ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Tips dan Trik Handphone

Cara Screenshot Panjang di Handphone Xiaomi Supaya Tertangkap Semua

Cara Screenshot Panjang di HP Xiaomi - Header

Gadgetren – Untuk mengabadikan tampilan aplikasi yang berukuran melebihi layar handphone, kita tentu memerlukan dukungan screenshot panjang agar semuanya bisa terekam dalam satu gambar.

Dengan begitu, kita tidak perlu mengambil screenshot beberapa kali dan menggabungkan hasilnya secara manual. Kita nantinya akan langsung mendapatkan tangkapan layar untuk seluruh tampilan saat menggunakan dukungan tersebut.

Kita pun bisa lebih praktis menangkap tampilan layar berukuran panjang. Contohnya, untuk mengabadikan isi percakapan di aplikasi chatting, artikel pada sebuah web, atau tampilan beranda layanan media sosial.

Sama seperti kebanyakan handphone masa kini, perangkat-perangkat buatan Xiaomi untungnya juga dilengkapi dengan dukungan tersebut. Antarmuka sistem MIUI sudah membawanya secara mendasar sehingga kita tidak perlu lagi memasang aplikasi pihak ketiga.

Cara menggunakan fitur screenshot panjang di handphone buatan Xiaomi pun sangat mudah. Kamu yang belum tahu bagaimana langkah-langkah memakainya bisa menyimak secara lebih rinci sebagai berikut.

Cara Mengambil Screenshot Panjang di Xiaomi

  • Buka halaman panjang yang ingin diabadikan
  • Lakukan screenshot biasa dengan metode yang kamu bisa
  • Pratinjau hasil screenshot akan muncul
  • Ketuk tombol Scroll atau Gulir yang terdapat di bawahnya
  • Biarkan sistem menangkap layar secara otomatis
  • Gulirkan layar secara manual jika diperlukan
  • Klik tombol Done atau Selesai setelah seluruh tampilan yang ingin diabadikan terekam
  • Edit hasil tangkapan layar sesuai kebutuhan
  • Klik tombol Centang di pojok kanan atas jika sudah selesai

Buat kamu yang belum bisa melakukan screenshot di handphone Xiaomi, ada tiga cara yang bisa digunakan. Termasuk di antaranya memakai kombinasi tombol Power dan Volume Down, gesture usapan tiga jari, atau pintasan di Control Center.

Hasil dari screenshot panjang juga nanti akan tersimpan ke media penyimpanan perangkat seperti tangkapan layar biasa. Kita pun bisa membukanya menggunakan aplikasi yang mempunyai dukungan untuk mengelola berkas gambar.

Termasuk di antaranya kita dapat membuka hasil screenshot panjang melalui Gallery. Kita juga bisa menggunakan pengedit gambar seperti Snapseed atau Lightroom. Selain itu, kita juga dapat memanfaatkan pengelola berkas misalnya File Manager.

Meskipun bisa sangat berguna, dukungan screenshot panjang di handphone Xiaomi sayangnya tidak dapat digunakan untuk semua aplikasi. Beberapa layanan soalnya menerapkan pembatasan untuk hal tersebut.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar