Tips dan Trik

Takut WhatsApp Disadap? Lakukan Tips Ini!

Cara Menghilangkan Sadapan Whatsapp Header[Sumber: Pixabay]

Gadgetren – WhatsApp merupakan salah satu aplikasi yang memiliki data yang berisi hal-hal berbau privasi yang sangat perlu untuk dilindungi.

Menyadap layanan WhatsApp atau yang lebih dikenal WA adalah hal yang cukup sulit untuk dilakukan, kecuali bagi hacker berkemampuan tinggi atau pemerintah yang memintanya secara ilegal. Hal ini karena WhatsApp telah menerapkan keamanan enkripsi end-to-end untuk melindungi semua percakapan kita.

Enkripsi end-to-end akan memastikan bahwa hanya pengirim dan penerima yang dapat membaca pesan yang dikirim, bahkan pihak WhatsApp pun menyatakan tidak bisa membacanya sehingga proses sadap hampir mustahil. Enkripsi ini dilakukan dengan mengunci pesan sebelum dikirim ke penerima dengan sebuah kunci, yang mana kunci tersebut hanya dimiliki oleh pengirim dan penerima saja.

Dengan upaya ini, sebenarnya cukup sulit untuk melakukan penyadapan di layanan WA. Namun, masih bisakah layanan tersebut untuk disadap?

Hal yang paling mungkin untuk dimanfaatkan sebagai media penyadapan terhadap layanan WhatsApp yang kita gunakan adalah fitur WhatsApp Web yang dirilis beberapa waktu lalu.

Dengan sedikit keteledoran yang kita miliki, pelaku penyadapan dapat membagikan tampilan dan mengakses aktivitas layanan WhatsApp melalui komputer dengan memanfaatkan fitur WhatsApp Web tersebut.

Cukup mudah untuk mengetahui apakah WhatsApp yang digunakan terhubung dengan layanan WhatsApp Web atau tidak, apalagi bagi pengguna yang belum pernah menggunakan fitur tersebut. Biasanya, saat layanan WhatsApp Web aktif, ponsel akan memunculkan notifikasi yang menunjukkan bahwa layanan WhatsApp Web sedang berjalan.

Atau jika penyadap memanfaatkan waktu dimana kita sedang tidak menggunakan ponsel, pengguna dapat mengecek secara manual komputer-komputer yang terhubung dengan layanan WhatsApp yang kita gunakan.

Untuk mengecek dan menghapus penyadapan yang memanfaatkan fitur WhatsApp Web, kita dapat melakukan beberapa langkah berikut di bawah ini.

Cara Menghentikan Penyadapan WhatsApp

  1. Buka aplikasi WhatsApp yang digunakan.
  2. Kemudian klik tombol menu yang terletak di pojok kanan atas pada ponsel berbasis sistem Android atau masuk ke Settings pada perangkat yang menggunakan sistem iOS.
  3. Setelah itu, pilih opsi WhatsApp Web seperti saat ingin menggunakan layanan WhatsApp Web.
  4. Dalam menu tersebut, cek ada atau tidak komputer yang mencurigakan, jika ada klik opsi Log out from all computers.

Cara Menghilangkan Sadapan Whatsapp Dengan Log Out WhatsApp Web

Cukup mudah bukan untuk keluar dari fitur web tersebut? Salah satu saran kami, meskipun tidak menemukan komputer yang mencurigakan, ada baiknya kita keluar dari semua layanam WhatsApp Web sebagai antisipasi layanan tersebut dimanfaatkan oleh orang lain untuk memata-matai kita.

Tinggalkan Komentar

2 Komentar