Smartphone Tips dan Trik

Cara Screenshot Panjang di Handphone Xiaomi Tanpa Perlu Aplikasi Tambahan

Cara Screenshot Panjang Xiaomi Header

Gadgetren – Xiaomi pun membekali berbagai macam handphone di lini perangkat buatannya dengan fitur screenshot yang memungkinkan kita mengabadikan tampilan gambar di dalam layar.

Melalui antarmuka sistem operasi Android bernama MIUI, fitur tersebut bahkan mempunyai beberapa opsi ekstra yang mana di dalamnya termasuk screenshot panjang atau long screenshot.

Dengan dukungan fitur screenshot panjang, kita bisa lebih mudah saat perlu menyimpan aplikasi maupun web dengan halaman berukuran panjang dalam bentuk gambar yang mana secara umum membutuhkan beberapa kali membuka layar untuk melihat seluruh tampilannya.

Jika screenshot biasa hanya dapat menangkap bagian per bagian dari halaman terkait sehingga gambar akan terpotong-potong, dukungan ekstra tersebut mampu melakukannya sekaligus dan menghasilkan tampilan secara penuh.

Menggunakan screenshot panjang untuk mengabadikan tampilan layar di handphone Xiaomi untungnya sangat mudah. Kita bahkan dapat melakukannya tanpa perlu mengotak-atik pengaturan di dalam perangkat.

Cara Mengambil Screenshot Panjang di Handphone Xiaomi

  1. Kunjungi halaman panjang yang akan diabadikan
  2. Lakukan screenshot biasa pada handphone Xiaomi (misalnya menggunakan kombinasi tombol Power dan Volume Down, gesture tiga jari, atau Quick Menu)
  3. Ketuk tombol Scroll atau Gulir di bawah cuplikan gambar tampilan layar yang muncul
  4. Jika menu Scroll atau Gulir belum ada, klik cuplikan layar terlebih dahulu untuk memunculkannya
  5. Halaman yang akan di-screenshot akan bergulir secara otomatis
  6. Klik tombol Done atau Selesai jika dirasa sudah cukup
  7. Potong atau edit gambar dengan menu yang ada jika diperlukan
  8. Ketuk tombol Save atau Simpan

Apabila merasa layar bergulir terlalu cepat, kita dapat menyentuh dan menggesernya secara manual memakai jari. Di sisi lain kita juga dapat memanfaatkan fitur Crop sebelum menyimpannya saat screenshot menangkap halaman terlalu panjang.

Sama seperti screenshot biasa, hasil tangkapan layar dengan beberapa langkah di atas juga akan tersedia di media penyimpanan handphone. Kita dapat membukanya menggunakan aplikasi Gallery, pengelola file, atau pengedit gambar.

Screenshot panjang memang menjadi opsi yang cukup penting bagi sebagian orang. Dukungan tersebut dapat mempermudah kita untuk menyimpan artikel penting, mengabadikan tampilan antarmuka aplikasi, hingga mendokumentasikan percakapan teks.

Tinggalkan Komentar