Tips dan Trik

Cara Mudah Mengunci Gallery Samsung Terbaru Tanpa Instal Aplikasi

Cara Mengunci Galeri Samsung Header[Sumber: Flicker]

Gadgetren – Mengunci galeri adalah langkah yang dapat dilakukan untuk menyimpan privasi agar tidak dapat diakses oleh orang lain dengan sembarangan.

Samsung adalah sebuah perusahaan yang cukup populer untuk urusan teknologi. Perusahaan ini selalu menghadirkan perangkat-perangkat seluler untuk berbagai macam kelas, dari entry hingga kelas flagship.

Menyinggung hal berbau privasi, Samsung pun tidak bisa terlepas dari hal tersebut. Samsung dengan seri Galaxy pun secara default telah memiliki mode kunci layar untuk melindungi data pengguna.

Namun, sudah barang kali kita tahu bersama, kunci layar bukan hal yang cukup melindungi pengguna dari bahaya terkait privasi. Karena, bagi sebagian orang, menolak untuk meminjamkan ponselnya adalah hal yang cukup berat.

Nah, untuk sebab itu, pengguna pun harus mengunci beberapa aplikasi yang bersifat pribadi untuk dapat meminjamkan perangkat Samsung, termasuk galeri dan aplikasi perpesanan lainnya.

Dengan begitu, pengguna dapat meminjam perangkat Samsung miliknya untuk browsing atau mengakses video dari YouTube misalnya, tanpa perlu khawatir privasinya akan diakses orang lain.

Cara Mengunci Galeri di HP Samsung

Untuk mengunci galeri di perangkat Samsung, sebenarnya dapat dilakukan cara berbeda untuk masing-masing perangkat Samsung tergantung versi sistem operasi yang digunakan.

Secara default, mengunci galeri dapat dilakukan tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan apapun pada beberapa perangkat Samsung, terutama perangkat Samsung yang menggunakan sistem terbaru.

Sebut saja salah satu contohnya adalah Samsung Galaxy S7. Pada perangkat ini, pengguna dapat mengunci aplikasi, termasuk aplikasi Gallery dengan pemindai sidik jari, pola, pin, dan sandi tanpa perlu bantuan aplikasi pihak ketiga.

Berikut ini cara menggunakan fitur App Lock Samsung untuk mengunci galeri:

  1. Buka Settings di perangkat Samsung yang digunakan
  2. Kemudian geser ke bawah, dan cari opsi Advanced Features
  3. Dalam menu ini, pengguna akan menjumpai fitur App Lock
  4. Kemudian aktifkan slider dari off ke on
  5. Setelah itu, pengguna akan dibawa ke menu pilihan metode penguncian, kemudian pilih metode kunci yang akan digunakan, kemudian atur kunci sesuai metode yang digunakan
  6. Jika sudah selesai mengatur kunci yang digunakan, gulir ke bawah dan cari aplikasi Gallery
  7. Aktifkan kunci dengan mengetuk tombol slider di samping kanan aplikasi Gallery ke mode on

Perlu digarisbawahi bahwa metode penguncian aplikasi ini hanya berlaku untuk beberapa perangkat Samsung, terutama perangkat dengan sistem operasi baru. Untuk pengguna Samsung yang tidak menemukan fitur ini di dalam perangkat, pengguna dapat menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga untuk mengunci aplikasi Gallery.

Leave a Comment