ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

Cara Mengatasi Penyimpanan Penuh Akibat WhatsApp Terlalu Banyak Chat

Cara mengatasi whatsapp penyimpanan penuh header

Gadgetren – Sebagai salah satu aplikasi chat terpopuler di dunia, WhatsApp sudah memiliki lebih dari 2 miliar pengguna dengan total pertukaran pesan lebih dari 100 miliar per hari.

Fitur dan kemudahan yang dihadirkan oleh WhatsApp membuat aplikasinya sering digunakan oleh banyak orang untuk berinteraksi pesan, gambar, telepon, Story, hingga video call. Bahkan kamu sendiri bisa merasakan bahwa WhatsApp menjadi salah satu aplikasi yang boros kapasitas RAM dan penyimpanan internal di handphone.

Semakin banyak pesan, foto, dan video yang ikut tersimpan maka semakin besar juga  kapasitas penyimpanan internal yang terkuras. Hal inilah kenapa terkadang handphone kerap mengalami kendala dan menampilkan notifikasi penyimpanan penuh.

Untuk itu, kamu dapat mengikuti cara berikut ini untuk mengatasi permasalahan WhatsApp yang selalu membuat penyimpanan penuh.

Cara Mengatasi Penyimpanan Penuh Karena WhatsApp

  1. Buka aplikasi File Manager di handphone
  2. Pada aplikasi, cari dan pilih folder WhatsApp
  3. Selanjutnya, pilih folder Media
  4. Kemudian pilih file media yang akan dihapus dengan pilihan di folder setiap kategori folder yang diinginkan
  5. Kamu dapat langsung hapus file media yang menurut kamu tidak penting
  6. Kapasitas penyimpanan pun akan kembali lega sesuai dengan besaran file yang dihapus

WhatsApp Folder

Sebelum kamu menghapus file-file tersebut, ada baiknya kamu mencadangkan data di Google Drive terlebih dahulu. Jika kamu tidak tahu caranya, maka kamu bisa melihat langkah-langkah melakukannya di bagian akhir artikel.

Matikan Auto Download Media

  1. Pertama, buka aplikasi WhatsApp di handphone
  2. Tuju menu berlambang tiga titik di kanan atas
  3. Selanjutnya, pilih menu Settings
  4. Lalu masuk ke menu Storage and data
  5. Gulir ke bagian Media auto-download yang ada di bawah
  6. Pilih No media pada bagian When using mobile data, When connected on Wi-Fi, dan When roaming
  7. Hasilnya media tidak akan langsung terunduh ketika ada pesan masuk

WhatsApp Storage and Data

Sebagai catatan, When using mobile data mengartikan bahwa media akan diunduh ketika handphone kamu sedang menggunakan jaringan selular. Sementara When connected on Wi-Fi akan mengunduh media ketika handphone sedang terhubung dengan koneksi Wi-Fi.

Sedangkan When roaming akan mengunduh media secara otomatis ketika jaringan handphone kamu sedang mendapatkan roaming di luar negeri. Dengan menonaktifkan fitur Auto Download Media ini, kamu dapat mengatur sendiri bagaimana file media bisa diunduh.

Secara bawaan, WhatsApp akan mengaktifkan fitur auto download media agar data media secara otomatis langsung di unduh mulai dari foto, audio, video, hingga dokumen yang kamu terima dari chat pribadi maupun grup.

Tentunya semakin banyak media terunduh secara otomatis, maka semakin banyak juga kapasitas internal handphone yang terpaiak

Aktifkan Fitur Backup ke Google Drive

Salah satu fitur menarik yang hadir pada WhatsApp ini adalah backup atau mencadangkan data ke Google Drive. Dengan kata lain, kamu dapat menyimpan semua data percakapan, pesan, foto, audio, video, maupun dokumen yang ada pada akun WhatsApp kamu di Google Drive.

Apabila data WhatsApp kamu sudah dicadangkan ke Google Drive, maka kamu tidak perlu takut apabila aplikasi error atau data percakapan terhapus karena kamu bisa langsung mengambil datanya kembali dari Google Drive.

Dengan begitu kamu juga dapat lebih mudah saat harus memindahkan WhatsApp handphone baru atau lainnya. Kita ketahui bersama bahwa akun WhatsApp hanya bisa diakses oleh satu perangkat utama saja.

Jika kamu ingin melakukan pencadangan ke Google Drive, maka bisa mengikut langkah berikut ini.

  1. Pertama, buka aplikasi WhatsApp
  2. Pilih menu berlambang tiga titik di kanan atas
  3. Selanjutnya, pilih menu Settings dan masuk ke bagian Chats
  4. Kemudian, pilih menu Chat Backup
  5. Pada halaman Chat Backup, tentukan akun Google Drive yang akan digunakan untuk mencadangkan data
  6. Selain itu tentukan juga waktu dan pilihan jaringan untuk backup otomatis
  7. Apabila kamu ingin melakukan backup manual, maka tekan tombol BACK UP dan tunggu hingga proses selesai

WhatsApp backup Google Drive

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar