsel.

Apa Itu Kuota DPI Telkomsel?

Kuota DPI merupakan kuota internet yang ditawarkan oleh Telkomsel khusus untuk penggunaan aplikasi tertentu. Dengan menggunakan kuota ini, penggunaan kuota internet pada beberapa aplikasi tidak akan memotong kuota utama sebelum kuota DPI telah habis. Ada banyak aplikasi yang mendukung penggunaan kuota DPI, seperti Line, BBM, Facebook, WhatsApp, Instagram, Subway Surfers, Twitter, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Kamu sudah tahu berapa Telkomsel Poin yang terkumpul saat ini?

Namun sayangnya, tidak semua paket internet yang menawarkan kuota DPI mendukung aplikasi yang sama, sebagai contohnya paket data LOOPkita dan paket data Combo LOOP. Dalam penawaran paket data LOOPkita, pengguna dapat memperoleh kuota DPI untuk tiga aplikasi populer, dengan pilihan diantaranya adalah BBM, LINE, Facebook, Facebook Messenger, Clash Royale, Path, Youtube, Line, Twitter, Whatsapp, dan Instagram pada kategori media sosial dan perpesanan.

Sedangkan pada paket Combo LOOP, yaitu paket yang ditujukan bagi pengguna baru paket data di layanan LOOP, kuota DPI yang ditawarkan memiliki pilihan yang berbeda. Pada kategori media sosial dan perpesanan, paket Combo LOOP hanya menawarkan LINE dan Instagram di dalamnya.

Cara Menggunakan Kuota DPI

Untuk menggunakan kuota DPI dari Telkomsel, secara umum sebenarnya tidak ada catatan khusus untuk menggunakannya. Secara otomatis, skenario konsumsi kuota internet diprioritaskan pada penggunaan kuota DPI, baru kemudian kuota utama.

Namun, pada beberapa paket, secara spesifik pengguna perlu melakukan beberapa hal, seperti pada paket LOOPkita. Pada paket ini, pengguna harus menginstal aplikasi LOOPkita yang dapat diunduh melalui Google Play Store, untuk memilih aplikasi yang ingin digunakan pada kuota DPI, dan mengaktifkan mode hemat daya.

Baca Juga: Kesal pulsa tersedot terus? Ini caranya untuk menghentikan layanan NSP

Jadi, setelah mendapat kuota DPI namun kuota DPi tidak terpotong sama sekali, ada baiknya pengguna mencari tahunya melalui layanan aduan dari Telkomsel. Pengguna dapat mencari tahu melalui @Telkomsel menggunakan Twitter. Biasanya, pengguna akan ditanya nomer telepon dan data pribadi untuk memastikan paket yang digunakan, karena seperti yang disebutkan sebelumnya masing-masing paket memiliki cara spesifik yang berbeda-beda.

Leave a Comment