Tips dan Trik

Cara Backup dan Restore Data Kontak di Xiaomi

Cara Backup dan Restore Kontak Xiaomi Header

Gadgetren – Satu hal yang cukup menyita waktu saat kita harus memformat ulang atau berganti ponsel adalah memindahkan data-datanya, termasuk daftar kontak.

Namun di perangkat Xiaomi, pengguna tidak perlu repot-repot untuk melakukan hal tersebut. Xiaomi merupakan salah satu produsen ponsel pintar yang selalu menghadirkan utilitas lengkap ke dalam ponselnya melalui sistem MIUI andalannya.

Dalam sistem ini, pengguna akan dimudahkan untuk membuat cadangan data, saat ingin memformat ponsel atau berganti-ganti ponsel dengan merek yang sama. Pengguna tidak perlu menginstal aplikasi tambahan apapun untuk melakukannya.

Lalu, bagaimana cara membuat backup dan mengembalikannya di perangkat Xiaomi?

Cara Membuat backup Daftar Kontak HP Xiaomi

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, ROM MIUI andalan Xiaomi selalu memberikan utilitas yang lebih bagi para pengguna perangkat dengan sistem operasi tersebut. Dan salah satu fitur yang cukup bermanfaat bagi pengguna adalah fitur backup yang dapat dilakukan secara offline atau lokal.

Baca Juga: Mau tahu HP Xiaomi kamu punya sensor apa saja? Cobain aplikasi ini

Fitur ini dapat digunakan untuk membackup berbagai macam hal, seperti System, aplikasi, dan juga akun serta kontak. Berikut ini cara mudah membuat cadangan daftar kontak secara lokal di perangkat Xiaomi:

  1. Buka Settings, kemudian pilih opsi Additional settings, kemudian pilih opsi Backup & Reset
  2. Pilih opsi Local backup
  3. Selanjutnya pilih tombol Back up
  4. Pilih file yang ingin dicadangkan, dalam hal ini adalah Accounts & contacts
  5. Setelah selesai memilih file yang akan dicadangkan, klik OK, lalu pilih tombol Back up dan tunggu prosesnya

Setelah selesai mencadangkan, salin file hasil pencadangan ke dalam MicroSD atau perangkat komputer. File ini berwujud folder dan terletak di dalam folder MIUI, kemudian Backup, dan kemudian AllBackup.

Cara Merestore Daftar Kontak di Ponsel Xiaomi

Untuk mengembalikan daftar kontak yang telah dicadangkan, pengguna dapat masuk ke bagian pengaturan yang sama seperti saat akan mencadangkan. Namun, jika masih bingung, berikut langkah lengkap cara mengembalikan backup kontak di Xiaomi:

Baca Juga: Sudah tahu caranya untuk bisa screenshot panjang di HP Xiaomi?

  1. Masukan folder hasil backup ke folder MIUI, kemudian Backup, dan AllBackup, buat jika tidak ada
  2. Buka Setting, kemudian pilih opsi Additional settings, kemudian pilih opsi Backup & Reset
  3. Pilih opsi Local backup, lalu pilih file hasil backup yang ingin dikembalikan, dan pilih Restore

Tunggu proses pengembalian data sampai dengan 100%. Jika sudah selesai mengembalikan data, pengguna dapat mengecek datanya. Perlu diperhatikan, bahwa setiap seri MIUI yang digunakan di ponsel Xiaomi memiliki cara spesifik yang masing-masing bisa berbeda. Cara di atas merupakan cara yang dapat digunakan untuk perangkat Xiaomi secara umum.

Leave a Comment