Tips dan Trik

Cara Mudah Melihat Informasi Sensor Kamera yang Digunakan di Xiaomi

Cara Cek Sensor Kamera Xiaomi Header[Sumber: Flickr]

Gadgetren – Jenis sensor kamera mempengaruhi hasil foto yang akan didapat oleh pengguna perangkat seluler, termasuk di dalamnya perangkat Xiaomi.

Xiaomi memang selalu menawarkan produk-produk dengan harga yang relatif terjangkau namun mampu menawarkan spesifikasi perangkat yang sangat mumpuni di kelasnya. Membawa iklim tersebut, Xiaomi berhasil menarik hati para pengguna seluler di Indonesia.

Tak tanggung-tanggung, kadang kala spesifikasi yang digunakan melebihi spesifikasi ponsel lain dengan harga yang hampir setara. Sensor kamera salah satu komponen yang kadang diandalkan mengalahkan ponsel dari produsen lain.

Namun, dalam satu seri ponsel, Xiaomi kadang menanam sensor kamera yang berbeda dalam perangkat buatannya. Ada yang menggunakan sensor buatan Sony yang terkenal dengan kualitasnya, ada yang menggunakan sensor buatan Omnivision, dan ada juga sensor buatan Samsung.

Lalu bagai mana cara mengecek sensor kamera yang digunakan di perangkat Xiaomi tersebut?

Cara Mudah Cek Sensor Kamera Xiaomi Menggunakan Device Info HW

Device Info HW merupakan sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh Andrey Efremov dan tersedia secara cuma-cuma di Google Play Store. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengetahui informasi yang lebih mendetail mengenai perangkat keras dan lunak yang digunakan dalam perangkat seluler.

Baca Juga: Daripada tidak digunakan, lebih baik aplikasi bawaan Xiaomi dihilangkan saja

Sampai saat ini, aplikasi ini mendukung deteksi perangkat keras seperti LCD, touchscreen , kamera, sensor-sensor, memori, flash, audio, NFC, charger, Wi-Fi, dan baterai. Bahkan aplikasi ini menyediakan fitur test untuk beberapa jenis perangkat keras sehingga dapat mengecek komponen yang digunakan bekerja dengan baik atau tidak.

Cara Cek Sensor Kamera Xiaomi Dengan Device Info HW

Untuk menggunakannya mengecek sensor kamera Xiaomi, pengguna hanya perlu mengunduhnya ke dalam perangkat Xiaomi yang digunakan melalui Google Play Store. Setelah terinstal, secara otomatis aplikasi akan mendeteksi perangkat keras dan lunak yang digunakan dalam ponsel Xiaomi.

Namun sebelumnya, pengguna akan diminta untuk memberikan hak akses ke beberapa hal, seperti internet, Wi-Fi, dan kamera, agar aplikasi dapat mendeteksi komponen di perangkat tersebut.

Baca Juga: Sudah tahu kalau Xiaomi bisa screenshot panjang? Cari tahu di sini

Setelah terbuka, pada bagian General, pengguna dapat mengetahui seri kamera yang digunakan di perangkat Xiaomi. Jika seri kamera menggunakan keterangan OV, berarti kamera yang dipasang menggunakan sensor buatan Omnivision. Jika IMX, berarti menggunakan sensor buatan Sony. Sedangkan S5K, berarti menggunakan sensor buatan Samsung. Atau lebih mendetail pengguna dapat masuk ke bagian Camera.

Cukup mudah bukan? Jika Anda memiliki cara lain yang juga mudah untuk digunakan mengecek sensor kamera Xiaomi, Anda dapat membagikannya pada kolom komentar.

Leave a Comment